Minggu, Oktober 17, 2021

Penyebab Wifi Rumah Lemot dan Cara Mengatasinya, Anti Nge-lag Lagi

Penyebab wifi rumah lemot bisa terjadi karena beberapa hal. Kondisi jaringan internet yang tiba-tiba melambat tentu membuat Anda kesal. Apalagi ketika Anda sedang asyik bermain game atau sedang melakukan pembelajaran daring. Sangat menggangu, bukan?

Namun, tenang Sobat Djava karena kami akan menjelaskan mengenai penyebab wifi lemot dan solusi atau cara mengatasinya. Jadi, simak artikel ini selengkapnya, ya!

Penyebab Wifi Rumah Lemot dan Solusinya

Baca juga:

Sebelum Anda mengatasi wifi yang melambat, Anda harus mengetahui terlebih dahulu apa penyebab wifi rumah lemot. Penasaran penyebabnya apa saja? Berikut penjelasannya untuk Anda.

Furnitur Rumah dari Logam

Wifi akan melepaskan gelombang elektromagnetik, tetapi permukaan atau benda logam di rumah Anda akan mencegah gelombang tersebut untuk menyebar. Hal tersebut karena logam merupakan konduktor yang bersifat menyerap listrik. Cara mengatasi supaya wifi Anda tidak lemot adalah Anda harus menjauhkan furnitur logam yang ada didekat Anda.

Microwave

Penyebab wifi rumah lemot yang selanjutnya adalah microwave. Terkesan tidak mungkin, bukan? Namun faktanya, microwave memiliki spektrum frekuensi yang mirip dengan yang digunakan oleh wifi. Cara mengatasinya adalah jika router wifi ada di dekat microwave, posisikan router di ketinggian yang melebihi microwave. Hal ini bisa mengurangi efek negatif dari gelombang mikro pada koneksi internet.

Cermin

Cermin mampu bertindak layaknya perisai yang bisa memantulkan. Ternyata hal ini juga membuat koneksi internet terpental, lho. Akhirnya, saat cermin berdekatan dengan router akan membuat koneksi internet Anda melambat. Jadi, lebih baik dijauhkan, ya.

Alat Elektronik dengan Pipa Air

Penyebab wifi rumah lemot yang berikutnya adalah alat-alat elektronik yang memiliki pipa untuk mengalirkan air. Seperti kulkas, mesin cuci, AC, dan lainnya. Air dalam peralatan elektronik tersebut akan mempertahankan sebagian energi dari gelombang nirkabel. Hal tersebut berpengaruh negatif pada kualitas koneksi internet.

Itulah mengapa alat-alat elektronik dengan pipa air tidak ramah terhadap koneksi wifi. Cara mengatasinya sama seperti sebelumnya, yakni jauhkan router dan receiver dari alat-alat elektronik tersebut.

Dinding Rumah 

Ternyata dinding rumah bisa menjadi penyebab melambatnya sinyal wifi. Di antaranya adalah dinding yang terbuat dari semen, batu bara, marmer, plester, dan beton. 

Posisi Router

Penyebab wifi rumah lemot yang selanjutnya adalah posisi router yang kurang tepat. Tempatkan router pada tempat yang tinggi agar mudah dijangkau oleh perangkat. Seperti di atas jendela atau lemari. Jangan memosisikan router terlalu jauh dari jangkauan juga untuk menjaga koneksi internet. Jangan pula meletakkan router pada ruangan tertutup karena akan menghambat koneksinya.

Router Rusak

Router merupakan perangkat utama untuk memancarkan sinyal wifi. Jika wifi lemot, bisa jadi itu karena adanya kerusakan pada router. Lakukan pemeriksaan pada router dan segera tangani. Anda bisa menyervisnya pada ahlinya jika tidak bisa memperbaikinya sendiri.

Banyak Pengguna Terhubung

Banyaknya pengguna yang tersambung pada satu router juga bisa menyebabkan wifi rumah lemot. Meskipun wifi didesain untuk digunakan banyak orang, faktanya pengguna yang berlebihan bisa menurunkan kualitas koneksinya. Jadi, cobalah untuk membatasi jumlah oengguna untuk mengatasinya.

Masalah pada Kabel LAN

Jika router tidak ada masalah, cobalah untuk memeriksa kabel LAN. Pastikan kabel LAN tidak longgar, dan tidak terjadi kesalahan saat menyambungkan kabel pada port. Jadi, cara mengatasinya adalah dengan menyambungkan kembali kabel LAN dengan benar.

Nah, itulah beberapa penyebab wifi rumah lemot dan cara mengatasinya. Setelah menganalisis penyebabnya dan menanganinya, dijamin wifi tidak akan nge-lag lagi. Selamat mencoba, Sobat Djava!

(Rismawati/Djavatoday)

ARTIKEL TERKAIT

BERITA TERBARU