Rabu, Juni 19, 2024

Leeds, West Brom dan Fulham Kembali ke Premier League

DJAVATODAY.COM,- Liga Championship atau liga sepakbola divisi dua Inggris akhirnya menuntaskan musim 2019/2020. Kompetisi liga setingkat di bawah Premier League ini memunculkan Leeds United sebagai juara. Tim asal Yorkshire tersebut sukses menuntaskan rasa penasaran untuk kembali mencicipi atmosfer Liga Primer Inggris setelah absen 16 tahun!

Berbekal koleksi 93 poin, Leeds unggul cukup jauh dari peringkat dua West Bromwich Albion –yang juga naik kasta ke Liga Inggris– dengan selisih 10 poin di klasemen akhir. Klub asuhan pelatih asal Argentina Marcelo Bielsa itu terakhir kali berlaga di Liga Primer pada musim 2003/2004 silam.

Poin sebesar itu didapat Leeds setelah menuntaskan 46 pertandingan. Yakni 28 kali menang, dan masing-masing 9 kali bermain imbang dan kalah. Adapun prestasi terbaik mereka di Liga Inggris adalah menempati posisi tiga klasemen musim 1999/2000 yang juga meloloskan mereka ke Liga Champions musim berikutnya.

Jejak Leeds naik kelas ke Liga Primer disusul West Bromwich Albion. Tim berjuluk “The Baggies” ini ibarat yoyo, naik-turun kasta antara Premier League dan Championship. Tercatat West Brom sudah lima kali promosi ke EPL, terakhir kali mereka berada di sana dua musim lalu.

Tim asuhan Slaven Bilic ini sukses mengunci tiket otomatis ke Liga Inggris setelah bermain imbang 2-2 melawan Queens Park Rangers di laga terakhir atau di pekan ke-46, (22/07/2020). Dua tim finis teratas Championship memang langsung lolos otomatis ke Liga Primer. Sedangkan peringkat 3, 4, 5, dan 6 harus mengikuti playoff untuk memperebutkan satu slot lagi tim yang naik kasta ke EPL.

Nah, satu slot tersisa akhirnya berhasil didapat Fulham setelah menjuarai turnamen playoff yang diikuti Brentford, Cardiff City, dan Swansea City. Tiga tim yang disebut terakhir tadi masing-masing mengakhiri Championship musim 2019/2020 di peringkat 3, 5, dan 6. Fulham ada di peringkat 4.

Bournemouth, Watford, dan Norwich City Turun dari Premier League

The Cottagers sukses menjuarai final playoff usai menekuk Brentford 2-1 di Stadion Wembley, (04/08/2020) lewat babak ekstra setelah 90 menit kedua tim bermain tanpa gol. Fulham maju ke final setelah di semifinal menang agregat 3-2 atas Cardiff City. Dengan prestasi ini, Aleksander Mitrovic dkk. berhasil kembali ke Liga Inggris setelah degradasi dari sana pada musim 2018/2019.

Leeds, West Brom, dan Fulham menggantikan tiga tim Liga Inggris yang terdegradasi pada musim 2019/2020. Ketiganya adalah Bournemouth, Watford, dan Norwich City yang turun kasta ke Championship.

Kita nantikan kiprah tiga tim ‘baru tapi lama’ Premier League di musim 2020/2021 mendatang. Apakah mereka akan tetap bertahan di kasta sepakbola teratas Inggris atau Cuma sekadar numpang lewat? *Yud/Djavatoday

Jangan dianggap Sepele, Ini Dia Manfaat Sering Berenang untuk Kesehatan Tubuh dan Mental

Manfaat sering berenang yang akan kamu peroleh salah satunya ialah meningkatkan metabolisme yang dapat membantu tubuh membakar kalori lebih banyak. Tahu nggak, sih? Berenang...

Premier League 2022/2023 Telah Usai, Tragisnya Tim Juara yang Turun Kasta

Premier League alias Liga Primer Inggris musim 2022/2023 akhirnya selesai. Sepuluh laga pamungkas dimainkan serentak Minggu malam kemarin (28/05/23) pukul 22.30 WIB. Hasilnya, dua...

Ancaman Degradasi Chelsea Sangatlah Nyata

Premier League alias Liga Primer Inggris musim 2022/2023 tinggal menyisakan 4 pekan lagi. Rata-rata tiap tim sudah menyelesaikan 34 laga sejauh ini. Sisa-sisa pertandingan...

Timnas Prancis Bantai Belanda 4-0, Dua Debutan Beda Nasib

Djavatoday.com,- Timnas Prancis tanpa ampun memporak-porandakan Belanda 4 gol tanpa balas. Laga ini merupakan matchday pertama kualifikasi Piala Eropa (Euro) 2024 Grup B, Sabtu...
Kartu Anggota Perpus
Kartu Anggota Perpus
Daftar Perpus 1
Daftar Perpus 2

Terpopuler

Lainnya