Selasa, Juli 16, 2024

Perilaku yang Rentan Menghambat Karier

Kinerja dan reputasi seseorang di tempat kerja merupakan sesuatu hal yang penting. Jika kita tidak bisa mengelolanya, beberapa kesalahan justru dapat merusak karier yang telah dibangun. Tanpa disadari, ada perilaku yang rentan menghambat karier kita dalam dunia kerja.

Kebanyakan hal tersebut merupakan akumulasi dari kesalahan kecil yang secara bertahap membuat karier kita semakin menurun. Singkatnya kebiasaan buruk itu bisa merusak reputasi, baik kamu menyadarinya atau tidak.

6 Perilaku yang Rentan Menghambat Karier

  1. Terjebak dalam zona nyaman

Ketika sudah lama menjalani pekerjaan yang serupa, maka keinginan untuk menantang kemampuan diri sendiri menjadi menurun. Akibatnya, hal tersebut dapat membatasi kreativitas  dan juga menghambat pada jenjang karier

Peningkatan karier dalam pekerjaan diperlukan agar kamu bisa membuat progress yang positif. Kamu bisa mecoba bekerja di divisi lain dalam perusahaanmu atau mengikuti seminar softskill untuk terus mengembangkan kemampuanmu. Intinya, kamu jangan terjebak dalam zona nyaman dan teruslah membuat kemajuan untuk dirimu sendiri.

2. Mencampuradukan masalah pribadi dan pekerjaan

Kamu tidak boleh mencampuradukan masalah pribadi dengan urusan pekerjaan. Hal ini dapat membuat kamu tidak bisa bersikap secara profesional. Kamu juga tidak bisa berkonsentrasi dalam bekerja sehingga hal ini bisa membuat kariermu menjadi hancur.

Kamu harus bersikap bijaksana dengan menilai segala urusan mempunyai waktunya masing-masing untuk diselesaikan. Jika tidak, maka hal ini dapat menghambat pekerjaanmu dan membuatmu tidak bisa melihat berbagai persoalan dengan jernih.

3. Malas belajar hal-hal baru

Karena sudah terlalu banyak beban dan jobdesk dalam suatu pekerjaan, seringkali itu membuatmu malas belajar ha-hal baru. Padahal banyak sekali kesempatan yang memungkinkan kamu untuk bisa lebih meningkatkan dan mengembangkan kemampuanmu dengan cara mempelajari hal-hal baru di tempat kerjamu.

Kamu harus beranggapan bahwa dengan mempelajari hal-hal baru, kamu bisa lebih meningkatkan daya saingmu dan menjadikan kamu seseorang yang multitasking

Perilaku yang Menghambat Karier

4. Sulit menjalin hubungan baik dengan orang lain

Di dalam pekerjaan, kamu harus bersikap profesional dan menjalin hubungan baik dengan semua rekan kerja. Kamu tidak bisa bekerja sendiri dalam perusahaan. Oleh karena itu, kamu harus menjadi pribadi yang menyenangkan dan mampu bekerja sama dengan setiap orang yang ada di tempat kerjamu.

Kerjasama yang baik akan membuat solidaritas antar sesama rekan kerja meningkat, dan itu akan menjadi salah satu faktor keberhasilan sebuah perusahaan dalam mencapai tujuannya.

5. Sibuk mencampuri urusan orang lain

Kamu tidak boleh mencampuri urusan orang lain dalam perusahaanmu karena setiap orang mempunyai privasi masing-masing. Jika hal ini terus dilakukan, maka hubunganmu dengan orang lain akan semakin renggang.

Baca juga : Cara Mengatasi Rasa Kantuk di Kantor

6. Tidak belajar dari kesalahan

Ketika kamu berbuat kesalahan, segeralah belajar dari kesalahanmu dan berjanjilah untuk tidak mengulanginya lagi. Setiap orang memang wajar berbuat kesalahan, namun bukan berarti kamu bebas mengulang kesalahan yang kamu perbuat karena ini dapat membuat reputasimu menjadi buruk.

Itulah beberapa perilaku yang rentan menghambat karier dalam dunia kerja. Jika kamu masih melakukan perilaku buruk ini, segeralah berbenah dan capailah kemampuan terbaikmu dalam bekerja. (Willy/Djavatoday)

Tips Memadukan Warna Baju dan Celana Supaya Kelihatan Matching dan Lebih Kece

Warna baju dan celana menjadi poin utama dalam penampilan seseorang. Setiap individu memiliki fashion yang berbeda, style yang beragam, atau cara berpakaian masing-masing. Salah...

16 Kepribadian Manusia Sesuai MBTI, Cari Tahu Tipemu Yuk!

Kepribadian manusia sesuai MBTI bisa kamu tes melalui website resmi. Saat ini banyak situs yang menyediakan tes kepribadian MBTI secara gratis, loh. Namun pada...

Ide Bisnis untuk Mahasiswa yang Minim Modal dan Bisa dijadikan Ladang Cuan

Ide bisnis untuk mahasiswa sudah cukup sering berseliweran, terutama di media sosial. Peluang bagi para mahasiswa pejuang rupiah kini semakin besar. Bahkan cukup menjanjikan...

5 Hal yang Harus disiapkan Sebelum Memasuki Dunia Kerja

Memasuki dunia kerja merupakan bagian dalam merasakan seberapa pahit dan manisnya lingkungan yang sedang digeluti. Memiliki karier yang melejit dan penghasilan yang subsisten tentunya...
Kartu Anggota Perpus
Kartu Anggota Perpus
Daftar Perpus 1
Daftar Perpus 2

Terpopuler

Lainnya