Rabu, Oktober 27, 2021

Wujudkan Sekolah Sehat, MIN 9 Ciamis Bentuk Kader Adiwiyata

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Dalam upaya mewujudkan sekolah bersih dan sehat, MIN 9 Ciamis, Jawa Barat membentuk Kader Adiwiyata sebanyak 71 orang siswa pilihan.

Para Kader Adiwiyata ini bertugas dan berperan aktif dalam menerapkan perilaku hidup bersih sehat. Serta peduli terhadap lingkungan, baik di sekolah maupun di sekitar rumahnya.

Baca juga:

Selain untuk diri sendiri, Kader Adiwiyata ini juga diharapkan dapat berperan aktif untuk mengajak teman-tamannya dalam peduli lingkungan. Sehingga dengan lingkungan yang bersih dapat terhindar dari penyakit.

Kepala MIN 9 Ciamis Munawaroh Mpd menuturkan Kader Adiwiyata ini merupakan salah satu pendidikan karakter kepada para siswa.

“Perlu adanya kesadaran menjaga kebersihan lingkungan, salah satu upaya kami dengan membentuk Kader Adiwiyata,” ujarnya, Sabtu (4/9/2021).

Para siswa yang masuk dalam Kader Adiwiyata ini akan memiliki komitmen agar selalu berprilaku pola hidup bersih sehat (PHBS). Terutama dimasa pandemi ini menjaga kebersihan adalah hal penting guna mencegah paparan virus Corona.

“Setelah kita bina, pada siswa Kader Adiwiyata ini bisa memiliki kemandirian untuk terbiasa menjaga PHBS dan kebersihan lingkungan. Baik di sekolah maupun di rumahnya. Kader Adiwiyata juga dihadapkan mengajak seluruh temannya agar selalu peduli terhadap lingkungan,” katanya.

Munawaroh pun menjelaskan, dalam upaya mewujudkan Sekolah Adiwiyata sejumlah sarana dan fasilitas pun telah disiapkan. Salah satunya adanya sarana pengelolaan sampah di MIN 9 Ciamis.

“Kami juga rutin melakukan gerakan kebersihan antara siswa dan guru. Sehingga lingkungan sekolah tetap terjaga. Dengan lingkungan sekolah yang bersih tentunya para siswa bisa lebih nyaman saat belajar,” pungkasnya. (Ayu/CN/Djavatoday)

ARTIKEL TERKAIT

BERITA TERBARU