Minggu, Juli 14, 2024

Tips Meredam Rasa Marah, Kendalikan Emosi dengan Lebih Bijak

Tips meredam rasa marah kali ini akan membantu kamu mengendalikan emosi dengan baik. Sebagai manusia, rasa marah memang wajar datang. Namun ada kalanya kamu harus bisa mengontrolnya.

Rasa marah yang gagal dikendalikan dengan baik akan menimbulkan tindakan-tindakan tak baik. Misalnya, menyalahkan orang lain, membentak orang lain, dan hal buruk lainnya. Tentunya hal-hal tersebut tidak ingin kamu rasakan bukan?

Rasa marah adalah salah satu emosi yang kerap dialami oleeh manusia. Pada dasarnya hal ini adalah wajar karena dapat membuatmu mengeluarkan kekesalan. Sayangnya terkadang kita berada di situasi yang mengharuskan tetap tenang meski sedang merasa kesal.

Kemarahan yang Sobat Djava alami ini bisa diatasi dengan beberapa cara. Pastinya cara-cara ini berdampak positif, ya.

Tips Meredam Rasa Marah

Berikut beberapa tips meredam rasa marah dengan baik tanpa merugikan siapapun.

Ambil napas

Tips meredam rasa marah yang pertama yaitu dengan mengambil napas dalam-dalam kemudian menghembuskannya secara perlahan. Ambilah napas melalui hidung dan hembuskan perlahan melalui mulut.

Ketika kita marah, napas biasanya akan lebih dangkal dan lebih cepat. Dengan mengambil napas dan menghembuskannya perlahan kamu akan membuat pernapasanmu kembali normal. Lakukanlah hal ini sampai kamu merasa lebih tenang.

Berhitung mundur

Masa sih hanya dengan menghitung mundur kita bisa meredakan rasa marah? Eits, jangan salah! Menghitung mundur dari 10 sampai 1 ternyata memang bisa meredakan amarah yang sedang memuncak, loh.

Waktu yang dibutuhkan kamu untuk menghitung ini dapat membuat detak jantung yang semua berdetak kencang menjadi lebih tenang. Perlakuan ini akan membuat rasa marah dapat menurun.

Ucapkan kata penenang

Tips meredam rasa marah yang berikutnya yaitu dengan memberikan kata penenang pada diri sendiri. Kamu bisa menanamkan pada benakmu bahwa ‘semua ini akan baik-baik saja’ atau ‘ini semua pasti akan berlalu.’

Meski terlihat sederhana, kata penenang ini ampuh membuatmu merasa lebih baik. Ulangi kata-kata tersebut sampai pikiranmu menjadi lebih positif.

Berhenti bicara

Ketika marah seseorang cenderung lebih mudah melontarkan kata-kata yang kasar. Hal ini bisa membuat orang lain merasa sakit hati dan berdampak buruk pada dirimu sendiri. Oleh karena itu, untuk menghindarinya kamu bisa berdiam sejenak.

Berhentilah berbicara sebelum kamu mengeluarkan kata-kata yang tidak enak didengar. Pada saat berhenti bicara kamu bisa mengatur kembali emosi dengan mengumpulkan energi positif agar pikiran menjadi lebih tenang.

Istirahat sejenak

Tips meredam rasa marah yang terakhir yaitu dengan beristirahat. Jika dengan berhenti bicara kamu merasa belum cukup juga maka ambilah waktu untuk beristirahat sejenak.

Kamu bisa menjauh dari orang-orang selama beberapa waktu. Duduklah dengan rileks dan netralkan emosimu.

Tips meredam rasa marah di atas sangat mudah dilakukan. Kamu bisa menerapkannya di mana pun kamu berada. Mulai sekarang yuk kita lebih bijak lagi saat menghadapi perasaan marah. (Ume/Djavatoday)

5 Buah Tinggi Protein, Bisa Jadi Camilan untuk Diet!

buah tinggi protein bermanfaat untuk kesehatan, terutama bagi kamu yang sedang melakukan program penurunan berat badan.

Efek Samping Minum Teh Campur Susu yang Dapat Membahayakan Kesehatan

Minum teh campur susu sudah menjadi rutinitas, khususnya bagi para remaja yang memang suka menemani aktivitasnya dengan secangkir teh susu yang nikmat. Namun kenyataannya,...

5 Cara Mengatasi Mata Sembab secara Efektif

Mengatasi mata sembab dapat dilakukan dengan berbagai cara. Seperti mengompresnya, hingga memanfaatkan bahan dapur yang ada. Supaya rasa percaya diri kamu tidak berkurang, apalagi...

Tanaman Pembersih Udara, Nomor 4 Paling Aesthetic!

Tanaman pembersih udara bisa menjadi solusi bagi kamu yang cemas akan kesehatan tubuh, terutama paru-paru. Kualitas udara di setiap tempat tentu tidak sama dan...
Kartu Anggota Perpus
Kartu Anggota Perpus
Daftar Perpus 1
Daftar Perpus 2

Terpopuler

Lainnya