Rabu, Oktober 27, 2021

Tips Ampuh Mencegah Overheat Laptop, Pengguna Laptop Wajib Tahu

Mencegah overheat laptop kiranya adalah tips yang paling diperlukan bagi pengguna laptop. Hal tersebut karena masalah yang sering timbul pada laptop adalah terjadinya overheat atau panas berlebihan pada mesin laptop. Terjadinya overheat laptop bisa menyebabkan dampak yang fatal seperti kerusakan laptop hingga laptop yang tidak bisa menyala. Laptop akan mengalami kinerja yang lambat, hang, atau not responding.

Overheat laptop biasanya terjadi saat kita menggunakan laptop tanpa henti. Bisa pula saat sedang bermain game dengan kapasitas tinggi. Namun, Anda tidak perlu lagi khawatir karena ada beberapa tips yang bisa dilakukan untuk mencegah overheat laptop.

7 Tips Mencegah Overheat Laptop

Baca juga:

Ada beberapa tips yang bisa dilakukan dalam mencegah panas berlebihan pada laptop. Berikut penjelasannya untuk Anda.

Jangan Memakai Laptop di Atas Kasur

Tips mencegah overheat laptop yang pertama adalah jangan memakai laptop di atas kasur atau selimut,dan bantal Memakai laptop di atas kasur merupakan kesalahan yang paling sering dilakukan oleh para pengguna laptop. Banyak mereka yang tidak mengetahui bahwa tempat seperti kasur atau bantal akan menyerap suhu panas yang dikeluarkan dari laptop. Namun, setelahnya suhu panas itu akan dikembalikan lagi pada laptop.

Kembalinya suhu panas pada laptop akan menyebabkan mesin laptop menjadi panas atau overheat. Oleh karena itu, jangan memakai laptop di atas kasur meskipun nyaman. Jangan pula menggunakan laptop di atas permukaan yang tidak rata. Sebaiknya gunakanlah laptop di tempat seperti meja atau lantai/ubin yang dingin.

Atur Kecerahan Layar LCD

Menggunakan laptop dengan kecerahan layar LCD yang terlalu terang akan mengonsumsi daya berlebih. Hal tersebut berpotensi menyebabkan laptop cepat panas. Oleh karena itu, aturlah kecerahan layar LCD sesuai kenyamanan mata Anda. Jangan terlalu terang karena selain untuk mencegah overheat laptop, juga untuk melindungi kesehatan mata.

Bersihkan Saluran Udara Laptop

Overheat laptop bisa terjadi karena penumpukan debu pada saluran udara sehingga sirkulasi udara terganggu. Jika begitu, suhu panas laptop yang seharusnya keluar melalui saluran udara akan tertahan di dalam laptop. Maka, bersihkanlah saluran udara secara rutin. Jangan membersihkan debu dengan cara meniup karena akan menyebabkan debu semakin masuk ke dalam laptop.

Gunakanlah vacum cleaner khusus laptop untuk membersihkannya. Anda juga bisa membuka casing laptop dan mengakses cooling pad lalu membersihkannya menggunakan kuas kecil. bersihkan secara perlahan dan pastikan Anda ahli dalam hal ini, ya.

Cek Thermal Paste

Thermal Paste merupakan gel yang menempel di atas prosesor yang berfungsi untuk mengurangi panas yang dikeluarkan oleh prosesor. Usahakan untuk mengecek ther,al paste secara rutin. Jika thermal paste sudah dalam kondisi kering maka dianjurkan untuk menggantinya. Caranya cukup dengan mengoleskannya di atas prosesor.

Thermal paste ini penting untuk mengatur suhu panas laptop. Dengan mengganti thermal paste, overheat laptop pun dapat dicegah.

Hindari Pemakaian Laptop secara Nonstop

Tips mencegah overheat laptop yang selanjutnya yakni hindarilah pemakaian laptop secara nonstop. Laptop yang digunakan secara terus-menerus akan membuat prosesor terus bekerja dan menghasilkan suhu panas secara terus menerus. Ini bisa menyebabkan laptop menjadi overheat. Istirahatkan laptop sekitar 30 menit setiap pemakaian 2 jam sekali untuk menghindari laptop dari panas berlebih.

Perhatikan Penggunaan Keyboard Protector

Bagi anda yang menggunakan keyboard protector, Anda harus waspada. Keyboard protector memang melindungi keyboard dari berbagai kerusakan. Namun, adanya keyboard protector juga menyebabkan udara panas laptop tertahan. Hal ini karena jalan keluar udara pada sela keyboard tertutup sehingga suhu panas tersimpan di dalam laptop.

Solusinya, cobalah untuk rutin membuka keyboar protector saat penggunaan laptop dalam intensitas tinggi. Contohnya saat sedang melakukan zoom meeting dalam waktu berjam-jam atau bermain game.

Gunakan Cooling Pad Eksternal

Cooling pad pada umumnya sudah terdapat pada laptop, tetapi kinerjanya hanya difokuskan untuk mendinginkan prosesor saja. Jadi, sebaiknya Anda menggunakan cooling pad eksternal untuk mencegah overheat laptop. Biasanya, cooling pad eksternal digunakan sebagai alas laptop dengan kipas berdaya 5 volt.

Itulah 7 tips mencegah overheat laptop yang dijamin membuat laptop menjadi adem. Tips-tips ini harus dilakukan agar laptop tidak mengalami kerusakan sehingga bisa terpakai dalam jangka panjang. Anda juga bisa melakukan cek rutin komponen laptop kepada layanan service agar lebih terawat.

(Rismawati/Djavatoday)

ARTIKEL TERKAIT

BERITA TERBARU