spot_img
Minggu, Oktober 2, 2022
spot_img

6 Website Penyedia E-Book yang Gratis dan Legal!

Website penyedia e-book semakin berkembang pesat karena penggunaan e-book yang kian bertambah. E-book atau buku elektronik adalah publikasi buku yang tersedia dalam bentuk digital. Buku digital ini menyajikan informasi berupa teks, gambar, video, maupun audio yang bisa dibuka melalui HP, laptop, dan komputer. Selain bersifat praktis, rupanya penggunaan e-book juga dapat memudahkan proses penyebaran informasi karena lebih cepat dalam pembuatannya.

6 Website Penyedia E-book

Website penyedia e-book pun terdiri dari beragam jenis, ada yang berbayar dan ada yang bisa secara cuma-cuma kita akses. Tak hanya masalah biaya, terkadang ada juga website yang berstatus ilegal atau tidak menurut hukum. Penggunaan website ilegal dapat membahayakan pembaca karena dapat merusak hak cipta. Untuk dapat mencegahnya kamu bisa simak beberapa website penyedia yang aman dan gratis di bawah ini.

Openlibrary.org

Bagi kamu yang suka membaca buku di perpustakaan mungkin website ini sangat cocok untukmu. Perpustakaan online atau digital memang udah semakin marak saat ini. Salah satu perpustakaan online yang bisa kamu akses yaitu Open Library. Website ini dapat memungkinkan kamu mengunduh e-book gratis di seluruh dunia serta sudah berstatus legal.

Open Library mempunyai total lebih dari 20 juta e-book gratis yang bisa terakses oleh kita. Selain itu, kita juga bisa menambahkan buku-buku elektronik pada website ini. Website penyedia e-book bernama Open Library ini menyediakan fitur pencarian berdasarkan judul, kategori, penulis, tema, dan sebagainya untuk memudahkan pembaca. Buku yang tersedia di sana juga terdiri dari berbagai jenis mulai dari novel, buku kesehatan, resep makanan, sampai buku-buku klasik. 

Oapen.org

Bagi pelajar dan mahasiswa penggunaan e-book sangatlah memudahkan mereka dalam proses belajar. Salah satu situs yang dapat kamu manfaatkan adalah Oapen. Di sini kamu bisa mengunduh berbagai jenis buku akademik secara gratis dan sudah pasti legal. Oapen bertujuan untuk mengoptimalkan buku akademik khususnya di bidang sosial agar semakin banyak yang membacanya.

Website ini memiliki kantor fisik yang berada di National Library di The Hague, Belanda. Mereka juga bekerjasama dengan sejumlah penerbit untuk mengoptimalkan kualitas buku-buku yang ditawarkan kepada pembaca. Website penyedia e-book ini sangat cocok untuk para pelajar yang sedang mencari bahan bacaan.

Gutenberg.org

Website Gutenberg merupakan penyedia e-book gratis tertua dan terlengkap di dunia yang berdiri sejak tahun 1975. Ada lebih dari 60 ribu e-book gratis yang tersedia di situs ini. Kamu juga bisa mengunduh atau membacanya secara online. Keunikan dari website ini adalah keberadaan buku-buku literatur klasik yang dapat dengan mudah kamu temukan.

Keberadaan buku klasik secara cetak sudah jarang di zaman sekarang ini karena ada kemungkinan naskahnya tidak lengkap. Namun website penyedia e-book Gutenberg ini sudah menyimpannya agar bisa kamu akses secara online dan gratis.

Centslessbooks.com

Situs Centslessbooks tak hanya menyediakan e-book, tetapi ada juga audiobook yang bisa kamu akses secara gratis. E-book dan audiobook yang ada di Centslessbooks mempunyai beberapa kelompok kategori. Kategori yang tersedia juga beragam seperti buku romance, fantasi, nonfiksi, hukum, medis, travel, buku parenting, dan buku anak-anak.

Jika kamu membuka website penyedia e-book yang satu ini maka ada ribuan e-book serta audiobook yang dapat kamu akses gratis. Mulai dari yang populer sampai klasik, semua tersedia di website Centeslessbook. 

Literature.org

Website Literature menyediakan ribuan buku dari sastrawan ternama seperti Dumas, Mark Twain, Allan Poe, dan lainnya. Bagi kamu penyuka sastra dunia, website ini wajib kamu kunjungi. Buku-buku sastra yang tersedia di sini bisa kamu akses secara bebas dan tentunya gratis.

Berbeda dengan website penyedia e-book yang lain, Literature tidak bisa mengunduh bacaan yang ada di sana, tapi kamu masih bisa membacanya secara online. Meski begitu, situs ini tidak menghabiskan banyak kuota internet karena penyajiannya yang berbentuk teks tanpa gambar.

Feedbooks.org

Serupa dengan website penyedia e-book yang sudah disebutkan tadi, Feedbooks menyediakan ribuan buku secara gratis. Kamu dapat mengakses berbagai genre buku mulai dari religi sampai sejarah. Pengaksesan dalam situs ini juga tidak memerlukan koneksi internet sehingga lebih hemat dan nyaman.

Demikianlah beberapa website penyedia e-book beserta penjelasannya masing-masing. Semoga bisa menjadi referensi untuk kamu yang kebingungan mencari e-book gratis. Jadikanlah membaca sebagai sebuah hobi yang perlu kamu kembangkan. Serta jangan lupa pula untuk tetap memperhatikan kelegaannya ya. (Khumairah/CN/Djavatoday)

Aplikasi Ponsel Unik Pengganti Laptop yang Berguna

Aplikasi Ponsel Unik yang akan kita bahas ini merupakan salah satu bentuk kemajuan perkembangan teknologi. Hal tersebut bertujuan untuk kemudahan orang sebagai penunjang aktivitas...

Vivo V25 5G dengan Kamera Unggulan Bersistem OIS!

Vivo V25 5G kini telah hadir melanjutkan tongkat estafet V23 yang telah rilis terlebih dahulu. Vivo mengunggulkan teknologi kamera bersistem OIS pada smartphone terbarunya...

Samsung Galaxy Z Flip4, Cocok untuk Daily Driver Perempuan

Samsung Galaxy Z Flip4 5G, siapa sih yang tidak tahu tentang smartphone ini? Teknologi flip-nya yang mencuri perhatian dan bentuknya yang kecil serta desainnya...

Huawei Watch D, Smartwatch Canggih Pengukur Tekanan Darah

Huawei Watch D merupakan gadget smartwatch atau jam pintar yang memiliki teknologi untuk mengukur tekanan darah penggunanya. Selain berfungsi sebagai jam, gadget ini bisa...

Terpopuler

Lainnya