spot_img
Minggu, Agustus 14, 2022
spot_img

Tips Mengkritik Seseorang dengan Baik Tanpa Merusak Hubungan

Tips mengkritik seseorang penting untuk diketahui demi tetap menjaga hubungan baik kedua belah pihak. Penyampaian kritik dengan cara yang salah tak jarang membuat orang lain merasa sakit hati, lho. Bahkan akibat fatalnya bisa membuat hubungan merenggang. Oleh karena itu, penting bagi kamu untuk mengetahui tips mengkritik seseorang dengan baik.

Kita mungkin sering merasa greget dan ingin sekali mengkritik seseorang agar dia bisa lebih baik lagi. Namun, terkadang seseorang memiliki sifat yang sensitif dan mudah baper alias bawa perasaan. So, kita harus berhati-hati dalam menyampaikan kritik atau nasihat.

Tips Mengkritik Seseorang dengan Baik

Sobat Djava, ada beberapa tips yang bisa kamu lakukan saat ingin mengkritik seseorang. Tak hanya mengkritik, tips ini juga bisa dilakukan saat ingin memberi nasihat atau saran. Yuk, simak penjelasannya berikut ini.

Cari Alasannya Terlebih Dahulu

Tips mengkritik seseorang yang pertama yakni kamu harus mencari tahu dahulu alasan seseorang melakukan suatu hal. Jangan langsung mengkritik jika kamu tidak tahu alasan dibaliknya. Ini penting agar kritik yang kita sampaikan bisa tepat sasaran dan diterima dengan baik. 

Baca Juga: Tips Memilih Organisasi untuk Mahasiswa dan Pelajar, Yuk Simak

Contohnya, kamu bisa bertanya “Eh bro, kalo boleh tau, kenapa sih lo lakuin hal tadi?” Tanyakan dengan santai dan dengarkan jawabannya. Barulah pertimbangkan kembali kritik yang akan kamu sampaikan.

Niatkan Memberi Masukan

Tips mengkritik seseorang yang selanjutnya yakni dengan niatkan untuk memberi masukan. Cobalah untuk mengkritik, tetapi lebih ke arah memberi masukan dan menurut pandangan kita. Nah, sisanya itu tergantung dia dan kita tidak boleh memaksakan kehendak. Contohnya, “kalo menurut gue sih lebih baik lo… (Sampaikan kritik/masukan)…Tapi ya balik lagi ke lo aja baiknya gimana gitu.”

Gunakan Nada Bicara Rendah/Halus

Penyebab seseorang sakit hati karena kritik biasanya karena penyampaiannya yang cenderung “ngegas”. Padahal, ada baiknya jika kamu menggunakan tutur yang sopan dengan nada bicara yang rendah dan halus. Kritikan pedas sekalipun jika disampaikan dengan lembut atau santai akan lebih mudah diterima.

Cari Waktu yang Tepat

Tips mengkritik seseorang yang tak kalah pentingnya adalah dengan timing yang pas. Carilah waktu yang tepat untuk menyampaikan kritikmu. Misalnya, saat seseorang tersebut sudah lebih tenang dan moodnya baik. 

Ingat juga untuk mengkritik seseorang, sebaiknya ajak ia mengobrol berdua. Jangan mengkritik seseorang di depan umum atau dalam kondisi orang yang ramai. Itu hanya akan membuat ia merasa dipermalukan sehingga akan merusak hubungan kalian.

Jangan Keseringan

Tips yang terakhir adalah jangan keseringan ya, Sobat Djava. Manusia memang tempatnya berbuat salah, tetapi kita tidak berhak mengkritik untuk setiap kesalahannya. Jika terlalu sering, justru ia akan merasa underestimate. 

Nah, itulah beberapa tips mengkritik seseorang dengan baik tanpa merusak hubungan. Yang terpenting adalah jangan mengkritik dengan nada tinggi dan jangan terkesan menggurui. Kamu bisa menggunakan cara seperti memotivasi agar orang yang kita kritik tidak merasa tersinggung atau baper. (Rismawati/Djavatoday)

16 Alat yang Harus Dibawa Saat Hiking Untuk Pemula

Bagi yang sudah terbiasa mendaki gunung, menyiapkan peralatan hiking tentu bukanlah hal yang sulit beda bagi para pemula. Terkadang mereka akan bingung harus membawa...

Tips Merawat Rambut Keriting, Anti Kusut dan Kering!

Tips merawat rambut keriting sebenarnya tak jauh berbeda dengan rambut lurus yang biasanya. Namun, memang ada beberapa poin khusus yang harus lebih Anda perhatikan....

Manfaat Tanaman Hias Indoor Berdasarkan Jenis-jenisnya

Manfaat tanaman hias indoor ternyata tidak hanya bisa kita lihat dari sisi keindahannya saja. Ada beragam jenis tanaman yang indah dengan manfaat berbeda-beda yang...

Cara Self Healing ala Artis Korea, Ampuh Hilangkan Stres!

Cara self healing setiap orang tentu berbeda-beda. Ada yang menyesuaikan dengan hobinya dan ada pula yang ingin mencoba hal baru atau bereksperimen. Yang paling...
- Advertisment -spot_img

Terpopuler

Lainnya