Jumat, Februari 23, 2024
namakamu.com
namakamu.com
namakamu banner id
namakamu banner id

Wisata Sejarah di Ciamis Untuk Menambah Wawasan

namakamu.com
namakamu.com
namakamu banner id
namakamu banner id

Hello good people. Banyak wisata sejarah di Ciamis yang wajib dikunjungi untuk menambah wawasan. Dengan adanya wisata sejarah kita dapat lebih mencintai kota tempat tinggal.

Wisata Sejarah di Ciamis

Nah, ada beberapa wisata sejarah yang wajib dikunjungi apalagi oleh masyarakat asli Ciamis. Untuk pendatang yang ingin mengetahui Ciamis lebih dalam lagi pun wajib mengunjungi wisata ini.

Ciung Wanara, Karangkamulyan

Wisata sejarah di Ciamis yang pertama adalah Situs Budaya Ciung Wanara Karangkamulyan. Karangkamulyan merupakan situs peninggalan Kerajaan Galuh. Lokasinya berada di Desa Karangkamulyan, Cijeungjing, Ciamis. Sekitar 30 menit atau 17 KM dari pusat kota Ciamis.

Untuk menuju lokasi ini tidak sulit dijangkau, karena dilewati oleh kendaraan umum. Serta berada di Jl. Raya Ciamis-Banjar. Sehingga merupakan tempat yang strategis untuk wisata keluarga.

Situs ini menjadi salah satu wisata sejarah kebanggaan Ciamis. Disebut Ciung Wanara karena wisata ini tidak lepas dari cerita legendaris itu. Ceritanya tempat ini merupakan tempat Ciung Wanara dibesarkan oleh aki Balangantrang.

Ketika datang kesini akan ditemui banyak situs sejarah. Diantaranya ada sabung ayam. Sabung ayam merupakan tempat dimana ayam Ciung Wanara mengalahkan ayam Raja. Tempatnya berupa ruang terbuka dengan ada pohon menjulang tinggi ditengahnya. Pohon ini Dipercaya sudah berusia ratusan tahun.

Adapun mitos di situs ini adalah bahwa setiap orang yang berhasil memegang benjolan di pohon tersebut dengan mata tertutup. Maka keinginannya akan menjadi kenyataan. Ini memiliki arti tersirat yaitu kita harus fokus terhadap tujuan. Tidak boleh goyah ataupun berpaling.

Namun tentunya masih banyak situs lain di Karangkamulyan. Diantaranya Batu Pangcalikan, Lambang Peribadatan, Cikahuripan, Sanghyang Bedil, Batu Pamangkonan, Panyandaan, tumpukan batu Sri Begawat Pohaci dan makan Adipati Panaekan.

Situs Jambansari

Warga Ciamis pasti sudah tidak asing lagi dengan situs Jambansari ini. Lokasinya berada tepat di pusat kota Ciamis. Wisata sejarah di Ciamis ini baru selesai di revitalisasi. Sehingga sangat nyaman untuk dikunjungi bersama keluarga.

Situs ini merupakan tempat pemakaman Bupati Galuh, Raden Adipati Aria Koesoemadiningrat. Disini terdapat kolam yang dipercaya jika pengantin perempuan mandi disini akan mendapat berkah. Begitu pula pada anak laki-laki yang akan disunat.

Wisata sejarah ini selain menambah wawasan tapi juga untuk refresing. Setelah di revitalisasi terdapat beberapa saung sebagai tempat bersantai. Juga yang menjadi daya tariknya terdapat dua patung maung tepat di gerbangnya.

Baca juga : Wajah Baru Situs Jambansari Ciamis, Asyik Jadi Tempat Swafoto

Astana Gede

Wisata sejarah di Ciamis yang selanjutnya adalah Astana Gede. Astana Gede berlokasi di Kawali tepatnya berada di Dusun Indrayasa.

Nama Astana Gede pun memiliki arti dalam bahasa Sunda. Astana berarti makam dan Gede berarti besar. Jadi, Astana Gede merupakan makam orang besar.

Selain makan, disini terdapat pula prasasti sejarah sebagai penambah wawasan. Ada 6 prasasti kerajaan yang diberi nama Prasasti Kawali I-VI. Ada juga Cikawali yaitu tempat pemandian keluarga raja. Konon biasa digunakan oleh Diah Pitaloka, Putri Raja kerajaan Galuh.

Nah, itu beberapa wisata sejarah di Ciamis yang dapat menambah wawasan. Tidak perlu Mengeluarkan kocek yang banyak. Karena tiket masuknya murah bahkan ada yang gratis.

Pas/Djavatoday

Ini Layanan di Perpustakaan Ciamis, Ada Ruang Baca Bertema Angkasa hingga Audio Visual

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Ciamis terus berupaya meningkatkan layanan kepada masyarakat. Terutama dalam meningkatkan minat baca bagi anak usia dini. Lalu...

Persit Kartika Candra Kirana Cabang XXIV Gelar Donor Darah

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Dalam memperingati HUT Persatuan Istri Tentara (Persit) Kartika Chandra Kirana ke-78 Tahun 2024, Persit Kartika Chandra Kirana Cabang XXIV menggelar kegiatan...

13 Warga Baregbeg Ciamis Terjangkit DBD, 1 Orang Meninggal Dunia

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Kasus Demam Berdarah Dengue (DBD) kini mengalami peningkatan di Kabupaten Ciamis. Salah satunya di Kecamatan Baregbeg, sudah ada 13 warga yang...

Banyu Biru Pasuruan, Pemandian Legendaris Zaman Majapahit

Banyu Biru Pasuruan merupakan sebuah objek wisata alam berupa pemandian yang legendaris karena telah ada sejak zaman Majapahit. Pemandian ini pun begitu istimewa karena...

Terpopuler

Lainnya