Sabtu, Juli 20, 2024

Cek Ongkir dan Pengiriman, Install RajaOngkir Sekarang

Cek ongkir dan pengiriman barang bisa dilakukan dari smartphone Anda, dengan menggunakan aplikasi RajaOngkir. Kelebihan dari aplikasi ini adalah tarif ongkos kirim yang update sesuai database berbagai ekspedisi. Anda juga bisa melihat perbandingan untuk mendapatkan ongkir termurah.

Sebagai contoh, ongkir dari Jakarta ke Sorong adalah 105.000 via JNE dan 110.000 via J&T dengan estimasi 1-4 hari. Saat mengecek tarif di RajaOngkir, Anda akan menemukan ongkir termurah 94.500 menggunakan jasa Lion Parcel dengan estimasi 1-3 hari. Kemungkinan besar orang akan memilih Lion Parcel, ongkir lebih murah dan pengiriman lebih cepat.

Cara Cek Ongkir dan Pengiriman Barang

Pertama-tama Anda perlu memasang aplikasi RajaOngkir terlebih dulu dari Playstore untuk Android atau App Store untuk iOS. Aplikasi ini sangat mudah digunakan karena hanya terdapat tiga menu; Domestic, International, dan Track Package.

Saat pertama kali membuka aplikasi, pengguna akan langsung dihadapkan pada menu Domestic yang berisi formulir Origin (Tempat Barang Berasal), Destination (Tujuan Pengiriman), dan Weights (berat barang ditulis dalam gram).

Baca Juga: Yahoo Groups Tutup Selamanya Pada 15 Desember 2020

Sebelum mengecek ongkir, pastikan Anda tahu kemana barang akan diantar, alangkah lebih baik jika Anda memasukkan kecamatan tidak hanya nama kota atau kabupaten saja. Karena setiap kecamatan bisa memiliki tarif ongkir berbeda, sehingga diperlukan tarif yang akurat untuk menghindari kerugian dalam transaksi jual beli online.

Berikut ini cara cek ongkir dan pengiriman barang di RajaOngkir:

  • Buka aplikasi RajaOngkir
  • Akan langsung muncul formulir Domestic untuk pengiriman dalam negeri.
  • Pada kolom Origin, masukkan tempat Anda akan mengirim barang.
  • Selanjutnya pada kolom Destination, masukkan tempat tujuan pengiriman barang.
  • Karena ongkir ekspedisi dipatok tarif per kilo, maka isi 1.000 di kolom Weights (grams).
  • Klik Check, maka semua tarif dari berbagai ekspedisi akan muncul diurutkan dari yang termurah.

Memilih ongkos kirim termurah tidak selamanya dijadikan solusi. Pelayanan ekspedisi di tiap wilayah bisa berbeda-beda, mengingat jasa ekspedisi dijalankan oleh manusia. Terkadang bisa lebih cepat dari estimasi, namun bisa juga lebih lambat. Memantau pengiriman barang secara berkala sangat dianjurkan supaya barang tidak hilang.

Cara Melacak Pengiriman Barang

Tracking atau melacak pengiriman barang juga bisa dilakukan di aplikasi RajaOngkir. Caranya pun cukup mudah, keunggulannya Anda bisa melihat status terakhir keberadaan barang karena sistem pelacakan memberi laporan secara detail.

Panduan melacak paket:

  • Pada aplikasi RajaOngkir, pilih menu Track Package.
  • Di sudut kanan bawah, klik tombol + yang berbentuk bulat oranye.
  • Masukkan nomor resi di kolom Waybill number.
  • Di kolom Courier, pilih ekspedisi yang digunakan.
  • Klik OK, maka akan muncul status keberadaan barang.
  • Jika status terakhir “With Delivery Courier” artinya barang sedang diantar ke alamat penerima.

Ketika melakukan transaksi jual beli online, tanyakan pada penjual kapan nomor resi bisa diterima. Biasanya penjual memberikan nomor resi sehari sesudah transfer atau H+1. Hal ini dikarenakan penjual mengemas order mengikuti jam keberangkatan ekspedisi. Jika transaksi terjadi lewat dari jam operasional maka barang dikirim keesokan harinya.

Anda juga bisa melakukan cek ongkir dan pengiriman barang ke luar negeri. Pilih menu International, kemudian isi kolom Origin dengan negara asal dan Destination untuk negara tujuan. Perlu diketahui bahwa tidak semua cabang dari ekspedisi menyanggupi kirim ke luar negeri. Semisal Lion Parcel, kirim barang ke luar negeri baru bisa lewat cabang Jakarta. (Dewi/Djavatoday)

Realme GT 6, Smartphone 7 Jutaan dengan Performa Tinggi

Realme GT 6 merupakan tipe smartphone terbaru dari brand Realme yang melanjutkan seri Grand Tourer-nya yang legendaris.

Poco F6 5G, Review Desain hingga Kamera

Poco F6 5G kini telah hadir memperpanjang series F yang selalu menjadi andalan ponsel pintar kelas menengah atau middle range.

Tips Hasil Foto Bagus Hanya Menggunakan Kamera HP

Tips hasil foto bagus tentunya akan sangat membantumu dalam hal pengambilan gambar. Hasil foto akan lebih menarik jika kamu bisa memperhatikan setiap hal sedetail...

5 Aplikasi Edit Foto Gratis dengan Hasil Memuaskan

Aplikasi edit foto menjadi salah satu kebutuhan yang wajib banget kamu punya. Terutama untuk kamu si penggemar foto atau memang aktif di sosial media....
Kartu Anggota Perpus
Kartu Anggota Perpus
Daftar Perpus 1
Daftar Perpus 2

Terpopuler

Lainnya