Rabu, Oktober 27, 2021

Transaksi di ATM Link Kena Biaya Mulai 1 Juni 2021

Terhitung mulai tanggal 1 Juni 2021 ada pemberlakuan biaya transaksi di ATM link. ATM Link milik bank-bank BUMN seperti Bank BRI, BNI, Mandiri dan BTN akan melakukan penerapan tarif transaksi, yaitu dengan mengenakan biaya untuk cek saldo dan tarik tunai. Sebelumnya kedua jenis transaksi tersebut tidak dikenakan biaya alias gratis.

Dilansir dari situs resmi Bank BNI (21/5/2021), biaya administrasi ini akan berlaku mulai tanggal 1 Juni 2021 dan seterusnya sampai dengan adanya perubahan di kemudian hari. Hal serupa juga disampaikan oleh Bank Mandiri, BRI dan juga BTN di situs resminya masing-masing.

Baca juga:

Baca juga : Harga Kedelai Mahal, Pengrajin Tahu dan Tempe di Ciamis Perkecil Ukuran

Penjelasan dari Pihak Bank

Aestika Oryza selaku Corporate Secretary BRI mengatakan bahwa ada beberapa alasan terkait pemberlakuan tarif transaksi di ATM Link. Hal ini dimaksudkan untuk mendukung kenyamanan nasabah dalam bertransaksi. Selain itu, penyesuaian biaya tersebut juga merupakan bentuk healthy business agar menciptakan bisnis yang berkelanjutan.

Penyesuaian biaya transaksi di ATM Link pada dasarnya merupakan komitmen untuk meningkatkan layanan perbankan inklusif, peningkatan keamanan dan juga kualitas layanan untuk menciptakan kenyamanan nasabah dalam bertransaksi.

Tak hanya itu, hal ini juga dimaksudkan untuk mendukung Gerakan Nasional Non Tunai (GNNT) dan mendorong nasabah untuk bertransaksi secara cashless dengan menggunakan digital banking yang lebih praktis sehingga mengurangi ketergantungan masyarakat atas penggunaan uang tunai dalam bertransaksi.

Tarif Transaksi Baru

Mulai tanggal 1 Juni 2021, transaksi di ATM link dikenakan biaya. Untuk mengecek saldo, nasabah dikenakan biaya Rp.2.500 dan untuk tarik tunai sebesar Rp.5000. Sementara itu, untuk biaya transfer tidak ada perubahan, yaitu tetap Rp 4.000.

Meskipun ada perubahan, pihak dari bank BUMN ini menyebut para nasabah tetap mendapatkan manfaat, sebab biaya ini lebih hemat ketimbang melakukan transaksi di ATM non-Link.

Sebagai bahan perbandingan, melalui situs resminya pihak dari bank BNI memberikan rincian biaya transaksi di ATM non-Link yang lebih mahal. Mulai dari cek saldo senilai Rp.4.000, tarik tunai sebesar Rp.7.500 dan biaya transfer senilai Rp. 6.500.

Ciri ATM Link

Ciri paling mudah untuk mengenali ATM Link terletak pada warnanya. ATM Link memiliki ciri khas kelir merah putih. Warna merah putih tersebut ada pada bagian papan di atas mesin ATM. Backgroundnya berwarna merah, sementara putih dijadikan warna tulisan logo ‘ATM Link’.(Willy/Djavatoday)

.

ARTIKEL TERKAIT

BERITA TERBARU