Selasa, Juni 25, 2024

5 Cara Membersihkan Keyboard Laptop dengan Benar dan Aman

Cara membersihkan keyboard laptop sangat penting untuk kamu pahami agar laptop mu bisa lebih awet. Keyboard adalah salah satu hardware laptop yang paling penting. Hampir semua pengoperasian laptop membutuhkan bantuan keyboard. Jadi kalau keyboard sudah rusak maka kamu akan susah mengoperasikan laptop.

Karena sering digunakan, keyboard ini juga jadi cepat kotor. Bahkan sebuah penelitian di Australia menemukan kalau keyboard laptop mempunyai bakteri 400 kali lebih banyak dibanding toilet. Bakteri ini bisa menjadi sarang penyakit yang akan mengganggu kesehatanmu.

Itulah mengapa kamu perlu rajin membersihkan keyboard. Karena bentuk keyboard yang banyak memiliki tombol dan sedikit space maka cara membersihkannya pun harus hati-hati.

Cara Membersihkan Keyboard

Berikut cara membersihkan keyboard laptop dengan mudah dan praktis.

Matikan laptop

Cara membersihkan keyboard laptop yang pertama dimulai dengan mematikan laptop. Hal ini dilakukan agar proses pembersihan menjadi lebih mudah dan aman. Jika laptop dalam keadaan menyala maka bisa saja kamu tidak sengaja memencet tombol tertentu dan akan menghambat proses pembersihan ini.

Letakan laptop dalam posisi terbalik

Selanjutnya, posisikan laptop dalam posisi terbalik sempurna. Laptopmu harus terbuka, ya. Posisi ini memungkinkan debu dan kotoran yang ada di keyboard laptopmu jatuh dan keluar. Dengan begitu maka kamu tidak perlu bersusah payah mengeluarkan kotoran tersebut.

Gunakan kuas atau brush make up

Cara membersihkan keyboard laptop yang berikutnya yaitu sapu bagian keyboard yang masih dalam keadaan terbalik menggunakan sikat atau kuas berbulu halus. Kamu bisa memakai brush make up yang bersih jika ada. Brush make up memiliki bulu yang kecil dan lembut sehingga dapat menjangkau celah pada tombol keyboard.

Sterilisasi dengan alcohol swab

Pemberian alkohol swab bertujuan untuk membunuh bakteri dan virus yang ada di keyboard laptop. Basahi kapas atau tisu dengan alcohol swab kemudian bersihkan keyboard dengan hati-hati. Jangan menggunakan alcohol terlalu banyak karena dapat membuat laptop menjadi lembap.

Keringkan dengan kipas

Cara membersihkan keyboard laptop yang terakhir yaitu dengan mengeringkan laptop menggunakan kipas. Hal ini bertujuan agar sisa cairan dari alcohol swab tadi bisa kering.

Gunakan kipas tangan atau kipas portable untuk mengeringkannya. Kamu juga bisa menggunakan hair dryer. Pastikan semua bagian keyboard sudah kering sempurna. Hal ini dilakukan untuk mencegah adanya akumulasi kelembapan di laptopmu.

Setelah cara membersihkan keyboard laptop di atas sudah kamu lakukan sesuai dengan tahapannya, nyalakan kembali laptopmu. Sekarang keyboardmu sudah bersih dan kinclong. Kamu juga akan terhindar dari bakteri yang bersarang di keyboard tersebut. Waktu yang ideal untuk membersihkan laptop adalah satu minggu sekali. Semakin sering kamu menggunakannya maka dianjurkan untuk sering juga membersihkannya. (Ume/Djavatoday)

Review iQOO Z9, Rekomendasi Hp dengan Baterai Awet!

Review iQOO Z9 ini bisa menjadi referensi dan pertimbangan untuk Anda yang memiliki keinginan untuk membelinya. Kami akan memberikan informasi penting dan menarik seputar...

Cara Mengatasi Printer Bergaris, Lakukan 5 Tips Ini!

Cara mengatasi printer bergaris pada artikel kali ini akan membantu anda untuk mengembalikan hasil print agar tercetak dengan baik. Printer merupakan alat pencetak file...

5 Rekomendasi Printer Murah di Bawah Satu Jutaan, Cocok untuk Pelajar

Rekomendasi printer murah memang banyak dicari oleh para pelajar dan mahasiswa. Pasalnya mereka memang membutuhkan printer dalam kegiatan belajarnya, terutama untuk mahasiswa semester akhir....

Deretan HP di Bawah 2 Jutaan, Harga April 2024

Halo good people. Saat ini pembelian alat elektronik terutama gadget sedang meningkat nih. Hal ini karena sudah banyak yang mendapatkan THR atau Tunjangan Hari...
Kartu Anggota Perpus
Kartu Anggota Perpus
Daftar Perpus 1
Daftar Perpus 2

Terpopuler

Lainnya