Iklan bjb djavatoday
Jumat, Desember 3, 2021
spot_imgspot_img

3 Alasan Perubahan Nama Facebook Menjadi Meta

Setelah berdiri selama 17 tahun, Facebook Inc akhirnya berganti nama menjadi ‘Meta’. Perubahan nama Facebook menjadi Meta ini di sampaikan langsung oleh pendiri sekaligus CEO perusahaan, Mark Zuckerberg pada konferensi tahunan Connect pada Kamis (28/10/2021).

Induk perusahaan yang selama ini menaungi Facebook, Whatsapp, Instagram dan yang lainnya resmi berubah menjadi Meta Platform Inc. Hal ini jelas menimbulkan tanda tanya, mengapa Facebook Inc melakukan pengubahan pada nama perusahaan yang sudah di kenal masyarakat di dunia? Berikut rangkumannya.

Baca juga:

Baca juga : 6 Cara Mudah Menambah Followers di Instagram

Nama sesuai dengan visi masa depan

Dalam sesi wawancara bersama media The Verge, Mark mengungkapkan ada beberapa alasan yang mempengaruhi perubahan nama Facebook Inc.

Yang pertama, perusahaan ingin mempunyai identitas merek baru yang selaras dengan visi masa depan Facebook Inc, yaitu membangun metaverse.

Nama Metaverse sendiri di ambil dari sebuah novel fiksi ilmiah Snow Crash and Ready Player One. Istilah metaverse sering digunakan untuk menggambarkan dunia virtual baru dimana orang bisa bekerja, bermain game, ataupun berkomunikasi dengan mengandalkan headset Virtual Reality (VR).

Metaverse diharapkan akan menjadi platform masa depan dan sekaligus memberikan pengamanan sosial. Untuk mewujudkan hal ini, Facebook sudah membuat rencana untuk menciptakan 10.000 pekerjaan baru di Uni Eropa untuk membangun metaverse.

Lepas dari citra perusahaan media sosial

Selama 17 tahun berdiri, Facebook Inc. di kenal sebagai perusahaan jejaring sosial yang menaungi beberapa media sosial populer, seperti Facebook, Whatsaap, Instagram, Messenger dan yang lainnya.

Menurut Mark, citra perusahaan akan selalu di kenal sebagai perusahaan jejaring sosial saja jika masih menggunakan nama Facebook Inc. Padahal perusahaan ingin melakukan hal yang lebih dari itu. Hal inilah yang membuat nama Facebook Inc. saat ini sudah tidak lagi merepresentasikan visi perusahaan.

Menghindari kebingungan

Alasan terakhir, perubahan nama ini bertujuan untuk menghindari kebingungan para pengguna saat login di produk Facebook Inc. Mark mengatakan rebranding nama Facebook Inc. menjadi Meta ini karena dia berpikir ada banyak kebingungan dan juga kecanggungan tentang brand perusahaan induk yang juga merupakan brand salah satu aplikasi media sosial.

Namun meski Facebook Inc telah berubah nama, hal ini tidak mempengaruhi nama produk media sosial yang ada di bawah naungan Meta. (Willy/Djavatoday)

ARTIKEL TERKAIT

BERITA TERBARU