Sabtu, Februari 24, 2024
namakamu.com
namakamu.com
namakamu banner id
namakamu banner id

Persiapan Sebelum Vaksinasi di Bulan Ramadhan

namakamu.com
namakamu.com
namakamu banner id
namakamu banner id

Program vaksinasi Covid-19 saat ini masih berlangsung untuk seluruh masyarakat Indonesia. Namun kebetulan saat ini bersamaan dengan adanya vaksinasi, masyarakat Indonesia sedang menjalankan ibadah puasa Ramadhan. Lalu apa saja persiapan sebelum vaksinasi yang bisa kita lakukan saat sedang berpuasa?  Berikut ulasannya.

Baca juga : Tips Menjaga Imunitas Tubuh Saat Puasa di Tengah Pandemi Covid-19

Tidur berkualitas

Persiapan pertama yang perlu dilakukan sebelum vaksinasi adalah tidur yang cukup dan berkualitas. Saat bulan Ramadhan, pola hidup umat muslim akan berbeda dengan bulan lainnya. Mereka akan melakukan aktivitas seperti ibadah di malam hari dan diharuskan bangun lebih pagi untuk menyiapkan menu sahur sehingga waktu istirahat menjadi lebih pendek.

Untuk itu, agar menjaga kondisi badan agar tetap sehat dan bugar selama puasa, maka usahakan untuk tidur yang cukup sebelum mendapat vaksinasi. Selain itu kita juga dianjurkan untuk memiliki kualitas tidur atau istirahat yang baik.

Tidak banyak berpikir keras

Pandemi Covid-19 yang terjadi di Indonesia telah menimbulkan banyak ketakutan dan kebingungan serta mengharuskan kita beradaptasi dengan keadaan yang mungkin sangat membuat kita tertekan.

Oleh karena itu, kamu tidak boleh terlalu berpikir keras mengenai efek samping vaksin Covid-19 ataupun hal yang lainnya. Sebab keadaan seperti itu, akan mudah memicu stress dan berdampak buruk bagi kondisi dan juga kesehatan tubuh.

Mengonsumsi makanan dengan gizi seimbang

Perhatikan asupan makanan saat berbuka ataupun saat makan sahur. Sebelum melakukan vaksinasi, usahakan agar kita mengonsumsi terlebih dahulu makanan dengan gizi yang seimbang untuk menjaga metabolisme tubuh. Selain itu perhatikan juga asupan cairan agar tubuh tidak mudah dehidrasi.

Istirahat jika merasakan efek samping

Efek samping yang timbul setelah penyuntikan vaksin memang tidak bisa terhindarkan. Jika kamu merasakan efek samping setelah divaksin, kamu harus mengistirahatkan terlebih dahulu tubuhmu dengan cara tidur.

Vaksin memiliki manfaat yang sama dengan puasa

Vaksin Covid-19 sebenarnya memiliki manfaat yang sama dengan kegiatan puasa, yakni untuk mendorong regenerasi sel tubuh. Selain itu, pemberian vaksin saat puasa sudah dipastikan aman, jadi kamu tidak perlu khawatir dan cemas terkait isu-isu tidak benar yang saat ini merebak di masyarakat. (Willy/Djavatoday)

Kenali Manfaat dan Khasiatnya, Ini Dia Pentingnya Minum Jamu

Pentingnya minum jamu cukup populer kedengarannya. Sebagai bangsa Indonesia, minum jamu adalah tradisi yang sudah dilakukan sejak dulu-dulu untuk menjaga kesehatan. Terkenal dengan khasiatnya,...

Manfaat Kayu Manis, Rempah Beraroma Berjuta Khasiat

Manfaat kayu manis bagi kehidupan sehari-hari manusia ternyata sangat penting, mulai dari pelengkap bumbu masakan hingga kesehatan. Kayu manis merupakan sebuah tanaman atau pohon...

Manfaat Minum Air Kelapa secara Rutin bagi Kesehatan Tubuh

Manfaat minum air kelapa cukup banyak dan beragam. Dalam segi kesehatan, air kelapa dipercaya mampu menjadi obat tradisional yang bermanfaat untuk meningkatkan kesehatan. Air...

8 Manfaat Mengonsumsi Singkong Rebus untuk Kesehatan Tubuh

Mengonsumsi singkong rebus dapat meningkatkan stamina karena kandungan karbohidratnya yang melimpah. Selain rasanya yang enak, singkong merupakan sumber serat yang bisa menjadi pengganti nasi....

Terpopuler

Lainnya