Senin, Juni 17, 2024

Cara Mengatasi Ruang Penyimpanan Penuh di HP Android

Halo good people. Teknologi semakin canggih. Namun beberapa teknologi keluaran zaman dahulu seperti handphone lama mempunyai masalah dalam penyimpanan. Banyak orang mencari bagaimana mengatasi ruang penyimpanan penuh di Handphone.

Kebutuhan akan HP membuat peningkatan dalam penyimpanannya. Hp dengan RAM dan ROM yang berkapasitas sedikit biasanya mengalami kesulitan. Karena data-data di HP semakin banyak maka penyimpanan akan cepat penuh. Terutama penyimpanan internal.

Lalu bagaimana cara mengatasi ruang penyimpanan di HP android kalian? Ada beberapa cara mudah yang dapat good people lakukan.

Jangan Sembarang Menginstall Aplikasi

Banyak dari kita asal untuk menginstall aplikasi. Biasanya banyak iklan yang mempromosikan aplikasi sehingga membuat kita asal tekan. Ternyata ini yang dapat membuat penyimpanan HP kalian penuh.

Baca Juga: HP Gaming Murah Kualitas Keren dan Patut Untuk Dibeli

Selain itu, mungkin diantara kalian ada yang mempunyai banyak aplikasi namun tidak terpakai. Daripada membuat penyimpanan penuh lebih baik aplikasi tersebut dapat dihapus. Karena itu merupakan salah satu cara mengatasi ruang penyimpanan penuh di HP kalian.

Unistall Aplikasi bawaan

Selain jangan asal dalam menginstall aplikasi kita juga sebaiknya hapus aplikasi bawaan dari HP. Biasanya banyak aplikasi yang tak terpakai.

Rutin Bersihkan Cache

Cache adalah penyimpan data sementara yang berfungsi mempercepat kinerja sistem android kita. Biasanya setiap aplikasi akan memiliki cache. Membersihkan cache secara rutin dapat mengosongkan memori internal kita.

Gunakan Aplikasi Cleaner

Banyak aplikasi cleaner untuk mengatasi ruang penyimpanan penuh yang dapat kita download. Ukuranya pun tidak terlalu besar. Aplikasi ini dapat membuang sampah yang tidak kita butuhkan.

Pindahkan ke Memori Eksternal

Ini dapat menjadi solusi untuk good people. Kalian dapat menggunakan memori eksternal untuk menyimpan data.

Caranya cukup mudah, kita hanya tinggal memindahkan file seperti audio, video, dan foto ke memori eksternal. Sehingga memori internal tidak akan cepat penuh.

Cara Mengatasi Ruang Penyimpanan Penuh yang Sering Terlewat

Matikan Update Otomatis

Salah satu yang membuat memori internal kita penuh adalah karena banyaknya aplikasi yang terupdate otomatis. Biasanya aplikasi ini akan terupdate otomatis apabila kita menggunakan jaringan wifi. Kita dapat mengubah pengaturan ini di play store.

Matikan Auto Download Media WhatsApp

Bagi yang menggunakan WhatsApp ini bisa menjadi solusi mengatasi ruang penyimpanan penuh. Karena semakin banyaknya relasi tak sedikit pula kita mempunyai grup WhatsApp.

Apabila kita mengaktifkan auto download, maka setiap ada media yang terkirim ke kita akan otomatis tersimpan di memori internal. Inilah yang membuat memori penyimpanan kalian cepat penuh.

Ruang penyimpanan penuh biasanya akan mengganggu kinerja Handphone tersebut. Biasanya beberapa aplikasi dan file tidak bisa dibuka.

Nah, itu dia mengenai cara mengatasi ruang penyimpanan penuh yang dapat kalian coba. Selain itu kalian juga dapat mencoba untuk menghapus setiap data yang tidak penting. Stay safe. (Pas/Djavatoday)

Review iQOO Z9, Rekomendasi Hp dengan Baterai Awet!

Review iQOO Z9 ini bisa menjadi referensi dan pertimbangan untuk Anda yang memiliki keinginan untuk membelinya. Kami akan memberikan informasi penting dan menarik seputar...

Cara Mengatasi Printer Bergaris, Lakukan 5 Tips Ini!

Cara mengatasi printer bergaris pada artikel kali ini akan membantu anda untuk mengembalikan hasil print agar tercetak dengan baik. Printer merupakan alat pencetak file...

5 Rekomendasi Printer Murah di Bawah Satu Jutaan, Cocok untuk Pelajar

Rekomendasi printer murah memang banyak dicari oleh para pelajar dan mahasiswa. Pasalnya mereka memang membutuhkan printer dalam kegiatan belajarnya, terutama untuk mahasiswa semester akhir....

Deretan HP di Bawah 2 Jutaan, Harga April 2024

Halo good people. Saat ini pembelian alat elektronik terutama gadget sedang meningkat nih. Hal ini karena sudah banyak yang mendapatkan THR atau Tunjangan Hari...
Kartu Anggota Perpus
Kartu Anggota Perpus
Daftar Perpus 1
Daftar Perpus 2

Terpopuler

Lainnya