Kamis, April 18, 2024

Resep Kue Lapis Legit, Manis dan Lembut di Lidah

Resep kue lapis legit bisa menjadi salah satu camilan andalan kue tradisional, nih, Sobat Djava. Kue lapis legit memiliki rasa yang manis dan tekstur yang lembut. Kue ini menjadi salah satu camilan favorit orang Indonesia.

Konon kue ini berasal dari para kolonial Belanda yang membawa ke Indonesia. Kue ini selanjutnya dimodifikasi sesuai dengan selera masyarakat Indonesia dengan cara membuatnya dari bahan dan rempah nusantara seperti kayu manis, biji pala, dan cengkeh. Hingga saat ini kue lapis legit menjadi kue tradisional Indonesia yang masih populer.

Seperti namanya, kue ini berbentuk tumpukan lapisan yang tebal dan memiliki aroma rempah yang khas. Membuat kue lapis legit mungkin memerlukan tenaga yang lebih besar serta memakan waktu yang cukup lama. Namun, lelahmu dijamin akan terbayar dengan rasanya yang begitu menggugah selera.

Resep Kue Lapis Legit

Berikut resep kue lapis legit yang bisa kamu coba sendiri di rumah. Yuk simak dengan baik!

Bahan

Resep kue lapis legit yang pertama tentunya dengan menyiapkan bahan-bahannya. Kue lapis legit tergolong ke dalam camilan yang terbuat dari bahan-bahan sederhana dan mudah ditemukan. Kue ini menjadi salah satu camilan yang kaya akan rempah khas Indonesia. Berikut bahan untuk membuat kue lapis legit yang lezat.

  • 500 gram mentega
  • 250 gram gula pasir
  • 15 butir kuning telur
  • 5 butir putih telur
  • 200 gram tepung terigu protein rendah
  • 2 sdt kayu manis bubuk
  • 1 sdt cengkeh bubuk
  • ¼ sdt biji pala bubuk

Alat

Resep kue lapis legit tentunya juga harus didukung oleh alat-alat yang memadai. Berikut beberapa alat yang juga harus kamu siapkan untuk membuat kue lapis legit. Yuk catat.

  • Loyang persegi berukuran 20 × 20 cm
  • Kertas roti
  • Kompor
  • Oven

Cara membuat

Resep kue lapis legit berikutnya bisa kita lanjutkan pada tahap pembuatan. Agar kue lapis legitmu mendapatkan hasil yang sempurna, maka kamu perlu melakukan langkah demi langkahnya dengan benar. Yuk simak cara pembuatannya di bawah ini.

  1. Oles loyang dengan mentega dan alasi dengan kertas roti.
  2. Panaskan oven dengan suhu 150 derajat celsius.
  3. Kocok mentega hingga halus dan agak berbusa.
  4. Tambahkan gula pasir dan kocok kembali hingga rata.
  5. Masukkan satu per satu kuning telur sambil terus mengocok hingga adonan rata.
  6. Tambahkan tepung terigu rendah protein sedikit demi sedikit sambil terus mengaduk sampai rata.
  7. Tambahkan kayu manis, cengkeh, dan biji pala sambil terus aduk sampai adonan benar-benar rata.
  8. Dalam wadah lain, kocok putih telur sampai kaku. Kemudian masukkan putih telur tadi ke dalam adonan sebelumnya. Aduk terus sampai tercampur rata.
  9. Selanjutnya, tuang satu sendok sayur adonan ke dalam loyang.
  10. Ratakan adonan dan panggang selama 20-25 menit dalam suhu 150 derajat celsius.
  11. Angkat loyang dan diamkan selama beberapa menit.
  12. Olesi permukaan kue dengan adonan dan panggang kembali dalam oven selama 20-25 menit dalam suhu 150 derajat celsius.
  13. Ulangi sampai adonan habis dan membentuk lapisan kue yang tebal dan padat.

Demikianlah resep kue lapis legit yang bisa kamu coba di rumah. Sajikanlah dengan memotongnya sama ukuran secara rapi. Kue lapis siap memanjakan lidah anda. (Ume/Djavatoday)

Resep Topokki Korea, Bisa disesuaikan dengan Lidah Orang Indonesia

Resep topokki Korea memang tidak pernah ada habisnya. Hidangan yang satu ini merupakan salah satu makanan Korea yang paling terkenal. Apalagi untuk kalian para...

Dari Nastar Hingga Kue Salju, Ini Dia Macam-macam Kue Lebaran yang Paling Populer!

Macam-macam kue lebaran yang berjejer di atas meja memang sudah menjadi pemandangan khas hari raya yang tak boleh terlewati. Beragam jenis kue telah hadir...

3 Resep Olahan Alpukat, Bisa untuk Takjil Buka Puasa!

Resep olahan alpukat bisa menjadi alternatif pilihan untuk Anda yang sudah bingung ingin membuat takjil buka puasa. Alpukat merupakan buah yang kaya akan kandungan...

Rekomendasi Restoran BBQ AYCE Tasikmalaya yang Pas di Kantong

Hallo good people. Siapa nih yang belum pernah nyobain barbeque (BBQ) All You Can Eat (AYCE) ? ada nih restoran BBQ AYCE Tasikmalaya yang...

Terpopuler

Lainnya