Selasa, Oktober 26, 2021

World Clean up Day, Pemkab Ciamis Kampanyekan Pilah Sampah

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Pemkab Ciamis menggelar World Clean up Day 2021 dan aksi pilah sampah dari rumah, Sabtu (18/9/2021). Dalam kesempatan ini Pemkab Ciamis Kampanyekan tiga penanganan sampah.

Kepala DPRKPLH Taufik Gumelar mengatakan meski dalam kondisi pandemi, WCD 2021 di Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, tetap digelar dengan menerapkan protokol kesehatan ketat.

Baca juga:

“Kegiatan ini melibatkan relawan komunitas world clean up day, fasilitator Bank Sampah dan masyarakat seluruh Kabupaten Ciamis. Tujuannya sebagai perubahan perilaku jangka panjang. Mulai dari individu, keluarga serta lingkungan masyarakat,” ujar Taufik.

Dalam WCD 2021 ini, ada tiga kampanye utama yang disampaikan.

Pertama one site cleanup yakni melakukan kegiatan cleanup bersama mengenai masalah sampah di Kabupaten Ciamis. Ini merupakan aktivitas fundamental untuk meningkatkan kesadaran atas isu persampahan.

Kedua adalah pihal sampah dari rumah. Aksi ini untuk mendidik masyarakat tentang limbah rumah tangga. Pentingnya memisahkan sampah guna mengurangi sampah yang dibuang ke tempat pembuangan akhir (TPA).

“Ketiga adalah digital cleanup yakni mendidik masyarakat tentang bahaya sampah digital. Hal ini berdampak pada emisi global, dimana diproduksi oleh penggunaan perangkat elektronik dan data cloud dalam kehidupan sehari-hari,” katanya.

Dalam kegiatan world clean up day ini dilaksanakan juga peluncuran smart drop box atau kotak sampah pintar. Ini adalah teknologi Baru dalam bidang pengelolaan sampah. Khususnya untuk penanganan sampah botol plastik.

Masyarakat dapat mengumpulkan sampah botol plastik ini ke tempat sampah canggih ini. Kemudian masyarakat akan mendapatkan sejumlah uang dalam dompet digital. Uang tersebut dapat digunakan untuk membayar berbagai keperluan seperti air, listrik, pulsa dan lainya. (Ayu/CN/Djavatoday)

ARTIKEL TERKAIT

BERITA TERBARU