Senin, September 27, 2021

Kekurangan Laptop MacBook yang Harus Dipertimbangkan Sebelum Beli

Kekurangan laptop MacBook sebenarnya tidak sepenuhnya berasal dari komponen laptopnya. Untuk urusan kualitas tiap komponennya seperti OS, hardware, dan display, MacBook tetap yang terbaik. Namun, ternyata dibalik kesempurnaannya, terdapat beberapa miss yang dimiliki laptop dengan harga selangit ini.

Untuk kamu yang akan membeli laptop MacBook, sebaiknya pertimbangkan beberapa hal yang menjadi kekurangan laptop Apple ini. Mungkin sebagian orang akan bilang bahwa hargalah yang menjadi kelemahan dari MacBook. Harganya yang mencapai puluhan juta rupiah agaknya sulit digapai, ya, Sobat Djava!

Kekurangan Laptop MacBook

Baca juga:

Untuk kalian yang penasaran apa saja kekurangan dibalik kelebihan yang dimiliki MacBook, simak penjelasan berikut ini.

Harganya yang Tinggi

Kekurangan laptop MacBook yang banyak dikeluhkan terutama oleh masyarakat+62 adalah harganya yang tinggi. Bagaimana tidak, jika laptop lain bisa dibeli dengan harga 4 jutaan, MacBook malah berada di kisaran puluhan juta! Mereka yang memiliki MacBook biasanya dipandang orang-orang kaya, nih, Sobat Djava. Namun, harganya yang tinggi memang sesuai lho dengan kualitas tingginya.

Harga Perbaikan Mahal

Selain harga pembeliannya, MacBook juga membutuhkan biaya yang tinggi untuk perbaikannya. Jika ada komponen laptop MacBook yang rusak, kamu bisa mengeluarkan biaya jutaan rupiah untuk memperbaikinya. Jika kamu berminat membeli MacBook, kamu harus siap dengan biaya pengeluaran untuk perawatannya, ya!

Service Center Langka

Kekurangan laptop MacBook yang selanjutnya adalah sulitnya menemukan service center resmi laptop MacBook. Di perkotaan besar, tempat service atau perbaikan laptop MacBook yang resmi banyak dijumpai. Namun, berbeda dengan di kota-kota kecil yang langka akan service center resminya. Jadi, untuk kamu yang tinggal jauh dari kota-kota besar dan ingin membeli MacBook harus dipertimbangkan lagi.

Harga Aksesoris Mahal

Selain harga sparepart dan reparasinya yang terbilang mahal, aksesoris MacBook pun ternyata tidak murah, lho. Untuk membeli aksesoris seperti kabel data original saja dipatok dengan harga kisaran ratusan ribu hingga jutaan. Untuk kamu yang ingin membeli laptop MacBook, pastikan siap mengeluarkan biaya lebih untuk aksesorinya.

Laptop Cepat Panas

Kekurangan laptop MacBook yang selanjutnya yakni cepat panas ketika mengoperasikan aktivitas berat. Contohnya seperti mengedit foto, mengedit video, streaming film, render 3D, dan aktivitas lainnya. MacBook akan terasa panas dan lumayan mengganggu. Sebaiknya kamu menggunakan aksesoris lain untuk mengurangi panas yang dikeluarkan MacBook agar tidak over heat.

Game dan Software Kurang Support

Yang dimaksud dengan kurang support di sini adalah karena tidak semua aplikasi dan software Windows bisa dipasang di MacOS. MacBook juga dirasa kurang nyaman apabila digunakan untuk bermain game yang berat. 

Kelebihan Laptop MacBook

Dibalik kekurangannya, laptop MacBook juga memiliki beberapa kelebihan yang sangat worth it. Berikut beberapa kelebihan laptop MacBook yang harus kamu ketahui sebelum membeli.

Menggunakan OS yang only one, yakni MacOS

Hardware berkualitas tinggi dan terintegritas penuh dengan MacOS

Bebas virus

Tampilan layar lebih nyata dan nyaman dipandang karena menggunakan teknologi Retina Display

Memiliki fitur terdepan dan belum dimiliki laptop lain

Memiliki brand’s value yang tinggi sehingga bisa dijadikan aset

Lebih glossy, bergaya, dan elegan

Itulah beberapa kekurangan laptop MacBook yang harus kamu pertimbangkan sebelum membeli. Jika kamu siap dengan segala kekurangannya, langsung beli saja, ya Sobat Djava!

(Rismawati/Djavatoday)

ARTIKEL TERKAIT

BERITA TERBARU