Selasa, Juli 23, 2024

Cara Mudah Atasi Stres Pada Milenial, Simak Langkah Berikut Ini

Cara mudah atasi stres. Karena namanya hidup itu gak mungkin terlepas dari yang namanya stres. Stres dengan kadar tertentu itu dapat dikatakan bagus karena bisa menjadi motivasi dan mendorong kita untuk maju dan berkembang.

Stres yang terlalu banyak juga nggak bagus bagi kesehatan karena bisa membuat kita lelah mental, gak mau ngapa-ngapain, even sampe ngerasa depresi. Kaum milenial adalah kaum yang paling rentan mengalami hal ini.

Cara Mudah Atasi Stres yang Efektif

Kita tentunya tidak ingin mengalami depresi. Maka dari itu, yuk cobain 4 cara mudah atasi stres berikut ini.

Menulis

Yang disebut menulis di sini intinya adalah kalian bisa menuliskan hal-hal yang kalian rasakan. Jadi, menulis ini adalah salah satu upaya dalam mengekspresikan emosi dan pelepasan emosi yang kita rasakan. Mungkin kita gak tahu harus ngomong ke siapa. Kalau mungkin untuk berbicara sama orang belum terbiasa dan bikin kalian gak nyaman itu bisa kalian ekspresikan melalui tulisan.

Penelitian mengatakan bahwa menulis ekspresif ini bisa mengurangi tingkat depresi seseorang. Luangkan waktu kurang lebih 20 menit dan ungkapkan emosi yang terpendam. Jadilah orang yang terbuka setidaknya pada diri sendiri.

Praktekan Pernapasan Perut

Pastinya kalian sudah sering denger juga kan? Dan memang cara mudah atasi stres yang satu ini emang efektif dan benar-benar berpengaruh. Mengapa? Karena napas perut ini akan menstimulasi nervus vagus atau vagal nerve yang dimana hal itu bisa mengaktifkan respon relaxasi di dalam tubuh kita. Seperti menurunkan tekanan darah, menurunkan denyut jantung, dan akhirnya menurunkan ketegangan dalam diri kita.

Lantas, bagaimana caranya? Caranya gampang kalian tinggal duduk yang nyaman lalu letakan satu tangan di dada dan satu tangan di perut lalu kalian ambil napas dan rasakan harus bagian perut yang mengembang lalu keluarkan seperti biasa. Hal ini bisa kalian lakukan secara rutin untuk mengurangi ketegangan yang terjadi dalam diri kalian.

Buat Catatan Bersyukur

Kalau tadi kita sudah menuliskan hal-hal apa saja yang bikin kita kesel jangan lupa, tuliskan juga hal-hal apa saja yang patut kita syukuri. Bikin catatan hal positif apa saja yang sudah dicapai dan diraih. Hal ini sangat membantu juga.

Jangan terlalu fokus pada hal-hal yang belum kamu capai dan jangan selalu merasa kurang. Kadang hal itu tuh muncul karena kita kurang bersyukur kita lupa dengan apa yang kita punya karena kita terlalu fokus sama apa yang belum kita punya. Bersyukur sama apa yang kita miliki saat ini. Dengan begitu akan cukup efektif untuk mengurangi rasa stres yang kerap kali mengganggu diri kalian.

Ubah Sikap dan Cara Berpikir

Generasi milenial juga harus bisa mengontrol pikiran. Ubahlah pikiran negatif menjadi pikiran yang rasional sehingga akan sedikit mengurangi stres pada diri kalian.

Nah itu dia ke empat cara mudah atasi stres pada milenial. Cara-cara di atas bisa kalian praktekan agar hidup kalian lebih tenang dan bahagia fisik maupun mental. Selamat mencoba. (Pe/Djavatoday)

Tips Melancarkan Haid, No Sakit-sakit Lagi!

Tips melancarkan haid bisa bermanfaat untuk kamu yang baru saja mengalami fase menstruasi atau sering mengalami sakit saat menstruasi.

5 Buah Tinggi Protein, Bisa Jadi Camilan untuk Diet!

buah tinggi protein bermanfaat untuk kesehatan, terutama bagi kamu yang sedang melakukan program penurunan berat badan.

Efek Samping Minum Teh Campur Susu yang Dapat Membahayakan Kesehatan

Minum teh campur susu sudah menjadi rutinitas, khususnya bagi para remaja yang memang suka menemani aktivitasnya dengan secangkir teh susu yang nikmat. Namun kenyataannya,...

5 Cara Mengatasi Mata Sembab secara Efektif

Mengatasi mata sembab dapat dilakukan dengan berbagai cara. Seperti mengompresnya, hingga memanfaatkan bahan dapur yang ada. Supaya rasa percaya diri kamu tidak berkurang, apalagi...
IMG-20240721-WA0006
IMG-20240721-WA0006

Terpopuler

Lainnya