Jumat, April 19, 2024

7 Cara Mengatur Keuangan untuk Pasangan Muda

Generasi millennial saat ini sudah banyak yang menjadi orang tua muda, tapi ternyata masih banyak diantara mereka yang belum mengerti cara mengatur keuangan setelah berumah tangga.

Survei yang dilakukan oleh Indonesia Millenial Report tahun 2019 menunjukkan bahwa kelompok usia 20-35 tahun di Indonesia hanya menyisihkan sekitar 10,7% dari pendapatan mereka untuk ditabung. Sebagiannya sudah habis untuk biaya kebutuhan rutin bulanan dan juga hiburan.

Jadi bagaimana tips mengatur keuangan yang bisa dilakukan oleh seseorang yang baru bekeluarga? Berikut ulasannya.

Diskusikan keuangan dengan pasangan

Meskipun termasuk kegiatan yang sederhana, namun biasanya kegiatan ini tidak banyak dilakukan oleh suami istri. Padahal tak ada salahnya jika pasangan saling membicarakan dan melakukan perencanaan keuangan secara bersama-sama.

Perencanaan keuangan dimaksudkan untuk menciptakan keuangan keluarga yang sehat dan terencana. Masing-masing dari pasangan harus saling terbuka mengenai aset, penghasilan bahkan utang yang dimiliki.

Mengatur pengeluaran dengan bijak

Tips mengatur keuangan yang selanjutnya adalah berusaha mengatur pengeluaran dengan bijak. Kamu harus mampu membedakan dan memprioritaskan pengeluaran apa saja yang harus dipenuhi setiap bulannya.

Jika pengeluaran rumah tangga dirasa lebih dari 50%, maka kamu harus melakukan strategi untuk menghemat keuangan dengan cara membuat skala prioritas, pengelolaan aset dan lain sebagainya.

Tentukan tujuan finansial

Walaupun baru membangun rumah tangga, namun kamu dan pasangan harus mempunyai tujuan jangka panjang. Dengan begitu, kalian berdua akan semakin termotivasi untuk menabung.

Semua tujuan tersebut harus dirincikan dengan jelas agar kamu semakin bijak dalam mengatur keuangan keluarga.

Siapkan dana darurat

Agar tabunganmu tidak sering diambil untuk kebutuhan mendesak, maka kamu perlu menyiapkan dana darurat. Dana ini akan diperlukan sewaktu-waktu untuk menutup kebutuhan keluarga yang tidak terduga.

Dana darurat bisa disimpan dalam rekening tabungan yang bisa ditarik melalui ATM, atau berupa emas yang bisa dijual kapan saja.

Hindari berutang

Tips mengatur keuangan yang paling penting dilakukan oleh para keluarga muda adalah berusaha sebisa mungkin untuk menghindari utang. Apalagi utang yang memiliki bunga tinggi.

Menambah sumber penghasilan

Selain melakukan pekerjaan tetap, kamu bisa berpikir untuk menambah penghasilan lainnya agar pendapatanmu semakin bertambah. Coba lakukan investasi saham, reksadana, properti atau logam mulia. Kalau masih takut berinvestasi, kamu juga bisa membuka usaha kecil-kecilan.

Baca juga : 5 Jenis Investasi untuk Pemula yang Menarik untuk Dicoba

Pelajari hal-hal baru

Menambah skill dengan mempelajari hal-hal baru merupakan wujud investasi pada diri sendiri. Ketika kemampuan diri bertambah dan meningkat, maka hal tersebut bisa digunakan untuk mencari penghasilan tambahan sesuai dengan yang diperlukan.  

Tips Menabung Efektif, Wajib Simak Biar Dana Teralokasi dengan Benar

Tips Menabung Efektif merupakan tips buat sobat djava yang merasa uangnya cepat habis atau pun tidak terkontrol pengeluarannya. Sobat djava pasti pernah menanyakan kemana...

Surat Pemberitahuan Tahun (SPT) Pajak, Segera Lapor Sebelum Kena Sanksi Denda!

Surat Pemberitahuan Tahunan atau biasa dikenal dengan SPT ini merupakan instrumen yang digunakan wajib pajak dalam melaporkan kekayaannya. Hal tersebut sudah berlaku mulai dari...

6 Rekomendasi Sayuran Cepat Panen yang Mudah ditanam

Rekomendasi sayuran cepat panen ini cocok buat kamu yang tertarik untuk berkebun. Berbagai jenis sayuran tentunya sangatlah bermanfaat dalam kehidupan. Makan sayur setiap hari...

5 Cara Membangun Personal Branding agar Hidupmu Terlihat Lebih Berkualitas

Cara membangun personal branding bisa kita lakukan mulai sekarang. Semakin cepat kamu membangun personal branding maka akan semakin baik. Personal branding dibutuhkan untuk membangun...

Terpopuler

Lainnya