Minggu, September 8, 2024

Ide Bisnis untuk Mahasiswa yang Minim Modal dan Bisa dijadikan Ladang Cuan

Ide bisnis untuk mahasiswa sudah cukup sering berseliweran, terutama di media sosial. Peluang bagi para mahasiswa pejuang rupiah kini semakin besar. Bahkan cukup menjanjikan walaupun modalnya tidak seberapa. Nah! Buat kamu yang masih bingung harus mencari tambahan uang dari mana, kamu bisa mencoba ide bisnis di bawah ini. Pahamilah dengan teliti nan jeli untuk memulai keuntungan yang cukup menjanjikan.

Tak sedikit mahasiswa mengupayakan segala macam cara untuk mendapatkan penghasilan. Sebab, banyak keperluan yang mereka butuhkan, mulai dari sewa kost, uang makan, jajan, hingga ongkos bagi mereka yang kuliahnya jauh dari tempat tinggal.

Ide Bisnis untuk Mahasiswa yang Minim Modal

Ada banyak peluang bisnis yang bisa ditekuni, asalkan kamu mempunyai niat atau kemauan yang sungguh-sungguh. Berikut merupakan deretan ide bisnis yang berpotensi untuk mendapatkan penghasilan yang lumayan.

Jasa preloved

Preloved atau aktivitas jual beli barang bekas yang belakangan ini sedang tren bisa kamu jadikan peluang bisnis, lho! Bagi sebagian orang, membeli barang bekas adalah alternatif hemat budget selagi barang yang diperjualbelikan masih layak pakai dan cukup menarik. Kamu bisa memasarkannya secara online atau menawarkannya secara langsung kepada teman-teman di kampus. 

Penulis lepas

Ide bisnis untuk mahasiswa yang satu ini cocok banget buat kamu yang punya hobi menulis atau berbakat dalam menciptakan sebuah kalimat yang menakjubkan. Lebih menariknya lagi, kamu bisa menulis kapan dan di mana saja. Tanpa modal, hanya berbekal inovasi dan kreativitas yang kuat.

Jasa desain grafis

Memiliki skill menggambar kadang kala hanya menjadi bakat terpendam yang tak dihiraukan. Padahal, seorang desain grafis sekarang sedang banyak dibutuhkan untuk berbagai kegiatan usaha dan event. Di luar sana, tak sedikit pula para penulis yang mencari jasa desain grafis untuk membuatkannya cover buku. Kamu hanya memerlukan imajinasi serta kegigihan dalam mengembangkan skill yang dimiliki.

Fotografi

Pernah punya keinginan untuk menjadikan hasil jepretan sebagai ladang cuan? Untuk bisa menghasilkan uang lewat internet, cara ini tentu cukup menarik. Kamu bisa menjual karyamu di laman website atau aplikasi jual foto online. Contohnya yaitu Shutterstock, yang mungkin sudah sangat familiar di berbagai kalangan. 

Penyewaan barang

Jika kamu hanya mempunyai sedikit modal, kamu bisa menyewakan barang-barang lama yang tampilannya masih bagus. Tidak perlu memaksakan diri untuk bisa membeli yang baru dan mahal. Banyak orang mempertimbangkan keefektifan penggunaan suatu barang, apakah tidak perlu dimiliki karena penggunaannya hanya sekali dua kali sedangkan harga belinya lumayan mahal. Dari pernyataan tersebut, kamu memiliki peluang besar untuk memulai bisnis penyewaan barang yang cukup menguntungkan. 

Bisnis print

Biasanya, mahasiswa memiliki jadwal yang padat dan melelahkan. Bahkan saking penatnya, untuk bisa datang ke tempat print saja rasanya sangat berat dan malas. Kamu bisa memanfaatkan kesempatan ini untuk membuka bisnis print di kosan. Sediakan pula jasa pengiriman agar teman-teman mahasiswa semakin tergiur.

Ide bisnis untuk mahasiswa yang sudah disampaikan di atas bisa kamu pilih sesuai dengan passion yang kamu miliki. Pastikan kamu menyukainya dan tidak merasa berat dalam menjalani prosesnya. Semangat! (Karin/Djavatoday) 

5 Perusahaan BUMN Paling Terkenal, Banyak Diminati!

Perusahaan BUMN paling terkenal sudah tentu menjadi yang paling banyak juga diminati oleh para jobseeker. BUMN atau Badan Usaha Milik Negara adalah badan usaha...

Tips Mengatur Keuangan Ala Anak Kost, Hemat dan Bijak!

Tips mengatur keuangan kali ini pasti bakal berguna banget buat kamu yang lagi berada di perantauan. Menerapkan gaya hidup hemat memang sudah sepatutnya dilakukan,...

Cara Mengatasi Salah Transfer, Jangan Panik!

Cara mengatasi salah transfer pada artikel kali ini akan membantumu mendapatkan danamu kembali.  Kamu tak perlu khawatir karena semua bank yang terhubung dengan OJK...

Cara Efektif Budidaya Buah Naga Agar Pertumbuhannya Tidak Terhambat

Budidaya buah naga sudah banyak ditemukan di Indonesia. Buah yang berasal dari sejumlah spesies kaktus dalam marga Hylocereus dan Selenicereus dengan ciri khas sisik...
Kunjungan Kepala Perpusnas
Kunjungan Kepala Perpusnas
Kunjungan Kepala Perpusnas
Kunjungan Kepala Perpusnas

Terpopuler

Lainnya