Iklan bjb djavatoday
Jumat, Desember 3, 2021
spot_imgspot_img

Solusi WiFi Laptop Hilang dan Penyebabnya yang Sering Terjadi

Solusi WiFi laptop hilang bisa sangat berguna bagi kamu yang merasa panik saat mengetahui bahwa icon WiFi di laptop lenyap. Apalagi di zaman sekarang yang semuanya serba membutuhkan internet, tentu ini adalah masalah besar. Ini karena mayoritas pengguna laptop menggunakan tethering hotspot melalui WiFi agar bisa tersambung dengan jaringan internet. 

WiFi atau Wireless Fidelity merupakan media penghantar komunikasi data yang terhubung dengan internet tanpa bantuan kabel. Kemampuan mentransfer dan komunikasi WiFi terbilang sangat cepat. Itulah mengapa WiFi begitu dibutuhkan.

Solusi WiFi Laptop Hilang dan Penyebabnya

Baca juga:

Jika wifi di laptop tiba-tiba hilang, jangan khawatir ya, Sobat Djava. Simak penjelasan berikut untuk mengetahui solusi WiFi hilang dan penyebabnya.

Menginstal Ulang Driver WiFi

Solusi yang pertama adalah dengan menginstal ulang dan memperbarui driver WiFi. Sebagian laptop terkadang mengharuskan pengguna untuk menginstal driver WiFi sebelum digunakan. Ketika driver WiFi mengalami masalah, salah satu akibatnya adalah WiFi pada laptop akan hilang.

Pada solusi WiFi laptop hilang yang pertama ini, kamu sebaiknya menghapus terlebih dahulu driver WiFi tersebut. Kemudian, instal ulang dari CD bawaan laptop. Kamu juga bisa memperbaruinya melalui situs resmi laptopmu.

Hapus Driver Menggunakan Device Manager

Jika laptopmu memiliki driver WiFi bawaan, cobalah uninstall driver tersebut di device manager. Caranya, buka device manager dan carilah adapter WiFi yang terpasang. Misal “Intel(R) Dual Band Wireless-AC 7265”, kemudian klik kanan pada adapter tersebut dan klik uninstall. Setelah itu, restart laptop dan saat menyala, wifi akan ada kembali.

Setting WiFi Laptop Harus Aktif

Solusi wifi laptop hilang yang selanjutnya adalah dengan memastikan WiFi aktif. Terkadang, kesalahan sistem pada laptop membuat WiFi off tanpa kita sadari. Solusinya, cek menggunakan control panel dan buka “Network and Internet”. Masuk ke “Network and Sharing Center”, klik “Change Adapter Setting”, dan cek driver WiFi lalu klik “Enable”.

Instal Ulang Windows

Cara ini bisa kamu coba terbilang efektif. Kamu hanya perlu menginstal ulang Windows. Perlu kamu ingat bahwa versi Windows sebaiknya sesuai dengan versi driver WiFi-nya.

Mengganti Kartu WiFi

Kartu WiFi terletak di dalam badan laptop sehingga kamu terpaksa harus membuka casingnya. WiFi yang tiba-tiba hilang tak terdeteksi bisa disebabkan karena kerusakan pada kartu WiFi. Solusi WiFi hilang tersebut bisa dengan memperbaikinya atau mengganti dengan adapter WiFi eksternal. Adapter eksternal ini terbilang simpel karena penggunaannya hanya tinggal memasangkannya pada port USB laptop.

Itulah beberapa solusi WiFi laptop hilang secara tiba-tiba dan beberapa penyebabnya. Mengatasi masalah hilangnya WiFi tentu penting agar kegiatan tetap bisa berjalan. Terutama kamu yang sedang melaksanakan pembelajaran jarak jauh dan work from home. (Rismawati/Djavatoday)

ARTIKEL TERKAIT

BERITA TERBARU