Minggu, Oktober 17, 2021

Laptop Not Responding? Ini Penyebab dan Solusi Ampuh Mengatasinya

Laptop not responding atau bisa disebut keadaan “hang” agaknya sering dialami oleh setiap pengguna laptop. Keadaan ini biasanya ditandai dengan kinerja laptop yang menjadi lemot. Tanda lainnya adalah laptop tidak bisa menjalankan perintah dari user.

Misalkan, kamu ingin membuka Microsoft Word, tetapi waktu loading untuk membukanya begitu lama. Bahkan laptop tidak bisa merespon atau menjalankan perintah user tersebut. Biasanya berakhir dengan adanya tulisan “Not responding” atau ” Application is not responding”. 

Baca juga:

Bisa juga terjadi pada saat kamu sedang mengerjakan dokumen baik di Microsoft Excel ataupun word. Fungsi pada setiap menu tiba-tiba berhenti dan layar menjadi berbayang putih dan muncullah tulisan “Not responding” di bagian atasnya. Tentu ini sangat menggangu aktifitas Anda dan bisa menjadi tanda kerusakan software pada laptop. Untuk itu, penting bagi Anda mengetahui penyebab laptop not responding beserta solusinya.

Penyebab Laptop Not Responding

Ada beberapa penyebab laptop menjadi tidak respon. Berikut penjelasannya untuk Anda.

Terlalu Banyak Aplikasi

Penyebabnya yang pertama adalah banyaknya aplikasi yang terinstal di laptop Anda. Mengapa bisa menyebabkan laptop not responding? Karena proses yang dikerjakan oleh sistem dalam me-load semua aplikasi akan makin berat karena banyaknya beban. Apalagi ukuran dari aplikasi yang terinstal itu terbilang besar dan bisa mengurangi kapasitas hardisk.

Malware dan Virus

Sepertinya, malware dan virus memang hampir menjadi penyebab dalam banyak masalah pada laptop, ya. Termasuk juga menyebabkan masalah laptop not responding atau hang ini. Malware dan virus ini benar-benar mengancam dengan mempengaruhi sistem kinerja laptop. (Hal 2}

ARTIKEL TERKAIT

BERITA TERBARU