Rabu, Oktober 27, 2021

Rekomendasi Freelance untuk Mahasiswa, Super Fleksibel dan Anti Gabut

Rekomendasi freelance untuk mahasiswa tentu bermanfaat bagi para mahasiswa yang bosan dan kehabisan akal untuk mengisi waktu luangnya. Sebenarnya, apa itu freelance? Freelance adalah pekerjaan sambilan atau sampingan yang sifatnya fleksibel. Freelance juga terkesan tidak mengikat antara kita dan atasan. Mungkin lebih jelasnya bisa diartikan sebagai seseorang yang berstatus bekerja tetapi waktu kerja tersebut diatur sendiri.

Hm memang bisa, ya? Tentu bisa, Sobat Djava! Ada banyak pekerjaan freelance yang bisa kamu coba terutama bagi kalian para mahasiswa. Selain mengisi waktu luang, freelance juga bisa dijadikan alternatif untuk menambah pundi-pundi rupiah. Ini akan menjadikanmu bisa meringankan biaya kuliah juga, menarik bukan?

Rekomendasi Freelance untuk Mahasiswa

Baca juga:

Untuk kalian yang gabut atau bosan dan memiliki waktu luang, kamu bisa mencoba beberapa freelance. Apalagi perkuliahan daring seperti sekarang membuat waktu kita lebih luang. Yuk, manfaatkan waktu luangmu dengan mencoba beberapa rekomendasi freelance berikut ini.

Penulis

Rekomendasi freelance untuk mahasiswa yang pertama adalah menjadi penulis. Untuk kalian yang gemar menuangkan ide dalam tulisan, menjadi penulis cocok menjadi freelance-mu. Kamu bisa langsung bergabung di aplikasi Wattpad ataupun Storial. Di sana kamu bisa menulis cerita dan mendapatkan bayaran, lho. 

Waktu untuk menulisnya fleksibel tergantung ada atau tidaknya waktu yang kamu miliki. Kecuali jika kamu ikut suatu kompetisi kepenulisan dalam aplikasi tersebut. Yang perlu kamu lakukan adalah menciptakan cerita atau kumpulan puisi semenarik mungkin untuk menarik pembaca. Jika konsisten dalam berkarya di kepenulisan, kamu akan menjadi penulis yang andal.

MC/Moderator/Presenter

Rekomendasi freelance yang kedua yakni dengan menjadi MC (Master of Ceremony) atau moderator. Kamu berbakat berbicara di depan umum? Jika iya, kamu bisa mencoba freelance menjadi MC atau moderator. Menjadi pengatur atau penata acara banyak dibutuhkan dalam berbagai kegiatan.  Bayaran dari Job-nya pun terbilang menjanjikan.

Asalkan kamu memiliki kemampuan berbicara fasih di depan umum, senang berkomunikasi, bisa mencairkan suasana dan yang penting dapat mengatur suatu acara. Kamu bisa menjadi MC atau moderator di suatu seminar baik itu online ataupun offline, di acara ulang tahun, pernikahan, dan acara lainnya. Sebagai pemula, kamu bisa memulai karir sebagai MC di acara seminar atau webinar sebagai ajang ‘memperkenalkan diri’ di dunia presenter.

Fotografer

Rekomendasi freelance untuk mahasiswa yang ketiga yakni menjadi fotografer. Kamu suka memotret dan mengabadikan momen dengan hasil potret yang bagus? Jangan sia-siakan kemampuan itu dan mulailah menjadi fotografer sesungguhnya. Apalagi biasanya fotografi dijadikan sebagai hobi, waktunya pun fleksibel dan tak mengikat. Daripada kamu hanya menyimpan foto didalam kamera, lebih baik untuk menjualnya. (Halaman 2k

Kamu bisa mendapatkan bayaran hanya dengan menjual hasil potretmu yang profesional. Ada banyak platform yang menyediakan jual-beli foto, seperti 500px.com dan shutterstock. Kamu juga bisa bergabung di suatu bisnis fotografi, seperti untuk pemotretan prewedding, fotografer di acara pernikahan, dan pemotretan lainnya.

Talent

Rekomendasi freelance untuk mahasiswa yang selanjutnya yakni menjadi talent. Freelance ini cocok untuk kalian yang suka berswafoto. Kamu akan dijadikan semacam model untuk difoto bersama produk yang sedang dipromosikan. Istilah lainnya adalah endorsment. Seperti mempromosikan jam tangan, baju, hijab, sepatu, dan lain sebagainya.

Untuk kamu para mahasiswa yang memiliki banyak followers di media sosial, ini akan sangat membantumu. Jika jam terbangmu sudah tinggi, bayaranmu juga akan meningkat, lho.

Guru Les

Freelance menjadi guru les memang tengah populer belakangan ini. Lebih sering disebut sebagai pekerja paruh waktu. Menjadi guru les cocok untuk kamu yang memiliki kemampuan akademik yang baik. Rentang murid yang bisa kamu ajar biasanya pelajar SD, SMP, atau SMA/SMK.

Freelance Lainnya

Beberapa rekomendasi freelance untuk mahasiswa yang lainnya yakni menjadi editor, copy writer, penyedia jasa desain. Baik desain pakaian, desain CV, ataupun lainnya. Untuk kamu yang senang tampil di muka umum, sebaiknya kamu mencoba menjadi youtuber. Kamu bisa membuat berbagai konten bermanfaat, seperti tips belajar, tips dunia perkuliahan, dan sharing materi lainnya.

Nah, itulah beberapa rekomendasi freelance untuk mahasiswa yang bisa kamu coba. Kamu juga bisa mencari info freelance tambahan di berbagai situs atau aplikasi yang terpercaya. Selama memiliki kompetensi dan waktu luang, kamu bisa melakukan freelance kapan pun. Kuliah berjalan, biaya hidup pun ada tambahan.

(Rismawati/Djavatoday)

ARTIKEL TERKAIT

BERITA TERBARU