Senin, September 27, 2021

6 Fasilitas Menarik yang Ada di Olimpiade Tokyo 2020

Olimpiade Tokyo 2020 sampai saat ini masih berlangsung. Jepang akhirnya memberanikan diri untuk melangsungkan olimpiade yang telah tertunda satu tahun. Meski dalam kondisi pandemi, sang tuan rumah benar-benar ingin memberikan yang terbaik, dengan memaksimalkan keamanan dan kenyamanan bagi para atlet yang akan bertanding.

Lalu apa saja berbagai fasilitas menarik yang ada di Olimpiade Tokyo 2020? Berikut ulasannya.

Baca juga:

Baca juga : Tren Ikoy-Ikoyan yang Tengah Booming di Media Sosial

Tempat tidur dari kardus

Hal pertama yang paling mencuri perhatian adalah tempat tidur yang dibuat dari kardus. Jepang membuat tempat tidur ini karena  lebih ramah lingkungan dan dapat didaur ulang. Meski terbuat dari kardus, tempat tidur ini cukup kuat dan mampu menahan beban hingga 200 kg. Rencananya, setelah pagelaran olimpiade berakhir, tempat tidur ini sepenuhnya akan didaur ulang.

Mobil otomatis tanpa pengemudi

Jepang memang selalu berinovasi dalam hal teknologi. Pada momen olimpiade kali ini, Jepang akhirnya memamerkan salah satu teknologi canggih yang bisa digunakan semua orang di Olympic Village, yaitu mobil tanpa kemudi.

Mobil autopilot ini ternyata merupakan salah satu produk dari merek otomotif kebanggan Jepang yaitu Toyota. Mobil ini bisa dipergunakan oleh para staf, atlet hingga jurnalis ketika hendak bepergian dari salah satu venue ke venue yang lainnya.

Masjid portable

Jepang sangat menyadari bahwa pergelaran Olimpiade Tokyo 2020 ini akan didatangi oleh orang-orang dari berbagai belahan dunia. Untuk itu Jepang menyediakan fasilitas masjid portable sebagai sarana beribadah umat muslim. Masjid portable ini merupakan modifikasi dari sebuah truk dengan harga sekitar 12 milyar. Masjid ini juga sudah dilengkapi dengan tempat wudhu.

Papan informasi kapasitas orang di setiap ruangan

Protokol kesehatan yang diberlakukan di Olympic Village memang tak main-main. Setiap ruangan sudah dilengkapi dengan papan informasi digital yang menunjukkan kapasitas orang di dalamnya. Dengan begitu, setiap orang yang hendak menonton pertandingan bisa memutuskan untuk masuk atau tidak ke dalam ruangan yang akan ditujunya.  

Vending machine gratis

Fasilitas menarik lainnya yang ada di Olimpiade Tokyo 2020 ini adalah kartu pass yang bisa digunakan untuk mengambil minuman secara gratis. Menariknya, kartu pass ini juga tidak dibuat dari plastic, melainkan dari bahan kayu sehingga lebih ramah lingkungan. 

Tempat makan buka selama 24 jam

Tempat makan dibuka selama 24 jam penuh. Mereka juga menyediakan berbagai menu, mulai dari menu vegetarian, menu lokal dan menu makanan lainnya. (Willy/Djavatoday)

ARTIKEL TERKAIT

BERITA TERBARU