Selasa, Mei 28, 2024

Penyebab Baterai Cepat Habis dan Tips Mengatasinya

Hallo good people. Semakin lama masa pakai handphone kita maka daya baterainya pun menurun. Ada beberapa penyebab baterai cepat habis yang mungkin sering kalian lakukan.

Baterai merupakan komponen penting dari handphone. Jika tidak ada baterai tentu sia-sia saja handphone tersebut. Untuk menghindari daya baterai yang cepat habis. Ada tips yang bisa kalian lakukan.

Mengetahui Terlebih Dahulu Penyebab Baterai Cepat Habis

Memakai Handphone Ketika di Charger

Tidak dapat dipungkiri bahwa pemakaian seperti ini bukan menambah daya tapi menjadi pengurang. Bukan sesuatu hal yang baik. Karena ketika sedang melakukan pengisian ulang daya, baterai akan memanas.

Bukan hanya menjadi pengurang daya namun lama kelamaan baterai akan rusak. Biasanya ketika baterai sudah sedikit kembung maka daya baterai semakin menurun.

Banyak Aplikasi Yang Dibuka

Penyebab baterai drop yang satu ini seringkali terjadi. Karena biasanya kita lupa menutup aplikasi yang telah digunakan.

Baca Juga: Samsung S20 FE HP Termurah Diantara Seri S20, Ini Spesifikasinya

Ketika kita memakai 1 aplikasi. Kemudian akan beralih maka aplikasi sebelumnya harus ditutup terlebih dahulu. Jika tidak aplikasi tersebut akan tetap beroperasi meskipun tidak kita buka.

Menginstall Aplikasi Game Yang Berat

Beberapa handphone yang belum dilengkapi dengan kapasitas RAM besar lebih baik menghindari pemasangan aplikasi game yang berat. Bukan hanya menyebabkan baterai cepat habis. Lebih dari itu handphone akan sedikit nge-lag.

Pemakaian Berlebihan

Nah good people. Penyebab baterai cepat habis bukan hanya terpengaruh dari komponen handphonenya. Namun cara pemakaian kita pun menjadi penyebab utamanya. Ketika handphone terlalu lama dipakai maka suhunya pun akan meningkat.

Penyebab baterai Drop dapat diatasi

Nah good people tentu saja kita tidak ingin jika baterai kita cepat habis. Apalagi ketika kita sedang diluar dan lupa membawa charger. Ada beberapa solusi supaya baterai kalian tidak cepat habis.

Matikan Handphone ketika tidak digunakan

Tentu saja mematikan handphone membuat semua operasi yang dijalankan handphone menjadi mati. Untuk itu ada baiknya jika sedang tidak digunakan handphone dapat kita matikan. Supaya ketika ada sesuatu yang darurat handphone kita dapat tersedia.

Bersihkan data penyimpanan

Apabila handphone kita penuh sebaiknya kita bersihkan penyimpanannya. Bukan hanya membuat handphone nge-lag tapi juga penyebab baterai cepat habis.

Menginstall sesuai kebutuhan

Untuk menjaga baterai kita sebaiknya jangan terlalu banyak aplikasi. Karena setiap aplikasi dapat menghabiskan baterai kita.

Install aplikasi yang memang benar kita butuhkan. Contohnya kita cukup mempunyai satu aplikasi edit foto. Tidak setiap aplikasi edit foto kita install. Karena itu hanya akan menjadi penyebab baterai habis.

Nah itu dia penyebab baterai cepat habis beserta dengan solusinya. Untuk itu ada baiknya kita gunakan handphone sesuai kebutuhan kita ya. Stay safe. (Pas/Djavatoday)

5 Rekomendasi Printer Murah di Bawah Satu Jutaan, Cocok untuk Pelajar

Rekomendasi printer murah memang banyak dicari oleh para pelajar dan mahasiswa. Pasalnya mereka memang membutuhkan printer dalam kegiatan belajarnya, terutama untuk mahasiswa semester akhir....

Deretan HP di Bawah 2 Jutaan, Harga April 2024

Halo good people. Saat ini pembelian alat elektronik terutama gadget sedang meningkat nih. Hal ini karena sudah banyak yang mendapatkan THR atau Tunjangan Hari...

Vivo V30 Pro, Review Desain, Kamera, hingga Baterai

Vivo V30 Pro merupakan ponsel pintar terbaru dari V series yang baru rilis sejak satu bulan lalu dengan harga 9 jutaan. Ponsel pintar ini...

Redmi Note 13 Pro+, Memori Luas untuk Harga 6 Juta!

Redmi Note 13 Pro+ telah rilis beberapa waktu lalu dengan berbagai spesifikasi menarik yang menjadi andalannya. Beberapa spesifikasi yang smartphone ini tonjolkan adalah terletak...
Kartu Anggota Perpus
Kartu Anggota Perpus
Daftar Perpus 1
Daftar Perpus 2

Terpopuler

Lainnya