Selasa, Oktober 26, 2021

Kenali 6 Penyebab Rambut Rontok yang Sering Dialami

Masalah rambut rontok memang sudah biasa dialami banyak orang terutama kaum perempuan. Penyebab rambut rontok juga bisa bermacam-macam. Kerontokan rambut memang bisa menganggu penampilan apalagi jika kerontokan rambut yang kamu alami cukup parah hingga menyebabkan kebotakan. Sebelum mengetahui cara mengatasinya, berikut ini adalah beberapa penyebab yang bisa membuat rambutmu menjadi rontok.

Baca juga : Inilah 3 Teknik Membersihkan Karang Gigi

Fakfor Genetik Penyebab Rambut Rontok

Baca juga:

Faktor genetik atau faktor keturunan adalah salah satu penyebab paling umum dari rambut rontok. Jika kamu mengalami masalah kerontokan rambut cobalah cari tahu apakah orang tuamu juga mengalami permasalahan seperti ini atau tidak. Jika memang iya, maka masalah rambut rontok yang terjadi memang karena faktor turun temurun.

Stres yang berlebih

Ternyata stres yang berlebih juga dapat mempengaruhi cara kerja beberapa bagian tubuhmu, salah satunya pada masalah pertumbuhan rambut. Segala perasaan emosi negatif yang dialami secara tidak langsung bisa menjadi salah satu penyebab rambut rontok. Kadang kerontokan rambut ini juga bisa disertai dengan permasalahan ketombe pada kulit kepala.

Mengonsumsi obat-obatan tertentu

Terkadang ada juga obat-obatan yang memiliki efek samping membuat rambutmu menjadi rontok. Jika kamu sedang dalam masa pemulihan dan tiba-tiba rambutmu menjadi rontok, bisa jadi itu merupakan efek samping dari obat yang sedang kamu konsumsi.

Kekurangan nutrisi dan vitamin

Rambut juga memerlukan nutrisi dan vitamin. Jika kekurangan nutrisi dan vitamin, maka rambutmu bisa saja mengalami kerontokan. Untuk menjaga agar rambutmu tetap kuat, sebaiknya konsumsi vitamin B12, zat besi dan juga protein dalam jumlah yang cukup. Dengan tercukupinya nutrisi dan vitamin, maka rambutmu akan kembali kuat dan sehat.

Kulit kepala yang terinfeksi

Penyebab rambut rontok selanjutnya adalah kulit kepala yang terinfeksi. Jika kerontokan terjadi secara terus menerus dalam jumlah yang cukup banyak, bisa jadi penyebabnya terletak pada kulit kepala. Kulit kepala yang terinfeksi bisa disebabkan karena sampo yang tidak cocok atau lain sebagainya.

Karena penyakit

Rambut rontok juga bisa disebabkan karena beberapa penyakit yang diderita, diantaranya anemia, hipotiroid, alopecia areata hingga kanker. Jika mengalami kondisi seperti ini, sebaiknya konsultasikan segera dengan dokter.

ARTIKEL TERKAIT

BERITA TERBARU