Sabtu, April 13, 2024
namakamu.com
namakamu.com
namakamu banner id
namakamu banner id

5 Tips Merawat Kacamata agar Tidak Cepat Rusak

namakamu.com
namakamu.com
namakamu banner id
namakamu banner id

Tips merawat kacamata perlu banget kamu terapkan agar kacamata yang kamu pakai dapat awet dan tidak mudah rusak. Bagi sebagian orang, kacamata merupakan barang penting yang wajib dibawa atau dipakai kemana pun mereka pergi. Contohnya saja bagi mereka yang memiliki gangguan mata seperti minus, plus, atau silinder.

Agar kacamata yang kamu punya bisa awet maka kamu juga perlu merawatnya dengan baik. Pasalnya, jika kacamata tidak dijaga dengan baik maka ketika kita menggunakannya kembali akan terasa tidak nyaman. Kalau sudah begitu mau tidak mau kamu harus menggantinya.

Mengganti kacamata bukan hal yang sepele loh, apalagi kalau kacamata kesehatan. Barang ini mempunyai harga yang lumayan tinggi. Makanya kamu perlu menjaga dan merawat kacamata dengan baik agar tidak terlalu sering menggantinya dengan yang baru.

Tips Merawat Kacamata dengan Baik

Berikut tips merawat kacamata yang baik dan benar agar lebih awet. Yuk simak.

Jangan asal taruh

Tips merawat kacamata yang pertama ini sangat penting namun sayangnya masih banyak orang sepelekan. Menaruh kacamata tidak boleh sembarangan karena hal tersebut dapat membuatnya rusak, terinjak, bengkok, tergores atau bahkan hilang. Taruhlah kacamata di kotak kacamata.

Jika ingin lebih tertata maka cobalah untuk meletakkan kacamata di satu tempat yang sama. Contoh di meja belajar atau meja kerja. Dengan begitu maka kamu tidak akan kesusahan mencarinya.

Rutin bersihkan kacamata

Sama seperti kaca mobil dan kaca jendela, kacamata juga harus rutin dibersihkan. Setelah kacamata dipakai pasti akan ada banyak kotoran dan debu yang menempel di lensa. Apalagi saat ini banyak polusi akibat asap kendaraan.

Kacamata yang kotor bukan hanya dapat menganggu kenyamananmu, tapi juga bisa merusak dan mengiritasi matamu. Jadi pastikan kamu membersihkannya menggunakan lens cleaner khusus. Lensa kacamata yang sering dibersihkan pasti terlihat jernih sehingga mata kamu bisa lebih fokus.

Cuci menggunakan sabun yang lembut

Tips merawat kacamata yang berikutnya yaitu dengan mencucinya menggunakan sabun berformula lembut. Tidak perlu melakukan dengan terlalu sering, lakukanlah sesekali agar kacamatamu juga tetap terjaga. Contohnya ketika lensa terasa sangat kotor maka kamu bisa mencucinya menggunakan air hangat dan sabun berformula lembut yang tidak berminyak.

Setelah mencuci kacamata, pastikan kamu tidak lupa untuk membilasnya sampai bersih dan hati-hati. Jika sudah, keringkan kacamatamu menggunakan kain yang lembut secara perlahan. Kamu juga bisa menggunakan spray lens cleaner sebagai pengganti sabun. Spray lens cleaner bisa kamu dapatkan di toko optik terdekat.

Lepas kacamata menggunakan kedua tangan

Terlihat sepele namun sangat berpengaruh terhadap keawetan kacamata. Kebiasaan melepas kacamata menggunakan satu tangan ini dapat membuat salah satu sisi kacamata menjadi kendur dan mudah patah, lho.

Sebaiknya gunakanlah dua tangan saat melepaskan kacamata. Hal serupa juga dilakukan saat hendak memakainya. Biasakanlah hal ini dan mulai tinggalkan kebiasaan sepele yang jelek.

Jangan terlalu sering memakai kacamata di atas kepala

Tips merawat kacamata yang terakhir ini juga mungkin terlihat sepele bagi sebagian orang. Terkadang kita memiliki kebiasaan menaruh kacamata di atas kepala karena kelelahan memakainya. Tapi siapa sangka ternyata hal ini berdampak buruk bagi kacamatamu lho.

Kebiasaan menaruh kacamata di atas kepala akan membuatnya menjadi miring dan renggang. Dengan begitu maka akan membuatnya tidak nyaman untuk digunakan. Sebagai alternatifnya, kamu bisa memasangkan tali atau sejenisnya agar bisa melepas kacamata ketika merasa kelelahan atau pusing.

Demikianlah beberapa tips merawat kacamata yang baik agar tidak mudah rusak. Yuk terapkan mulai dari sekarang. (Ume/Djavatoday)

5 Tips Memilih Pasangan di Usia Dewasa, Jangan Asal Pilih!

Tips memilih pasangan ini sangat penting untuk kamu perhatikan. Di usia dewasa tentunya kita menginginkan pasangan yang serius dan bisa diajak menua bersama. Memilih...

4 Keutamaan Idul Fitri; Hari Suci Umat Islam

Keutamaan Idul Fitri menjadi salah satu hal ditunggu-tunggu oleh umat Islam. Di hari yang suci ini menjadi perayaan setelah satu bulan berpuasa. Maka tak...

4 Jenis Parfum Tubuh, Punya Tingkat Ketahanan Masing-masing

Jenis parfum tubuh rupanya ada banyak loh. Seringkali kita mengira semua parfum adalah sama. Padahal mereka memiliki karakternya masing-masing. Beda jenis parfum juga memengaruhi...

5 Jenis Zakat dalam Islam, Gak Hanya Zakat Fitrah!

Jenis zakat dalam Islam ini ada banyak, loh, dan sebagai umat muslim sudah seharusnya kita memahaminya. Dalam agama Islam, zakat adalah salah satu dari...

Terpopuler

Lainnya