Kamis, Mei 30, 2024

4 Wisata Curug di Ciamis, Tempat Refreshing di Alam Bebas

Jika Anda berencana mengunjungi wisata curug di Ciamis, maka berikut ini adalah rekomendasi tempat-tempat yang bisa dikunjungi. Baik pada hari libur maupun akhir pekan, tempat wisata alam dengan air terjun membuat pikiran tenang. Apalagi di tengah padatnya rutinitas sehari-hari, piknik sudah menjadi kebutuhan.

Berikut Empat Wisata Curug di Ciamis

Curug Salosin

Rekomendasi yang pertama adalah Curug Salosin, bertempat di Desa Sukahurip, Kec. Cihaurbeuti, Kabupaten Ciamis. Wisata yang masih asri, jarang di kunjungi wisatawan namun sudah bisa dijangkau menggunakan Google Maps. 

Curug Salosin ini masih membutuhkan pengolahan lebih baik lagi terutama dari segi fasilitas masih kurang. Di kala pandemi, Curug Salosin ini sempat ditinggalkan dan sepi pengunjung. Terdapat kebun pinus sebelum tiba di lokasi air terjun. 

Medan jalan yang dilewati pun terbilang lumayan sulit untuk kendaraan sehingga butuh perawatan lebih. Apabila mendapat perhatian lebih, tidak menutup kemungkinan tempat ini akan menarik lebih banyak pengunjung sebagai salah satu wisata curug di Ciamis.

Curug Salosin baru ditemukan di daerah perbukitan Gunung Sawal. Jaraknya kurang lebih 15 km dari Kota Tasikmalaya. Kondisi curug masih alami, hutannya masih asri dan jalan menuju kesana baru dibuat jalan bebatuan serta tanah merah. Perlu perjuangan untuk mencapai curugnya karena akses jalan yang belum bagus tapi cukup terbayar setelah sampai di lokasi. 

Curug Panganten

Curug Panganten berlokasi di Cikoneng, Kecamatan Ciamis, Kabupaten Ciamis. Untuk menuju objek wisata tersebut jalannya bagus dan menyusuri pedesaan. Namun mendekati lokasi kita harus masuk ke jalan gang yang hanya bisa dilalui kendaraan roda dua, jaraknya sekitar 1 km dengan jalan semen. Namun harus hati-hati karena tidak pembatas jalan. 

Sedangkan untuk yang membawa roda empat, sepertinya kurang dianjurkan. Di lokasi wisata curug di Ciamis ini, motor juga bisa dititipkan di tempat parkir yang dikelola oleh masyarakat sekitar dan cukup membayar 5.000 rupiah plus karcis masuk. Disana banyak warung bambu yang menjual makanan dan minuman. 

Di musim hujan, jalan menuju lokasi air terjun agak menanjak dan licin. Tapi bisa terbayarkan oleh pemandangan yang ada. Akses jalan yang belum maksimal, dimana masih jauh dari jarak tempat penyimpanan kendaraan. 

Curug Tujuh Cibolang

Selanjutnya ada Curug Tujuh Cibolang yang berlokasi di Sandingtaman, Panjalu, Kabupaten Ciamis. Lokasi air terjun ada di sekitar kaki Gunung Sawal, berjarak 35 km dari pusat kota.

Sesuai dengan namanya, Curug Tujuh Panjalu adalah curug yang memiliki tujuh air terjun, yang terdiri dari Curug Satu, Dua, Tiga, Cibolang, Curug Cimantaja, Cileutik, dan Curug Cibuluh. Meskipun ada tujuh curug yang berada di kawasan ini, namun jarak antar curug tidak terlalu jauh dan hanya butuh 2-3 jam untuk mencapai curug terakhir. 

Sungai Cibolang dan Cimantaja adalah tujuan terakhir dari aliran ketujuh curug. Tempat wisata ini berada di dalam Kawasan Wana Wisata Curug Tujuh di RPH Panjalu BKPH Ciamis KPH Ciamis, dengan luas sekitar 40 ha yang dikelilingi pemandangan Bukit Ciparang dan Cibolang di kaki Gunung Sawal.

Curug Cioray

Curug Cioray bisa kita temukan di kawasan Mekarwangi, Langkaplancar, Kabupaten Ciamis. Tempat yang cocok untuk menghabiskan waktu dengan keluarga, makan bersama, berfoto, hingga berenang. 

Suasana alam yang masih asri menjadikan tempat ini salah satu destinasi wisata curug di Ciamis yang wajib untuk lebih diperhatikan lagi.Pemandangan air terjun ini sangat menakjubkan, wisatawan akan merasa betah berlama-lama. 

Ketinggian air terjunnya sekitar 100 meter, mengalir membelah bebatuan cadas bagai ular (oray). Sehingga dinamakan Curug Cioray oleh warga setempat. Karena belum banyak dikenal orang, kondisi air terjunnya masih terjaga dengan baik. (Dewi/Djavatoday)

Hasil Survei Partai Golkar, Herdiat Sunarya Diunggulkan di Pilkada Ciamis

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Partai Golkar telah melakukan survei pertama untuk calon kepala daerah pada Pilkada 2024. Hasil survei itu, Partai Golkar Ciamis menyatakan Herdiat...

Hadiri Pelantikan Perangkat Desa Janggalaharja, Camat Rancah Ciamis Sampaikan Pesan Ini

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Kepala Desa Janggalaharja Saefuloh melantik Asep Aldi Reza Syaiful Milah sebagai perangkat desa Kaur Perencanaan. Pelantikan yang digelar di GOR Desa...

The Landen Lembang, Wisata Alam Gratis yang Eksotis!

The Landen Lembang merupakan sebuah objek wisata alam baru yang tidak memungut biaya tiket masuk, alias gratis. Objek wisata yang dulunya merupakan D'Ranch ini...

PSGC Ciamis Bubarkan Tim Usia Gagal ke 8 Besar Liga 3 Nasional

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- PSGC Ciamis membubarkan tim musim 2023/2024 setelah gagal lolos ke babak 8 besar Liga 3 Nasional. Laskar Singacala kandas di babak...
Kartu Anggota Perpus
Kartu Anggota Perpus
Daftar Perpus 1
Daftar Perpus 2

Terpopuler

Lainnya