Selasa, Mei 21, 2024

Cara Simpel Membuat Dimsum Ayam yang Lezat dan Gurih

Membuat dimsum ayam adalah ide cemerlang untuk moms yang lagi kepingin camilan mengenyangkan tapi tetap irit pengeluaran. Harga dimsum yang dijual matang memang sedikit mahal sebab bahan pembuatannya memiliki kandungan nutrisi yang tinggi, seperti ayam, udang, dan telur. Maka tak heran jika harga jual dimsum di luar sana cenderung lebih tinggi dibandingkan camilan-camilan lain.

Membuat dimsum ayam sendiri di rumah bisa lebih hemat dan higienis. Camilan yang populer di Indonesia ini berasal dari China, memiliki tekstur empuk dan rasa yang gurih. Dimsum bisa dinikmati berbagai kalangan sebab bukan hanya rasanya saja yang lezat, dimsum juga termasuk camilan menyehatkan karena diolah dengan cara dikukus dan mengandung banyak protein yang baik untuk tubuh. Mempunyai ciri khas di mana adonannya dibungkus kulit dimsum yang tipis serta memiliki variasi sambal cocol. Kamu bisa menikmatinya dengan saus mentai, chili oil, atau saus sambal.

Membuat Dimsum Ayam yang Lezat dan Gurih, Ini Dia Step Pembuatannya! 

Saatnya berkreasi di dapur dengan mencoba resep dimsum ayam yang dijamin bikin kenyang! Berikut merupakan bahan-bahan dan cara membuatnya.

Bahan dimsum:

400 gram daging ayam yang sudah dihaluskan

100 gram udang yang sudah dicincang kasar (opsional)

150 gram tepung tapioka

1 butir telur

2 batang daun bawang yang sudah diiris tipis

1 buah wortel yang sudah diparut

1 sendok teh garam

1 sendok teh gula pasir

½ sendok makan kaldu ayam bubuk

Air secukupnya

Kulit dimsum secukupnya

Bahan membuat saus:

1 siung bawang merah

2 siung bawang putih

2 buah cabai merah

3 buah cabai rawit

2 sendok makan saus sambal

2 sendok makan saus tomat

½ sendok teh garam

½ sendok makan gula pasir

1 sdt tepung maizena yang sudah dilarutkan dengan 1 sdm air

Minyak secukupnya

Air secukupnya

Cara membuat:

Siapkan mangkuk berukuran besar, masukkan daging ayam, udang, parutan wortel (cukup setengah saja, sisakan untuk hiasan), irisan daun bawang, telur, tepung terigu, garam, gula pasir, kaldu ayam bubuk, tambahkan air, kemudian aduk hingga semua bahan tercampur merata.

Ambil satu kulit pangsit, lalu isi dengan satu sendok makan adonan yang sudah dibuat tadi.

Bentuk kulit dimsum menyerupai bunga dengan mencubitnya menggunakan ibu jari dan telunjuk. Jika sudah dibentuk, tambahkan sedikit parutan wortel di atasnya. Lakukan hingga adonan habis.

Panaskan kukusan, masukkan dimsum dan kukus selama 20 menit.

Setelah matang, kamu bisa mengeluarkannya dari kukusan dan menyajikannya di atas piring.

Untuk membuat sausnya, chopper halus 1 siung bawang putih, 2 siung bawang merah, 2 buah cabai merah, dan 3 buah cabai rawit.

Panaskan minyak, kemudian tumis bumbu yang sudah dihaluskan tadi hingga harum dan terlihat kering.

Masukkan air, saus sambal dan saus tomat masing-masing 2 sendok makan. Tambahkan ½ sendok teh garam, ½ sendok makan gula pasir, aduk hingga rata.

Masukkan larutan maizena, lalu diaduk-aduk hingga mengental.

Angkat dan pindahkan ke mangkuk kecil. Sajikan bersama dimsum.

Membuat dimsum ayam ternyata simpel banget kan, moms? Step-step pembuatannya gampang ditiru, bahan-bahan yang digunakan pun mudah didapatkan di pasaran. Harganya murah! Tapi soal rasa? Pasti nggak murahan! (Karin/Djavatoday)

5 Kombinasi Makanan Sehat untuk Menemani Hari-harimu

Kombinasi makanan sehat ini dapat memberikan kandungan nutrisi yang lebih maksimal, sehingga direkomendasikan untuk dikonsumsi secara bersamaan. Perpaduan makanan yang menyehatkan ini bisa menjadi...

Resep Olahan Bakso untuk Lauk di Rumah, Bikin Nafsu Makan Bertambah

Resep olahan bakso ini kerap menjadi kreasi para Ibu di rumah. Kalau bicara mengenai bakso, macam-macam ide masakan seketika muncul di pikiran. Sebab bola...

5 Rekomendasi Kafe Bertema Buku, Bookworm Mari Kumpul!

Rekomendasi kafe bertema buku bisa menjadi referensi untuk kamu para pecinta buku yang ingin mencari suasana baru. Nongkrong ternyata tak harus ngopi-ngopi saja sambil...

Resep Wonton Chili Oil, Pedasnya Bikin Nagih! 

Wonton chili oil merupakan salah satu varian makanan khas Tionghoa yang namanya sudah melejit di seluruh dunia. Wonton dikenal sebagai daging yang dicincang halus,...
Kartu Anggota Perpus
Kartu Anggota Perpus
Daftar Perpus 1
Daftar Perpus 2

Terpopuler

Lainnya