Sabtu, Juni 22, 2024

Resep Cumi Balado, Menu Sederhana yang Menggugah Selera

Resep cumi balado bisa menjadi salah satu menu pilihan buat kamu yang bingung gimana mengolah cumi yang enak namun tetap praktis. Cumi balado merupakan hidangan khas Indonesia yang dikenal dengan cita rasanya yang pedas dan menggugah selera. Jadi, buat kamu yang gemar mengkonsumsi makanan pedas, jangan skip artikel ini ya.

Bumbu balado memang cocok dipadukan dengan berbagai jenis makanan, seperti telur, ayam, dan juga cumi. Rasa cumi yang gurih dan teksturnya yang kenyal dicampur dengan bumbu balado akan menciptakan cita rasa pedas, manis, dan gurih menjadi satu. Pokoknya menu yang satu ini dijamin bikin ketagihan, deh.

Resep Cumi Balado

Berikut resep cumi balado yang bisa kamu coba sendiri di rumah. Yuk catat dan perhatikan baik-baik.

Bahan

Resep cumi balado tentunya akan kita awali dengan menyiapkan bahannya. Untuk penggunaan cumi, kamu bisa menyesuaikannya dengan stok yang kamu punya. Kamu juga bebas menggunakan cumi segar ataupun cumi asin sesuai dengan seleramu. Sebab pada dasarnya keduanya pun sama-sama lezat disantap.

Berikut bahan-bahan untuk membuat cumi balado.

  1. Bahan utama

Bahan pertama yang harus kamu siapkan yaitu bahan untuk memasak cumi itu sendiri. Bahan yang diperlukan cukup mudah untuk kamu temukan. Harganya pun sangat terjangkau. Berikut ini daftar bahannya.

  • 250 gram cumi
  • 1 buah jeruk nipis
  • Minyak secukupnya
  • 100 ml air
  • 4 lembar daun jeruk yang sudah disobek-sobek
  • 1 buah sereh yang sudah digeprek
  • 1 jempol lengkuas yang sudah digeprek
  1. Bahan untuk bumbu halus

Resep cumi balado tentunya tidak akan lengkap tanpa bumbu baladonya. Bumbu ini sama seperti masakan bumbu balado pada umumnya. Berikut bahan untuk membuat bumbu balado.

  • 2 siung bawang putih
  • 5 siung bawang merah
  • 15 buah cabe keriting
  • 10 buah cabe rawit
  • Air secukupnya

Cara membuat cumi balado

Resep cumi balado dilanjutkan dengan tahap pembuatannya. Cumi balado ini sangat mudah dibuat, loh. Gak perlu lama-lama lagi, langsung aja yuk kita simak cara membuat cumi balado.

  1. Buang tulang bening yang ada di punggung cumi. Cuci bersih dan beri perasan jeruk nipis, remas-remas dan diamkan selama kurang lebih 15 menit. Bilas kembali cumi lalu sisihkan.
  2. Haluskan bahan bumbu halus. Kamu bisa menggunakan blender atau menguleknya secara manual, sesuaikan dengan selera kamu. 
  3. Panaskan minyak di atas wajan kemudian masukkan bumbu halus, sereh, daun jeruk dan lengkuas, tumis hingga matang dan berbau harum. Setelah itu masukkan garam, kaldu bubuk, gula, dan lada. Aduklah hingga semua bahan tercampur rata.
  4. Masukkan air dan aduk rata. Masaklah hingga mendidih.
  5. Setelah itu, masukkan cumi dan aduk kembali hingga rata. Masak sampai benar-benar matang.
  6. Cumi balado siap disajikan.

Itulah resep cumi balado yang sederhana. Meski caranya sederhana, rasanya bisa menggugah selera. (Ume/Djavatoday)

Cara Mengolah Daging Kambing Supaya Empuk dan Tidak Bau

Mengolah daging kambing harus dilakukan dengan benar supaya tidak alot dan bau perengusnya hilang. Daging kambing merupakan sumber protein hewani yang rendah lemak, juga...

6 Ide Menu Bakaran untuk disantap Bareng Keluarga

Ide menu bakaran ini cocok banget buat menemani momen kebersamaan kamu bareng keluarga. Biasanya, acara barbeque diadakan saat pergantian tahun atau hari raya. Tapi...

Tips Mengolah Daging Kambing agar Empuk dan Tidak Keras

Mengolah daging kambing gak bisa sembarangan, loh. Jika salah dalam mengolahnya maka akan berakibat daging menjadi keras dan masih bau. Maka dari itu kamu...

Inspirasi Menu Daging Sapi Kekinian untuk Idul Adha

Inspirasi menu daging sapi ini bisa menjadi referensi bagi Sobat Djava yang akan mengolah pemberian daging kurban.
Kartu Anggota Perpus
Kartu Anggota Perpus
Daftar Perpus 1
Daftar Perpus 2

Terpopuler

Lainnya