Rabu, Oktober 27, 2021

Tips Merawat Kabel Charger Smartphone dengan Benar Agar Awet

Tips merawat kabel charger smartphone agaknya menjadi pengetahuan yang wajib diketahui oleh semua orang. Mengingat benda smartphone merupakan teknologi yang tidak bisa dipisahkan dari kehidupan manusia. Satu kebiasaan para pengguna smartphone yang kurang baik adalah menggulung kabel charger. Kira-kira, apa ya, penyebabnya?

Banyak orang menyepelekan perawatan kabel charger karena untuk membelinya tidak membutuhkan biaya yang tinggi. Namun, ada yang perlu diingat nih, Sobat Djava. Membeli kabel charger dengan biaya yang rendah justru bisa menyebabkan kerusakan, lho. Mengapa demikian? Yuk, temukan jawabannya pada artikel ini selengkapnya.

Tips Merawat Kabel Charger Smartphone

Baca juga:

Ada beberapa tips merawat kabel charger smartphone yang bermanfaat untuk menjaga penggunaan fungsi jangka panjang. Berikut penjelasannya untuk Anda.

Jangan Menggulung Sembarangan

Tips pertama yang sering diabaikan oleh para pengguna smartphone adalah jangan menggulung atau menekuk kabel charger sembarangan. Apalagi Anda yang sering mendadak bepergian dan asal melilitkan kabel charger. Ini akan menyebabkan kabel charger cepat rusak karena tekanan dari gulungan atau tekukan asal-asalan itu. 

Lebih parahnya adalah bagian dalam kabel terputus. Ini menyebabkan kabel charger tidak bisa menghantarkan arus listrik dengan maksimal. Sebaiknya, gulunglah kabel charger dengan satu arah dan jangan terlalu tajam menekuknya.

Jangan Digunakan Saat Charging Hp

Tips merawat kabel charger yang kedua adalah dengan tidak menggunakannya pada saat Anda melakukan charging hp. Selain untuk menjaga umur charger, tips ini juga sebenarnya bermanfaat untuk menjaga baterai agar tetap awet. Kebiasaan menggunakan smartphone saat charging ternyata bisa membuat kabel charger cepat rusak. Hal tersebut karena kabel akan merenggang dan akhirnya kabel cepat putus dan rusak.

Cabut Kabel dengan Perlahan

Ketika Anda sudah selesai charging hp, segeralah cabut kabel charger dari stop kontak. Jangan mencabutnya dengan kasar, ya. Cabut dengan perlahan dan jangan tarik dari kabelnya. Tarik untuk mencabut kabel charger dari kepala charger-nya agar tidak rusak.

Jangan Tumpuk di dalam Tas

Jika Anda menyimpan kabel charger di dalam tas, kemungkinan besar akan tertumpuk dengan barang-barang lain. Kabel charger yang tertumpuk tersebut akan tertekuk karena tekanan dari barang lain sehingga kabel mudah bengkok dan rusak. Sebaiknya, Anda simpan kabel charger di bagian terpisah dalam tas jika ingin bepergian. Agar kabel tidak menyatu dan tertekan dengan benda lain di dalam tas.

Gunakan Pelindung Tambahan

Tips merawat kabel charger yang selanjutnya adalah dengan melindunginya menggunakan pelindung kabel di bagian luar kabel. Cable protector atau pelindung kabel bisa mengurangi kerentanan kabel tergulung dengan tekukan tajam juga tekanan benda lain. Selain melindungi, cable protector juga bisa mempercantik kabel charger smartphone Anda, lho. Harga cable protector pun terjangkau, Anda bisa membelinya via online shop.

Jangan Membeli Kabel Bajakan

Ketika kabel charger Anda rusak, jangan menggantinya dengan kabel charger bajakan alias non-original. Meskipun kabel charger bajakan lebih murah, tetapi komponen didalamnya cepat rusak dan dikhawatirkan akan berdampak pada kerusakan smartphone. Jadi, meskipun harga kabel charger lebih tinggi, sebaiknya Anda tetap memilih charger original yang lebih aman, ya.

Itulah beberapa tips merawat kabel charger smartphone dengan benar agar tetap awet. Bijaklah dalam merawat benda-benda penting seperti charger ini, ya Sobat Djava!

(Rismawati/Djavatoday)

ARTIKEL TERKAIT

BERITA TERBARU