Minggu, Juli 14, 2024

Makanan Korea untuk Mukbang yang Cocok Bagi Orang Indonesia

Makanan Korea untuk Mukbang yang cocok bagi orang Indonesia cukup banyak. Tapi apa itu mukbang?

Kini banyak kanal youtube yang  membuat konten mukbang. Tapi tidak sedikit juga yang tidak mengetahui mukbang.

Mukbang, Moekbang atau Mokbang merupakan  video pemandu acara memakan dalam jumlah besar. Mukbang populer di Korea Selatan sekitar tahun 2010an. Sampai  saat ini banyak  kanal di Indonesia yang membuat video mukbang.

Di Indonesia pun banyak daftar makanan yang dapat dijadikan kontent mukbang. Antara lain, mie instan, fried chicken, bakso, gudeg, dan nasi goreng.

Daftar Makanan Korea untuk Mukbang

Bibimbap

Bibimbap merupakan makanan khas Korea berupa nasi putih dengan lauk berupa sayuran, telur, daging sapi, dan saus gochujang.

Makanan Korea ini bergizi dan sangat mudah dibuat. Selain dijadikan mukbang, bibimbap bisa sebagai makanan rumahan biasa.

Konon bibimbap ini wajib memiliki lima dasar warna. Pertama, jamur warna gelap. Warna orange dari cabai dan wortel. Warna hijau sayuran. Warna putih nasi dan kuning telur.

Jjapaghetti

Jjapaghetti adalah jjajangmyeon versi ramyun. Cara memasaknya pun cukup mudah sama dengan memasak mie instan dan bukan hal yang aneh lagi.

Jjapaghetti masuk dalam salah satu daftar makanan Korea untuk mukbang. Banyak orang yang tertarik kepada makanan ini.

Jjapaghetti ini memiliki sedikit kuah kental dan rasa pedas. Cocok untuk orang Indonesia yang menyukai pedas. Ramyun ini bisa dibeli di supermarket dan toko online.

Yukhoe

Yukhoe adalah makanan khas Korea Selatan. Berbahan dasar daging sapi yang di cincang. Kecap asin, gula pasir, wijen, merica, sari buah danbawang putih giling.

Sajian Yukhoe biasanya dengan kuning telur ayam mentah sebagai topingnya. Lebih nikmat jika ditambah saus gochujang. Yukhoe hampir sama dengan steak tartae khas Prancis tapi berbeda bumbunya.

Di Indonesia makanan mentah adalah hal tabu. Namun makanan ini bisa jadi mukbang Korea.

Samgyeopsal

Samgyeopsal adalah daging perut babi yang dipanggang. Biasanya dimasak pada meja dengan pemanggang kecil. Tanpa bumbu apapun, setelah matang langsung dicelupkan ke saus pedas.

Meski di Indonesia orang tidak memakan daging babi, tapi samgyeopsal ini cukup terkenal. Bahkan Korea Selatan mengimpor daging babi. Bagian perut daging babi ini paling mahal. Samgyeopsal sendiri berarti “tiga lapis daging”. Bagian daging itu terlihat berlapis tiga.

Yangnyeom

Makanan Mukbang Korean  lainnya adalah yangnyeom. Ayam goreng Korea dengan cita rasa pedas, manis, kriuk dan gurih. Yangnyeom sering terlihat pada kanal youtube mukbang.

Saus yangnyeom buatan sendiri karena tidak sulit membuatnya. Hanya perlu menyiapkan bahan. Seperti bawang putih cingcang, saus ghocujang, saus tomat, rice sirup, dan wijen.  Lalu tumis menjadi satu dan tuangkan di atas ayam goreng yangnyeom.

Nah itu daftar makanan Korea untuk Mukbang yang cocok untuk orang Indonesia. Meskipun berbeda rasa namun makanan itu tentunya dapat dinikmati. (Pas/Djavatoday)

Rumah Makan Khas Sunda di Bandung yang Recommended!

Rumah makan khas Sunda merupakan sebuah restoran atau kedai sederhana yang menawarkan ragam menu khas Sunda.

Resep Tahu Jeletot Isi Ayam, Pedasnya Bikin Ketagihan!

Resep tahu jeletot wajib banget kamu cobain nih. Terutama bagi kamu si pencinta makanan pedas. Tahu jeletot merupakan camilan yang terbuat dari tahu kulit...

Resep Onigiri Ala Jepang, Cocok untuk Bekal Makan Siang

Resep onigiri ala Jepang bisa kamu coba di rumah untuk bekal makan ke sekolah ataupun ke kantor. Berbeda dengan sushi yang dibuat dari nasi...

Resep Coklat Truffle Hanya dengan Dua Bahan Utama

Resep coklat truffle emang cocok banget buat kamu jadiin menu camilan sehari-hari. Selain cocok buat camilan peneman santaimu, coklat truffle juga bisa dijadikan sebagai...
Kartu Anggota Perpus
Kartu Anggota Perpus
Daftar Perpus 1
Daftar Perpus 2

Terpopuler

Lainnya