Selasa, Mei 21, 2024

Cara Mengajarkan Anak Membuat Konten Youtube

Youtube menjadi salah satu media hiburan favorit di masa sekarang. Bahkan tak sedikit orang yang mulai menekuni pekerjaan sebagai Youtuber. Dalam membuat konten Youtube, kamu memerlukan ide dan kreatifitas sehingga channel Youtubemu bisa terus berkembang.

Tak ada salahnya mengajarkan anak untuk menjadi Youtuber sejak kecil. Hal ini dapat melatih mereka untuk meningkatkan kemampuan berbicara dan rasa percaya diri. Namun karena sang anak masih kecil, mereka perlu bimbingan dari orang tuanya masing-masing. Berikut langkah-langkah untuk membuat konten Youtube bagi anak, antara lain :

Baca juga : 7 Keunggulan Aplikasi Telegram, Sangat Cocok untuk Bisnis!

Tentukan tema dan konsep video

Hal pertama yang harus dilakukan untuk membuat konten Youtube adalah menentukan tema dan konsep video. Penentuan tema dan konsep video yang menarik dapat mengundang banyak orang untuk menonton dan pada akhirnya channel Youtubemu akan mendapat banyak subscribers.

Mengenai tema video, ada banyak ide yang bisa Mama dan anak coba mulai dari membahas pelajaran sekolah, kerajinan tangan DIY, kuliner, memasak, review film, life hacks, review mainan, bernyanyi, murrotal, dan lain sebagainya.

Jangan lupa tambahkan hashtag supaya videonya masuk ke dalam daftar pencarian banyak orang. Gunakan pula judul yang menarik!

Pahami aturan pembuatan video di Youtube

Youtube memiliki aturan tersendiri yang harus dipenuhi oleh para pembuat konten. Aturan tersebut dimaksudkan untuk menghindari hal-hal yang dilarang oleh Youtube. Jangan sampai videonya terblokir akibat melanggar aturan yang ada.

Aturan tersebut diantaranya dilarang menggunakan kata-kata kasar atau tidak pantas, gunakan busana yang baik, serta tidak menghina atau merugikan pihak tertentu. Untuk lebih jelasnya bisa klik di sini.

Bantu anak merekam videonya

Proses perekaman video merupakan hal yang penting. Oleh karena itu, Mama bisa mengajari sang anak bagaimana cara merekam video untuk diunggah ke Youtube.

Perhatikan fokus dan juga zoom kamera ketika merekam. Siapkan juga mikrofon supaya suara dalam video terdengar lebih jelas.

Edit dan perhatikan kembali video yang sudah direkam

Periksa kembali video mentah hasil perekaman setelah itu bisa masuk ke tahap pengeditan.

Jika menggunakan hp, kamu bisa menggunakan aplikasi seperti Kine Master, Power Director, Video Show dan FilmoraGo. Jika menggunakan laptop, kamu bisa edit video menggunakan aplikasi Video Editor, Shortcut, Lightworks dan VSDC Free.

Dalam mengedit video perhatikan color grading, transisi, backsound, kejelasan suara dan juga durasi video.

Upload di channel Youtube sendiri

Setelah videonya selesai kamu bisa tinggal upload. Jika sang anak belum mempunyai channel sendiri, maka video tersebut bisa di upload di channel milik Mama atau Papanya.

Jika anak ingin mempunyai channel sendiri, Mama bisa membimbingnya untuk membuat akun channel Youtubenya. Jangan lupa ajarkan sang anak untuk konsisten membuat konten Youtube jika ia memiliki waktu senggang. (Willy/Djavatoday)

5 Rekomendasi Printer Murah di Bawah Satu Jutaan, Cocok untuk Pelajar

Rekomendasi printer murah memang banyak dicari oleh para pelajar dan mahasiswa. Pasalnya mereka memang membutuhkan printer dalam kegiatan belajarnya, terutama untuk mahasiswa semester akhir....

Deretan HP di Bawah 2 Jutaan, Harga April 2024

Halo good people. Saat ini pembelian alat elektronik terutama gadget sedang meningkat nih. Hal ini karena sudah banyak yang mendapatkan THR atau Tunjangan Hari...

Vivo V30 Pro, Review Desain, Kamera, hingga Baterai

Vivo V30 Pro merupakan ponsel pintar terbaru dari V series yang baru rilis sejak satu bulan lalu dengan harga 9 jutaan. Ponsel pintar ini...

Redmi Note 13 Pro+, Memori Luas untuk Harga 6 Juta!

Redmi Note 13 Pro+ telah rilis beberapa waktu lalu dengan berbagai spesifikasi menarik yang menjadi andalannya. Beberapa spesifikasi yang smartphone ini tonjolkan adalah terletak...
Kartu Anggota Perpus
Kartu Anggota Perpus
Daftar Perpus 1
Daftar Perpus 2

Terpopuler

Lainnya