Senin, Juni 24, 2024

Makanan Khas Ciamis yang Cocok Untuk Oleh-oleh

Hallo good people, jika berkunjung ke suatu tempat apa sih yang kalian cari? Tentu saja selain wisata, kuliner menjadi hal yang wajib bagi kita coba. Jika kalian berkunjung ke Ciamis, Jawa Barat, jangan lewatkan beberapa kuliner ini yang cocok untuk oleh-oleh. Ada beberapa makanan khas Ciamis yang patut kalian coba.

Galendo

Bagi warga Ciamis dan sekitarnya tentu makanan yang satu ini tidak asing lagi. Makanan dengan cita rasa manis ini menjadi ikon kota Ciamis.

Cara pembuatan galendo dapat dibilang cukup lama terhitung berjam-jam bahkan dapat sampai satu hari. Galendo ini didapat dari ampas minyak kelapa atau minyak kletik. Dulu galendo hanya ada rasa original namun sekarang sudah tersedia berbagai rasa. Makanan khas Ciamis ini bisa didapat di toko oleh – oleh Saung galendo yang berada di Pamalayan, Kecamatan Ciamis.

Sale pisang

Makanan olahan pisang yang satu ini tidak lepas dari Kabupaten Ciamis. Sale pisang menjadi makanan khas Ciamis, harga yang murah serta rasa yang tentu enak.

Makanan ini diolah dengan cara mengiris buah pisang terlebih dahulu kemudian dijemur. Setelah kering pisang ini dicelupkan kedalam tepung yang sudah diberi bumbu. Kemudian langsung di goreng dengan minyak panas.

Sale pisang ini dapat kita temukan dibeberapa toko yang menjual makanan khas Ciamis. Harganya pun tidak mahal mulai dari Rp. 11 ribu. Harga sale pisang ini tergantung dengan jenis pisang apa dan berapa kilo yang kita inginkan.

Makanan Khas Ciamis dengan Cita Rasa Gurih

Colok Gembrung

Setelah dua makanan manis kita beralih ke makanan yang gurih. Colok gembrung merupakan makanan yang mudah kita temui ketika berada di Ciamis.

Colok gembrung terbuat dari kulit sapi yang ditusuk seperti sate lalu diberi bumbu. Harga satu bungkus colok gembrung mulai dari Rp. 5 ribu. Makanan khas Ciamis yang satu ini dapat kita temui di pasar atau ketika hari minggu di BMX Venue Ciamis.

Dendeng sapi

Dendeng sapi terbuat dari olahan daging sapi yang diiris kemudian dibumbui dan dijemur. Makanan yang satu ini memiliki  rasa yang khas karena memakai ketumbar sebagai bumbunya. Serta dibumbui dengan saus asam, manis atau asin. Sehingga rasanya menjadi daging asin setengah manis.

Dendeng sapi ini makanan yang cocok disajikan dengan nasi. Sebelum dikonsumsi dendeng sapi ini ada baiknya digoreng terlebih dahulu.

Dendeng sapi ini dapat kita temui disalah satu toko yang menjual makanan khas Ciamis atau oleh-oleh. Ada beberapa toko yang dapat kita kunjungi. Dendeng sapi yang terkenal adalah dendeng sapi cap “Rajawali” yang berada di jalan Rancapetir Nomor 27, Kecamatan Ciamis.

Abon sapi

Sama seperti dendeng sapi, abon juga merupakan makanan dengan bahan utama daging sapi. Abon sapi diolah dari daging sapi yang disuir kecil dan diberi bumbu.

Kuliner khas Ciamis ini dapat disajikan dengan nasi. Harga perkilo abon sapi ini cukup mahal. Namun kita bisa membeli dengan ukuran ons, satu ons biasanya dijual Rp 30 ribu.

Nah itu dia beberapa makanan khas Ciamis yang wajib kalian coba. Ketika kalian berkunjung ke Ciamis jangan lupa membeli salah satu makanan diatas sebagai buah tangan. Jangan lupa berdo’a ketika akan makan ya. (Pas/Djavatoday)

Cara Membuat Batagor Khas Bandung yang Enak dan Praktis

Batagor adalah salah satu kuliner lezat yang sudah dikenal hampir di seluruh wilayah Indonesia. Batagor atau bakso tahu goreng merupakan jajanan khas Bandung yang...

Cara Mengolah Daging Kambing Supaya Empuk dan Tidak Bau

Mengolah daging kambing harus dilakukan dengan benar supaya tidak alot dan bau perengusnya hilang. Daging kambing merupakan sumber protein hewani yang rendah lemak, juga...

6 Ide Menu Bakaran untuk disantap Bareng Keluarga

Ide menu bakaran ini cocok banget buat menemani momen kebersamaan kamu bareng keluarga. Biasanya, acara barbeque diadakan saat pergantian tahun atau hari raya. Tapi...

Tips Mengolah Daging Kambing agar Empuk dan Tidak Keras

Mengolah daging kambing gak bisa sembarangan, loh. Jika salah dalam mengolahnya maka akan berakibat daging menjadi keras dan masih bau. Maka dari itu kamu...
Kartu Anggota Perpus
Kartu Anggota Perpus
Daftar Perpus 1
Daftar Perpus 2

Terpopuler

Lainnya