Senin, Juni 17, 2024

Cara Mengatasi Printer Bergaris, Lakukan 5 Tips Ini!

Cara mengatasi printer bergaris pada artikel kali ini akan membantu anda untuk mengembalikan hasil print agar tercetak dengan baik. Printer merupakan alat pencetak file baik itu dokumen ataupun video. Layaknya barang elektronik lain, printer juga pasti mengalami kendala atau eror. Salah satu eror yang sering terjadi pada printer adalah hasil cetak yang terlihat bergaris.

Printer yang mengalami masalah ini akan sangat menganggu. Hasil cetak menjadi tidak jelas atau bahkan tidak terlihat sama sekali. Ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi hasil printer yang bergaris. Simak selengkapnya dalam artikel di bawah ini.

Cara Mengatasi Printer Bergaris

Berikut beberapa cara mengatasi printer bergaris.

Periksa encoder

Cara mengatasi printer bergaris yang pertama yaitu dengan memastikan encoder dalam keadaan yang baik. Encoder adalah bagian belakang catridge yang berbentuk seperti mika. Bagian ini berfungsi sebagai sensor sehingga apabila bagian ini rusak atau eror maka hasil print tidak akan sempurna.

Periksalah encoder, pastikan sensor printer ini dalam keadaan yang bersih. Apabila terlihat kotor, kamu bisa membersihkannya dengan tisu. Gunakan tisu yang berbahan halus karena bagian sensor cukup sensitif.

Setelah dibersihkan, kamu bisa memasang kembali catridge dan coba print ulang. Jika masih bergaris, cobalah untuk merendam encoder di dalam air hangat. Tunggu hingga encoder benar-benar kering lalu pasang kembali. Kemudian coba print ulang.

Periksa catridge

Catridge menjadi salah satu bagian printer yang paling penting. Catridge berfungsi sebagai tempat menyimpan tinta printer. Oleh sebab itu keadaan catridge sangat memengaruhi hasil cetak.

Apabila hasil cetaknya bergaris maka bisa jadi ada tinta yang menggumpal di dalam catridge. Jika hal ini terjadi kamu bisa mengatasinya dengan cara merendam head catridge dengan air hangat. Setelah itu, tunggu sampai kering dan pasang kembali catridge ke dalam printer. Print ulang dan lihat hasilnya.

Isi tinta

Cara mengatasi printer bergaris yang berikutnya yaitu dengan mengisi kembali tinta. Hasil cetak yang bergaris bisa saja terjadi karena tinta dalam catridge sedikit atau sudah mengering. Maka dari itu isilah kembali tinta catridge sesuai dengan kegunaan. Pastikan kamu menggunakan tinta yang sesuai dengan jenis printer agar tidak merusak catridge.

Lakukan head cleaning

Jika cara-cara di atas masih tidak membantu, kamu bisa melakukan head cleaning pada perangkat printer melalui komputermu. Caranya yaitu pergi ke pengaturan dan search printer. Klik printers & scanners kemudian pilih nama printer yang ingin kamu perbaiki.

Setelah itu, pilih opsi printer properties. Pilih maintenance dan klik bagian cleaning atau deep cleaning. Printer akan melakukan pembersihan pada bagian catridge. Tunggu sampai proses pembersihan selesai barulah kamu bisa mengeceknya kembali.

Ganti catridge

Cara mengatasi printer bergaris yang berikutnya yaitu dengan mengganti catridge. Cara ini adalah cara terakhir namun paling ampuh untuk mengembalikan hasil printer dengan baik. Perlu diingat bahwa catridge juga memiliki berbagai macam jenis. Pilihlah catridge berdasarkan spesifikasi printermu.

Itulah cara mengatasi printer bergaris yang bisa kamu coba lakukan. Semoga artikel ini dapat membantumu, ya. (Ume/Djavatoday)

Review iQOO Z9, Rekomendasi Hp dengan Baterai Awet!

Review iQOO Z9 ini bisa menjadi referensi dan pertimbangan untuk Anda yang memiliki keinginan untuk membelinya. Kami akan memberikan informasi penting dan menarik seputar...

5 Rekomendasi Printer Murah di Bawah Satu Jutaan, Cocok untuk Pelajar

Rekomendasi printer murah memang banyak dicari oleh para pelajar dan mahasiswa. Pasalnya mereka memang membutuhkan printer dalam kegiatan belajarnya, terutama untuk mahasiswa semester akhir....

Deretan HP di Bawah 2 Jutaan, Harga April 2024

Halo good people. Saat ini pembelian alat elektronik terutama gadget sedang meningkat nih. Hal ini karena sudah banyak yang mendapatkan THR atau Tunjangan Hari...

Vivo V30 Pro, Review Desain, Kamera, hingga Baterai

Vivo V30 Pro merupakan ponsel pintar terbaru dari V series yang baru rilis sejak satu bulan lalu dengan harga 9 jutaan. Ponsel pintar ini...
Kartu Anggota Perpus
Kartu Anggota Perpus
Daftar Perpus 1
Daftar Perpus 2

Terpopuler

Lainnya