Sabtu, Juli 13, 2024

4 Manfaat Afirmasi Positif untuk Tingkatkan Kesejahteraan Emosional

Manfaat afirmasi positif bisa kamu dapatkan ketika kamu mampu menerapkan kebiasaan menghargai setiap hal yang kamu usahakan. Afirmasi positif dapat menyingkirkan pikiran buruk yang ada sehingga kesehatan mentalmu akan lebih terjaga.

Pernah kah kamu mengucapkan bahwa diri kamu hebat karena sudah berhasil melakukan sesuatu? Jika iya, berarti kamu telah melakukan afirmasi positif. Afirmasi positif merupakan pernyataan positif yang ditujukan pada diri sendiri sehingga dapat meningkatkan motivasi seseorang.

Bagi sebagian orang, afirmasi positif mungkin terdengar aneh dan tidak penting. Namun nyatanya perlakuan ini dapat mendorong seseorang untuk menuju arah yang lebih baik. Tak hanya itu, afirmasi positif masih memiliki banyak manfaat.

Manfaat Afirmasi Positif

Berikut manfaat afirmasi positif jika kamu bisa membiasakannya dengan baik.

Menghargai diri sendiri

Manfaat afirmasi positif yang pertama yaitu kamu bisa lebih menghargai diri sendiri. Setiap orang tentunya ingin dihargai. Sebelum meminta orang lain menghargaimu, ada baiknya kamu perlu menghargai dirimu sendiri terlebih dahulu.

Nah, salah satu bentuk menghargai diri sendiri adalah melakukan afirmasi positif. Perlakuan ini akan membentuk cara pandangmu agar lebih bisa menghargai diri kamu sendiri. Setelah kamu bisa menghargai diri sendiri maka hidup kamu akan menjadi lebih tenang.

Meningkatkan rasa percaya diri

Afirmasi positif juga akan membuatmu menjadi lebih percaya diri. Apakah kamu pernah mendengar kalimat “hidup kamu adalah apa yang kamu pikirkan”? Kalimat itu secara tidak langsung mendorong kamu untuk senantiasa berpikir positif.

Jika kamu memikirkan akan gagal, maka kamu akan mendapatkan kegagalan itu. Sebaliknya, jika kamu memikirkan keberhasilan, maka kamu pun akan dapat meraihnya. Afirmasi positif akan membantu kamu untuk percaya bahwa diri kamu layak dan pantas.

Mengurangi pikiran negatif

Manfaat afirmasi positif yang selanjutnya yaitu mengurangi pikiran negatif. Ketika kamu selalu mengatakan pernyataan positif terhadap diri kamu sendiri maka secara otomatis pikiranmu akan dipenuhi dengan hal positif dan menyingkirkan pikiran negatif.

Menurunnya pikiran negatif akan membuat kamu menjadi orang yang lebih baik. Kamu akan lebih bersemangat dalam menjalani hari. Otakmu juga tidak akan terbebani dengan hal negatif yang belum tentu akan terjadi.

Meningkatkan kesejahteraan emosional

Manfaat afirmasi positif yang terakhir adalah dapat meningkatkan kesejahteraan secara emosional. Pernyataan positif yang kamu berikan akan membuat kamu lebih stabil secara emosional. Kamu tidak akan mudah marah karena kamu telah mencapai ketenangan dalam hidup.

Hal ini juga berpengaruh terhadap relationship yang kamu bangun. Orang akan senang bertemu denganmu karena kamu adalah sosok yang tenang dan bijaksana.

Demikian manfaat afirmasi positif yang bisa kamu dapatkan. Jangan biarkan dirimu merasa kosong karena tidak pernah mendapat pernyataan positif dari diri kamu sendiri. (Ume/Djavatoday)

16 Kepribadian Manusia Sesuai MBTI, Cari Tahu Tipemu Yuk!

Kepribadian manusia sesuai MBTI bisa kamu tes melalui website resmi. Saat ini banyak situs yang menyediakan tes kepribadian MBTI secara gratis, loh. Namun pada...

5 Hal yang Harus disiapkan Sebelum Memasuki Dunia Kerja

Memasuki dunia kerja merupakan bagian dalam merasakan seberapa pahit dan manisnya lingkungan yang sedang digeluti. Memiliki karier yang melejit dan penghasilan yang subsisten tentunya...

5 Peralatan Dapur Multifungsi yang Harus Kamu Punya di Rumah

Peralatan dapur multifungsi ini dapat memudahkan kegiatan memasak bahkan mempersingkat waktu. Bagi sebagian orang, memasak bukan hanya kegiatan rumahan yang dilakukan untuk memenuhi kebutuhan...

5 Tips Mengubah Tampilan Dapur Menjadi Lebih Rapi dan Elegan

Mengubah tampilan dapur menjadi lebih bersih dan nyaman bukan hanya diperuntukkan kepada apartemen atau rumah dengan desain yang mewah. Dapur minimalis bahkan sempit pun...
Kartu Anggota Perpus
Kartu Anggota Perpus
Daftar Perpus 1
Daftar Perpus 2

Terpopuler

Lainnya