Minggu, Februari 25, 2024
namakamu.com
namakamu.com
namakamu banner id
namakamu banner id

Cara Atasi Rambut Rontok Secara Alami, Mudah dan Perlu Dicoba

namakamu.com
namakamu.com
namakamu banner id
namakamu banner id

Cara atasi rambut rontok perlu diketahui tak hanya oleh wanita tetapi juga pria. Rambut yang indah akan menambah kepercayaan diri seorang perempuan. Namun tak jarang rambut memiliki beberapa masalah yang sulit diatasi, seperti halnya rambut rontok.

Kerontokan yang terus menerus dan dibiarkan tanpa perawatan akan membuat rambut menjadi tipis dan berakhir pada kebotakan. Tentu saja Anda tidak ingin hal ini terjadi.

Beberapa Cara Atasi Rambut Rontok

Asupan Nutrisi

Hal yang perlu diperhatikan pertama adalah asupan nutrisi. Makanan yang anda konsumsi memiliki peran penting untuk pertumbuhan rambut anda dari dalam. Konsumsilah makanan yang tinggi protein, seperti ikan, ayam, susu, dan telur serta makanan yang mengandung omega 3 tinggi seperti salmon. Protein dan omega 3 dapat mendorong pertumbuhan rambut anda sehingga rambut menjadi lebat.

Juga makanan yang mengandung zat besi tinggi seperti bayam dan buncis. Zat besi berperan penting untuk memperkuat akar rambut dan mencegah kerusakan rambut.

Jangan Menyisir Saat Rambut Basah

Pernahkah Anda menyisir rambut setelah keramas dan dalam keadaan basah, lalu terlihat banyak sekali helaian rambut yang menempel pada gerigi sisir Anda?  Hal ini sangat tidak disarankan. Menyisir rambut dalam keadaan basah akan membuat banyak rambut yang rontok karena akar rambut sangat lemah ketika basah sehingga rambut dengan mudahnya tercabut atau lepas dari akarnya.

Baca Juga : Jenis Diet yang Cocok Untuk Orang Indonesia, Simak dan Coba Sendiri

Cara atasi rambut rontok, gunakan sisir dengan gerigi yang jarang saat anda menyisir rambut dalam keadaan basah. Sisir seperti ini akan mengurangi jumlah kerontokan saat anda menyisir dalam keadaan basah.

Jangan Terlalu Sering Menyisir

Terlalu sering menyisir akan meningkatkan jumlah rambut rontok serta dapat melukai rambut. Anda dapat menggunakan jari tangan anda saat menyisir.

Gunakan Hair Tonic

Hair tonic adalah perawatan yang dikhususkan untuk rambut rontok yang dapat merangsang pertumbuhan rambut lebih cepat. Kandungan dalam hair tonic baik untuk memperkuat akar rambut dan melebatkan rambut serta menyehatkan rambut.

Gunakan hair tonic setiap hari, maksimal satu kali dalam sehari. Gunakan pada rambut yang bersih, yang sebelumnya telah dicuci. Pilihlah produk hair tonic yang sesuai dengan kebutuhan rambut dan kulit kepala Anda.

Penggunaan produk hair tonic yang cocok pada orang lain belum tentu cocok juga dengan Anda. Pastikan produk yang cocok agar anda terhindar dari masalah rambut lainnya.

Conditioner

Perawatan rambut rontok yang wajib digunakan adalah kondisioner. Gunakan kondisioner setiap kali keramas, sesudah menggunakan sampo. Penggunaan kondisioner yang rutin akan membuat rambut lembut dan halus. Rambut yang halus dan lembut akan memudahkan untuk disisir sehingga rambut yang rontok pun berkurang.

Gunakan setiap selesai keramas. Pakai dari tengah rambut sampai ke ujung rambut. Hindari memakai kondisioner pada kulit kepala karena akan membuat kulit kepala berketombe.

Kurangi Pemakaian Hair Styling

Menggunakan produk hair styling seperti hair dryer, dan catokan dapat merusak rambut sehingga rambut menjadi rapuh dan mudah rontok.

Hindari menggunakan pengering rambut setiap hari. Keringkan rambut secara alami. Jika menggunakan alat pelurus atau pengeriting rambut, atur suhu pada suhu paling rendah. Suhu yang terlalu tinggi/ panas akan membuat rambut menjadi pecah dan merusak rambut.

Hindari Pewarna Rambut

Produk pewarna rambut mengandung bahan kimia yang tinggi. Proses pewarnaan rambut akan membuat rambut menjadi rusak dan rapuh yang berujung pada kerontokan.

Mengikat Rambut dengan Kencang

Mengikat rambut dengan ketat/ kencang membuat sirkulasi darah pada kulit kepala menjadi terhambat. Hal ini menyebabkan rambut menjadi tidak subur dan pastinya rontok. Kuncir rambut anda sedikit longgar agar terhindar dari kerontokan.

Selain itu, menguncir rambut dalam keadaan basah juga dapat menyebabkan kerontokan. Keadaan rambut yang lemah saat basah akan lebih mudah terlepas dari akar sehingga memperparah kerontokan. Juga akan membuat bakteri dan jamur berkembang saat menguncir rambut dalam keadaan basah sehingga membuat kulit kepala menjadi bau dan menghambat pertumbuhan rambut.

Cara atasi rambut rontok sangatlah mudah. Hindari pemakaian produk yang memiliki kandungan kimia tinggi dan juga panas tinggi! Selain itu hindari stres karena stres akan memperparah kerontokan rambut anda. Itulah tips merawat dan mengurangi rambut rontok. Selamat mencoba. (Dewi/Djavatoday)

6 Cara Mengobati Sariawan Secara Alami dengan Cepat

Cara mengobati sariawan dengan melakukan pengobatan menggunakan bahan alami ini bisa kamu lakukan di rumah. Umumnya, sariawan disebabkan oleh beberapa faktor, di antaranya yaitu...

Kenali Manfaat dan Khasiatnya, Ini Dia Pentingnya Minum Jamu

Pentingnya minum jamu cukup populer kedengarannya. Sebagai bangsa Indonesia, minum jamu adalah tradisi yang sudah dilakukan sejak dulu-dulu untuk menjaga kesehatan. Terkenal dengan khasiatnya,...

Manfaat Kayu Manis, Rempah Beraroma Berjuta Khasiat

Manfaat kayu manis bagi kehidupan sehari-hari manusia ternyata sangat penting, mulai dari pelengkap bumbu masakan hingga kesehatan. Kayu manis merupakan sebuah tanaman atau pohon...

Manfaat Minum Air Kelapa secara Rutin bagi Kesehatan Tubuh

Manfaat minum air kelapa cukup banyak dan beragam. Dalam segi kesehatan, air kelapa dipercaya mampu menjadi obat tradisional yang bermanfaat untuk meningkatkan kesehatan. Air...

Terpopuler

Lainnya