Selasa, Oktober 26, 2021

5 Tanda Skincare Tidak Cocok pada Kulit, Ayo Ganti!

Seringkali kamu tergiur untuk mencoba skincare baru yang banyak direview bagus oleh para influencer. Tapi tsetelah dicoba, skincare tersebut malah menimbulkan jerawat di wajahmu. Tahukah kamu, munculnya jerawat bisa jadi merupakan salah satu tanda bahwa skincare yang selama ini kamu pakai tidak cocok?

Beberapa orang justru malah menggunakan berbagai macam skincare dalam waktu bersamaan tanpa tahu jenis kandungan skincare apa yang aman jika dicampur. Sehingga tak ayal, kebiasaan campur-campur skincare ini malah menyebabkan kerusakan pada kulit wajah. Berikut 5 tanda bahwa skincare yang kamu pakai tidak cocok dengan kondisi kulitmu.

Breakout

Baca juga:

Jerawat yang muncul akibat penggunaan skincare yang tidak cocok dikenal dengan istilah breakout. Biasanya, jerawat ini muncul dalam jumlah yang banyak secara tiba-tiba meskipun sebelumnya kulit wajahmu tidak berjerawat.

Jerawat breakout ini disebabkan karena adanya faktor alergi. Jika kamu mengalami hal ini, segera hentikan penggunaan skincare kamu dari sekarang sebelum kulit wajahmu mengalami kerusakan.

Terjadi iritasi dan gatal-gatal

Tanda paling umum yang menunjukkan penggunaan skincare yang tidak cocok adalah munculnya iritasi dan juga rasa gatal di kulit. Hal ini dinamakan dengan dermatitis kontak.

Untuk mengetahui produk mana yang menjadi penyebabnya, kamu bisa menghentikan terlebih dahulu penggunaan skincare yang selama ini kamu pakai. Sebagai gantinya, pilihlah pembersih muka dan pelembab dengan formula yang ringan.

Wajah terasa kencang saat dibersihkan

Pernahkah kamu merasakan sensasi wajah ‘ketarik’ setelah mencuci muka? Ternyata hal ini sering diabaikan oleh sebagian orang bahkan tak jarang mereka menganggapnya sebagai sesuatu yang normal terjadi. Padahal, kondisi wajah yang terasa kencang tidak baik untuk kesehatan kulitmu.

Kondisi ini dikenal dengan nama post wash dryness atau kekeringan pasca pencucian. Kondisi ini menyebabkan minyak alami pada wajah akan terkelupas sehingga pelindung kulit akan terganggu. Jika terus mengalami hal seperti ini, lebih baik ganti pembersih mukamu dengan formula yang lebih lembut dan tidak mengandung banyak busa.

Kulit wajah kemerahan

Jika wajahmu mengalami kemerahan setelah memakai produk skincare, sebaiknya segera hentikan penggunaannya. Apalagi, jika warna kulitmu cenderung putih, maka tanda kemerahan ini akan menyebabkan pembuluh darah di wajahmu semakin terlihat jelas.

Jika kamu mengalami hal seperti ini, bisa jadi ini salah satu tanda bahwa skincare yang kamu pakai tidak cocok. Mulailah beralih untuk menggunakan skincare yang mengandung anti-inflamasi.

Kulit terasa perih

Kulit yang terasa perih menandakan proses pengelupasan yang berlebihan sehingga pada akhirnya dapat merusak pelindung kulit. Pelindung kulit yang rusak dapat melemahkan fungsi kulit bahkan bisa memicu peradangan. Jika hal ini terjadi, maka kulit akan menjadi lebih rentan terhadap infeksi jamur dan bakteri. (Willy/Djavatoday)

Baca juga : 5 Kandungan Skincare untuk Lawan Tanda-Tanda Penuaan

ARTIKEL TERKAIT

BERITA TERBARU