Minggu, April 14, 2024
namakamu.com
namakamu.com
namakamu banner id
namakamu banner id

Resep Bubur Kacang Hijau, Camilan Ringan yang Praktis Banget

namakamu.com
namakamu.com
namakamu banner id
namakamu banner id

Resep bubur kacang hijau bisa kamu jadikan sebagai menu andalan untuk disantap kapan pun. Hidangan yang satu ini bisa kamu buat dengan waktu yang lumayan singkat, loh. Cara membuatnya pun tergolong mudah sehingga kamu bisa mencobanya sendiri di rumah.

Seperti namanya, bubur kacang hijau berbahan dasar kacang hijau yang diolah dengan santan, gula, pandan, dan bahan lainnya. Meski bentuknya kecil, kacang hijau mengandung nutrisi yang baik bagi tubuh, loh. Kandungan-kandungan tersebut di antaranya yaitu kalori, protein, lemak, karbohidrat, kalsium, fosfor, zat besi, vitamin A, vitamin B, vitamin C, dan air.

Nah, kacang hijau ini memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Beberapa di antaranya yaitu sumber protein, kaya serat, dapat meningkatkan daya tahan tubuh, menjaga kesehata jantung, mengontrol gula darah, dan masih banyak lagi.

Salah satu cara mengolah bahan yang satu ini adalah dengan menjadikannya sebagai bubur. Bubur kacang hijau memiliki rasa yang manis dan gurih. Sebenarnya ada banyak warung bubur kacang hijau yang bisa kamu temukan. Namun, hasil buatan sendiri pasti akan lebih enak.

Resep Bubur Kacang Hijau

Berikut resep bubur kacang hijau yang simpel dan praktis.

Bahan

Resep bubur kacang hijau yang pertama tentunya dimulai dengan menyiapkan bahan terlebih dahulu. Bahan pembuat hidangan yang satu ini tidak begitu banyak variasi, loh. Harganya pun sangat terjangkau dan mudah ditemukan. Berikut bahan-bahan untuk membuat bubur kacang hijau.

  • 100 gram kacang hijau
  • 65 ml santan instan
  • 1 lembar daun pandan
  • Gula pasir secukupnya
  • Garam secukupnya
  • Jahe (optional)
  • 650 ml air

Cara membuat:

Resep bubur kacang hijau kemudian bisa kita lanjutkan ke tahap pembuatan. Perhatikan langkah demi langkahnya, ya, agar bubur kacang hijaumu dapat berhasil dibuat dengan sempurna. Berikut cara membuat bubur kacang hijau rumahan.

  1. Rendam kacang hijau selama 1 jam.
  2. Tiriskan kacang hijau.
  3. Didihkan air dalam panci kemudian masukkan kacang hijau yang tadi sudah direndam.
  4. Masukkan daun pandan dan jahe. Penggunaan jahe untuk membuat bubur kacang hijau bertujuan untuk menambah cita rasa yang lebih hangat. Jika kamu tidak suka jahe maka kamu boleh tidak menggunakannya.
  5. Masak bahan di atas selama 5 menit.
  6. Tutup panci dan matikan api. Diamkan selama 30 menit.
  7. Nyalakan kembali api. Masukkan santan instan dan gula pasir ke dalamnya.
  8. Masak selama 10 menit sambil terus diaduk sampai rata. Cek rasa sesuai seleramu.
  9. Jika sudah sesuai, matikan kompor. Bubur kacang hijau siap disantap.

Resep bubur kacang hijau di atas bisa juga kamu tambahkan dengan roti tawar atau ketan hitam sebagai pendamping. Gimana nih, Sobat Djava, pasti udah gak sabar kan nyobain resepnya? Semoga resep di atas membantumu, ya. (Ume/Djavatoday)

Dari Nastar Hingga Kue Salju, Ini Dia Macam-macam Kue Lebaran yang Paling Populer!

Macam-macam kue lebaran yang berjejer di atas meja memang sudah menjadi pemandangan khas hari raya yang tak boleh terlewati. Beragam jenis kue telah hadir...

3 Resep Olahan Alpukat, Bisa untuk Takjil Buka Puasa!

Resep olahan alpukat bisa menjadi alternatif pilihan untuk Anda yang sudah bingung ingin membuat takjil buka puasa. Alpukat merupakan buah yang kaya akan kandungan...

Rekomendasi Restoran BBQ AYCE Tasikmalaya yang Pas di Kantong

Hallo good people. Siapa nih yang belum pernah nyobain barbeque (BBQ) All You Can Eat (AYCE) ? ada nih restoran BBQ AYCE Tasikmalaya yang...

Cara Simpel Membuat Dimsum Ayam yang Lezat dan Gurih

Membuat dimsum ayam adalah ide cemerlang untuk moms yang lagi kepingin camilan mengenyangkan tapi tetap irit pengeluaran. Harga dimsum yang dijual matang memang sedikit...

Terpopuler

Lainnya