spot_img
Senin, Oktober 3, 2022
spot_img

Tips Memilih Hewan Kurban saat Merebaknya Wabah PMK

Tips memilih hewan kurban sebenarnya sederhana, cukup pastikan sehat dan sesuai dengan syariat. Namun, di masa wabah PMK (Penyakit Mulut dan Kuku) ini, memilih hewan untuk kurban menjadi tak sesederhana itu. Wabah PMK yang banyak menyerang kambing, sapi, hingga kerbau ini telah membuat masyarakat resah. Masyarakat khawatir hewan-hewan tersebut tak layak dan sah untuk kurban.

Meskipun Majelis Ulama Indonesia telah mengeluarkan fatwa tentang hukum dan panduan pelaksanaan kurban saat PMK, tak lantas membuat masyarakat tenang. Masih banyak masyarakat yang bingung dalam memilih kambing atau pun sapi untuk kurban nanti.

6 Tips Memilih Hewan Kurban saat PMK

Namun, jangan khawatir karena kami memiliki beberapa tips memilih hewan kurban. Simak artikel ini selengkapnya!

Ketahui Kriteria Hewan yang Sah Menurut MUI

MUI telah mengeluarkan Fatwa MUI Nomor 32 Tahun 2022 tentang Hukum dan Panduan Pelaksanaan Ibadan Kurban saat Wabah PMK. Ada beberapa kriteria hewan yang sah dan boleh untuk Anda sembelih saat PMK menurut MUI. Pertama, hewan yang memiliki gejala PMK ringan seperti celah kuku yang melepuh, lesu, hingga tak nafsu makan. Hewan dengan kategori ini hukumnya sah untuk kurban.

Kedua, jika hewan terkena PMK dengan gejala berat seperti kuku terlepas, pincang, hingga kurus maka hukumnya tidak sah untuk kurban. Jika hewan terkena PMK dengan gejala berat saat 10-13 Dzulhijjah maka hukumnya sah. Jika hewan terkena PMK gejala berat dan sembuh setelah tanggal 10-13 Dzulhijjah masuk kategori sedekah, bukan kurban. Mengetahui kriteria hewan yang sah untuk kurban ini menjadi tips memilih hewan kurban yang paling penting.

Hal tersebut akan bermanfaat saat Anda membeli hewan untuk kurban. Anda akan bisa membedakan mana hewan yang masih sah dan tidak untuk kurban dari fisiknya.

Periksa Kesehatan Hewan

Tips memilih hewan kurban yang berikutnya adalah dengan memeriksa dan memastikan kesehatan hewan sebelum membelinya. Caranya cukup mudah, Anda bisa mengamati fisiknya secara langsung dengan memfokuskan beberapa titik. Seperti intensitas air liur hewan, kondisi mulutnya, dan kaki atau kuku hewan.

4 Tanda Tubuh Kekurangan Gizi, Segera Tangani!

Tanda tubuh kekurangan gizi memang sudah seharusnya menjadi perhatian bagi kita semua. Pasalnya, malnutrisi atau gangguan gizi bisa terjadi pada siapa saja tanpa memandang...

Cara Menghilangkan Nyeri Haid, Perempuan Wajib Tahu!

Cara menghilangkan nyeri haid ada beragam, mulai dari kompres perut dengan air hangat, olahraga ringan, hingga minum obat. Sakit saat haid atau dalam dunia...

Viral di Tiktok PSK Positif HIV/AIDS Tetap Layani Pelanggan

Viral di Tiktok seorang dokter membagikan pengalamannya saat menjadi petugas skrining pada Pekerja Seks Komersial (PSK) yang positif mengidap HIV/AIDS. Dokter wanita dalam video itu...

5 Fenomena Aneh Otak yang Sering Manusia Alami

Fenomena aneh otak adalah hal-hal yang terjadi pada otak manusia dan kadang bikin efek membingungkan. Meski terbilang aneh, rupanya beberapa kejadian berikut memang umum...
- Advertisment -Advertisment

Terpopuler

Lainnya