Iklan bjb djavatoday
Jumat, Desember 3, 2021
spot_imgspot_img

Kuliner Legendaris Cianjur, Lima Kelezatan Otentiknya Bikin Nostalgia

Kuliner legendaris Cianjur selalu menjadi tempat tujuan saat pulang kampung. Kelezatannya telah menemani banyak generasi, bahkan ada yang sudah berdiri sejak tahun 1922. Kekhasan rasanya yang tak pudar menjadi hal yang paling dirindukan para warga dan perantau asal Cianjur. Cita rasa kulinernya sudah tersohor dan selalu di hati hingga saat ini ,lho!

5 Kuliner Legendaris Cianjur

Makanan masa kini memang banyak dan beragam. Namun, makanan legendaris selalu membuat rindu, katanya bikin nostalgia. Penasaran apa saja  kuliner legendaris Cianjur? Simak daftarnya berikut ini Sobat Djava.

Tan Keng Cu

Baca juga:

Jika mendengar nama Tan Keng Cu, warga Cianjur pasti langsung teringat akan kelezatan legenda roti manisnya. Tempat kuliner ini menjadi kuliner legendaris Cianjur yang telah berdiri selama sekitar 79 tahun! Dahulu, roti manis ini berbentuk bantalan bulat menonjol ini menjadi santapan para tentara kolonial.

Kini, roti manis Tan Keng Cu menjadi santapan favorit warga Cianjur dan sekitarnya. Kamu bisa menyantap roti andalan ini mulai dari Rp3.500 saja. Lokasinya berada di Jl. HOS Cokroaminoto no. 95, Muka, Kec. Cianjur, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat 43215. 

Geco Nusasari Pak Iding

Kuliner legendaris Cianjur yang selanjutnya adalah Geco Nusasari Pak Iding. Geco merupakan singkatan dari tauge dan tauco yang menjadi bahan dari hidangan ini. Ada pula bahan lainnya seperti tahu, irisan ketupat, telur rebus, kentang goreng, dan mie sagu kuning. Kuliner legendaris ini telah berdiri sejak tahun 40an, lho! Bumbu tauco yang menyiram semua bahan begitu nikmat, apalagi ditambah cuka lahang.

Kelezatannya begitu otentik dengan cita rasa manis, asam, gurih, pedas, dan segar. Kamu bisa menikmatinya dengan harga Rp10.000an saja. Lokasinya berada di Jl. Siti Jenab no. 24, Pamoyanan, Kec. Cianjur, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat 43211. Lokasinya dekat dengan Masjid Agung Cianjur, tempatnya berukuran 3×3 meter ditambah tenda dengan gerobak khasnya berwarna biru.

Sate Maranggi Sari Asih

Sate maranggi yang satu ini termasuk kuliner legendaris Cianjur yang harus kamu coba juga nih, Sobat Djava. Kenikmatan satenya begitu meresap karena dimarinasi dengan rempah yang gak pelit. Dagingnya pun juicy, yang tak kalah nikmat adalah ketan serta sambal oncom sebagai cocolannya. Lokasinya berada di Jl. Raya Pacet, Cipendawa, Kec. Pacet, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat 43253.

Ikan Bakar Cianjur (IBC)

Bukan restoran biasa, tempat makan legendaris ini telah mengepakkan sayapnya hingga ke 12 kota di Jawa-Bali. Berdiri sejak tahun 1989, restoran ini memiliki reputasi yang tak usah diragukan lagi. Kamu akan menemukan berbagai menu andalan seperti gurame pesmol, gurame bakar, nasi uduk, rujak cingur, nila bakar, dan lainnya. Lokasi restoran otentiknya berada di Jl. Dr. Muwardi No.141, Bojongherang, Kec. Cianjur, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat 43216.

Bubur Ayam Sampurna

Kuliner legendaris Cianjur yang satu ini menjadi salah satu icon bubur ayam terbaik di Cianjur nih. Bubur Ayam Sampurna sudah memikat hati para pelanggan sejak tahun 1975. Lokasinya tepat di Jl. H. Agus Saleh No.48, Solokpandan, Kec. Cianjur, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat 43211. Bubur ayam legendaris ini menyajikan bubur gurih tanpa kuah dari pukul 06.30 hingga 22.30.

Nah, itulah beberapa kuliner legendaris Cianjur yang otentik dan kaya akan cita rasa. Bagi kamu yang mengunjungi Cianjur untuk berwisata atau bersilaturahmi dengan saudara, harus banget nyoba! (Rismawati/Djavatoday)

ARTIKEL TERKAIT

BERITA TERBARU