Sabtu, Maret 2, 2024
namakamu.com
namakamu.com
namakamu banner id
namakamu banner id

7 Cara Atasi Wajah Kering Saat Puasa

namakamu.com
namakamu.com
namakamu banner id
namakamu banner id

Selama berpuasa, tidak hanya bibir yang akan terasa kering, namun wajahpun terkadang menjadi kering dan terlihat kusam. Hal ini wajar, karena selama puasa tubuh akan kehilangan banyak cairan. Lalu bagaimana cara atasi wajah kering saat puasa? Berikut ulasannya.

Baca juga : 7 Tips Mengatasi Bibir Kering Saat Puasa

Minum air putih yang cukup

Selama puasa, tubuh akan kekurangan cairan, sehingga menyebabkan wajahmu menjadi kering. Oleh karena itu, cukupi kebutuhan cairan dalam tubuh dengan meminum air putih sebanyak 8 gelas sehari.

Kamu bisa menggunakan metode 2-4-2 yakni 2 gelas saat berbuka, 4 gelas sepanjang malam dan 2 gelas saat sahur. Dengan begitu, tubuhmu akan terhindar dari dehidrasi selama menjalankan ibadah puasa.

Hindari mengonsumsi gorengan

Banyak orang yang memilih menu gorengan saat berbuka puasa, padahal makanan yang berminyak kurang baik untuk dikonsumsi. Dengan mengonsumsi gorengan, tubuh akan lebih cepat dehidrasi sehingga dapat mempengaruhi kelembapan kulit termasuk kulit wajah.

Perbanyak makan sayur dan buah saat sahur dan berbuka

Buah dan sayur sangat baik dikonsumsi karena mengandung banyak vitamin dan serat yang baik untuk kesehatan tubuhmu. Untuk atasi wajah kering saat puasa, pilihlah buah dan sayur yang mengandung banyak air seperti semangka, jeruk, mentimun dan selada agar dapat memberikan tambahan cairan yang diperlukan oleh tubuh.

Gunakan pelembap wajah

Selain mengonsumsi makanan yang banyak mengandung air, gunakan pelembab wajah agar kulitmu terasa lembap sepanjang hari. Kamu juga tidak boleh terlalu sering mencuci muka menggunakan facial wash, karena itu dapat mengurangi kelembapan pada wajah dan menjadikannya terasa kering. Sebaiknya gunakan facial wash 1-2 kali sehari.

Hindari begadang

Atasi wajah kering saat puasa dengan tidur yang cukup. Di bulan puasa, kamu harus bangun lebih awal untuk menyiapkan menu sahur. Untuk itu tidurlah lebih awal dan hindari kegiatan begadang. Tidur yang cukup akan memberikan efek yang positif pada tubuh termasuk pada kulit wajahmu.

Jangan mandi terlalu lama

Menghabiskan waktu yang lama untuk mandi malah akan membuat kulit wajahmu terasa kering apalagi jika kamu menggunakan air hangat saat mandi. Hal ini disebabkan karena lapisan lemak dalam kulit akan ikut larut sehingga lapisan pelindung kulit akan terganggu dan pada akhirnya membuat kulitmu menjadi terasa kering.

Gunakan masker

Cara atasi wajah kering saat puasa yang lainnya adalah dengan menggunakan masker. Gunakan masker wajah secara teratur agar kulit wajahmu terjaga kelembapannya. Pilihlah masker sheet mask dengan kandungan hyaluronic acid agar kulitmu terhidrasi. (Willy/Djavatoday)

Urutan Pemakaian Skincare Pagi yang Wajib Kamu Ketahui!

Urutan pemakaian skincare harus dilakukan dengan benar sebagai upaya menjaga kesehatan sekaligus kecantikan kulit wajah. Memakai skincare secara rutin adalah satu hal yang tak...

Rekomendasi Warna Lipstik yang Cocok untuk Kulit Sawo Matang

Rekomendasi warna lipstik ini cocok banget buat kamu yang punya kulit sawo matang. Lipstik memang paling penting untuk membuat tampilan make up kamu jadi...

6 Persiapan Menyambut Bulan Suci Ramadhan agar Ibadah Lebih Maksimal

Bulan suci Ramadhan menjadi momentum yang paling ditunggu-tunggu kehadirannya oleh umat muslim. Menjalani puasa di bulan Ramadhan ialah ibadah yang memiliki keistimewaan yang besar....

Tips Membuat Taman Rumah yang Sederhana dan Minimalis

Tips membuat taman rumah pada artikel ini cocok banget nih buat kamu yang lagi kepingin membangun suasana tempat tinggal yang adem. Jika kamu memiliki...
spot_img

Terpopuler

Lainnya