Senin, Mei 27, 2024

Instagram Mengalami Gangguan, Bagaimana Mengatasinya?

Pada hari Selasa (30/3/2021) sekitar pukul 20.47 WIB Instagram dilaporkan down atau mengalami gangguan. Hal ini terdeteksi oleh situs pelacak gangguan layanan online Down Detector. Pada hari Rabu (31/3/2021) warganet juga ramai membicarakan masalah ini hingga menjadi trending topic di Twitter.

Sebagian besar masalah yang dilaporkan yaitu tidak dapat login, tidak dapat memperbarui news feed dan juga gangguan saat membuka aplikasi Instagram. Sebelumnya aplikasi seperti WhatsApp Messenger, Instagram dan Facebook juga sempar tumbang bersamaan pada Sabtu (20/3/2021). Jadi apa yang harus kita lakukan saat Instagram mengalami gangguan seperti ini?

Cek apakah Instagram mengalami gangguan atau tidak

Jika akun Instagrammu tiba-tiba tidak bisa diakses, bisa jadi orang lain juga mengalami hal serupa. Untuk memastikan apakah server Instagram sedang down atau tidak kamu bisa mengeceknya di sejumlah situs web, salah satunya melalui situs Down Detector. Situsnya bisa diakses melalui https://downdetector.com/status/instagram/.

Dalam situs tersebut kamu bisa melihat laporan gangguan Instagram selama 24 jam terakhir dan juga bisa melaporkan gangguan yang dialami. Untuk membuat laporannya, kamu tinggal klik “I have a problem with Instagram” di laman tersebut. Kemudian pilih gangguan yang kamu rasakan saat mengakses Instagram.

Baca juga : Headset VR PS5 Generasi Terbaru Buatan Sony

Muat ulang aplikasi Instagram

Jika masalahnya tidak pada server namun akses Instagram masih tidak berfungsi atau mengalami gangguan, coba tutup aplikasinya kemudian buka kembali.

Perbarui aplikasi Instagram

Pada umumnya masalah yang dialami bisa langsung diatasi dengan memuat ulang aplikasi, tetapi jika masalahnya belum selesai coba periksa lagi apakah Instagram yang kamu pakai sudah menggunakan versi terbaru atau tidak. Biasanya versi terbaru selain menawarkan beberapa fitur baru juga berisi perbaikan bug dalam suatu aplikasi.

Periksa koneksi internet

Jika news feed tidak bisa diperbarui atau tidak dapat mengungggah gambar, kemungkinan masalahnya terletak di koneksi internet provider yang kamu pakai. Jika di rumahmu tersedia koneksi Wi-Fi, coba alihkan sementara koneksi internetnya pada koneksi Wi-Fi.

Muat ulang ponsel

Solusi paling sederhana dan efektif untuk mengecek gangguan aplikasi adalah dengan memulai ulang perangkat ponselmu. Namun jika saat kembali dihidupkan, Instagram masih tidak bisa diakses, berarti memang Instagram sedang mengalami gangguan.

Copot pemasangan dan instal ulang

Terkadang bug dapat terjadi saat kamu menginstal ataupun memperbarui Instagram sehingga menyebabkannya berhenti berfungsi. Satu-satunya cara yang bisa kamu lakukan untuk memperbaiki keadaan ini adalah dengan mencopot pemasangan dan memasang kembali aplikasi.

Periksa daftar masalah

Jika kamu telah mencoba semua cara seperti yang telah dipaparkan di atas namun Instagrammu masih tidak berfungsi, itu artinya memang terjadi masalah atau bug yang sah dalam aplikasi. Kamu mungkin hanya perlu menunggu hingga akhirnya Instagram bisa kembali diakses. (Willy/Djavatoday)

5 Rekomendasi Printer Murah di Bawah Satu Jutaan, Cocok untuk Pelajar

Rekomendasi printer murah memang banyak dicari oleh para pelajar dan mahasiswa. Pasalnya mereka memang membutuhkan printer dalam kegiatan belajarnya, terutama untuk mahasiswa semester akhir....

Deretan HP di Bawah 2 Jutaan, Harga April 2024

Halo good people. Saat ini pembelian alat elektronik terutama gadget sedang meningkat nih. Hal ini karena sudah banyak yang mendapatkan THR atau Tunjangan Hari...

Vivo V30 Pro, Review Desain, Kamera, hingga Baterai

Vivo V30 Pro merupakan ponsel pintar terbaru dari V series yang baru rilis sejak satu bulan lalu dengan harga 9 jutaan. Ponsel pintar ini...

Redmi Note 13 Pro+, Memori Luas untuk Harga 6 Juta!

Redmi Note 13 Pro+ telah rilis beberapa waktu lalu dengan berbagai spesifikasi menarik yang menjadi andalannya. Beberapa spesifikasi yang smartphone ini tonjolkan adalah terletak...
Kartu Anggota Perpus
Kartu Anggota Perpus
Daftar Perpus 1
Daftar Perpus 2

Terpopuler

Lainnya