Rabu, Oktober 27, 2021

Cara Merawat Printer yang Baik dan Benar, Dijamin Awet

Cara merawat printer yang baik dan benar ditujukan agar printer bisa awet digunakan dalam waktu yang panjang. Cara ini wajib diketahui dan diterapkan, terlebih printer yang dimiliki memiliki harga yang cukup tinggi. Merawat printer yang akan diulas dalam artikel ini bisa diterapkan untuk semua merek. 

Printer merupakan mesin cetak. Definisi dalam dunia komputer memiliki makna perangkat keras yang menyajikan representasi tulisan atau grafis. Dengan kertas sebagai media representasinya. 

Baca juga:

Di zaman modern ini, pemilikan printer menjadi suatu kebutuhan bagi setiap individu. Apalagi para pelajar, mahasiswa, dan pekerja kantor yang sering berkutat dengan cetak-mencetak dokumen penting. Anda tentu tidak mau saat terburu-buru ingin mencetak dokumen, tiba-tiba printer mengalami error. Hal ini disebabkan perawatan printer yang kurang tepat, inilah pentingnya cara merawat printer yang baik dan benar.

Cara Merawat Printer yang Baik dan Benar

Berikut adalah beberapa cara merawat printer yang baik dan benar yang bisa Anda terapkan.

Perhatikan Letak Menaruh Printer

Posisi menaruh printer terkadang dianggap sepele. Padahal hal tersebut berpengaruh pada perawatan printer itu sendiri. Tempatkanlah printer di tempat yang cukup tinggi seperti di atas meja. 

Hal ini penting dilakukan untuk menghindari tersenggolnya printer yang bisa menyebabkan kerusakan. Penempatan letak printer ini juga untuk menghindari kabel data printer dimakan tikus.

Rutin Menggunakan Printer

Setelah penempatan letak printer yang tepat, cara merawat printer yang selanjutnya adalah gunakanlah printer secara rutin. Pemakaian secara berkesinambungan ini menjadi pelumas tiap komponen dalam printer yang menghaluskan kinerjanya. Jika printer tidak digunakan dalam waktu yang panjang, pelumas yang terdapat dalam suku cadang akan kering.

Hal tersebut berimbas pada melambatnya kinerja printer dalam mencetak dokumen. Kemungkinan terburuknya adalah printer akan rusak. 

Hindari Mencetak Banyak Dokumen Tanpa Henti

Cara merawat printer yang berikutnya adalah jangan mencetak dokumen lebih dari 25 lembar tanpa henti. Mengapa? Karena hal tersebut akan gear  printer lebih cepat panas dan head printer tidak sempat melakukan cleaning otomatis. Jika tetap dilakukan tanpa henti, hasil cetak biasanya akan buram dan putus-putus.

Jika Anda harus mencetak dokumen lebih dari 25 lembar, cobalah untuk mencetak secara bertahap. Bisa dengan 25 lembar sekali, lalu istirahatkan printer 15 menit.

Pilih Tinta Printer yang Tepat

Memilih tinta printer akan menjaga keawetan kinerja printer lho. Tips memilih tinta yakni gunakanlah tinta yang original. Jangan menggunakan tinta yang terlalu kental atau terlalu encer. Hindari juga tinta yang berbau alkohol dan kocoklah tinta terlebih dahulu untuk memastikan kualitas tinta.

Berhati-hatilah saat memilih tinta printer karena ketidaktepatan pemilihan tinta bisa merusak printer. Yakni dengan menyebabkan kebuntuan pada head printer atau cartridge.

Ganti Selang Infus Secara Rutin

Mengganti selang infus juga merupakan salah satu cara merawat printer. Selang infus pada printer berfungsi menghubungkan tinta dari tabung infus menuju cartridge printer. Selang infus yang digunakan terlalu lama menyebabkan selang menjadi keras sehingga gerakan selang tidak teratur. Paling parahnya, selang infus bisa tersangkut saat proses mencetak berlangsung.

Bersihkan Printer Secara Rutin

Cara merawat printer yang terakhir adalah jadalah kebersihan printer. Bersihkan permukaan printer dari debu dengan lap yang tepat dengan hati-hati. Anda juga bisa menutupi printer dengan kain saat printer tidak digunakan. Dengan begitu, kerusakan printer akan terhindar.

Itulah beberapa cara merawat printer yang baik dan benar untuk menjaga keawetan printer. Tidak sulit, bukan? Jangan lagi menganggap sepele perawatan printer, ya. Jika abai, khawatir akan menyebabkan kerusakan printer dan menurunnya performa printer dengan cepat.

(Rismawati/Djavatoday)

ARTIKEL TERKAIT

BERITA TERBARU