Selasa, Juni 25, 2024

Warga Wanasigra Ikuti Tradisi Merlawu di Situs Gandoang Ciamis

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Ratusan warga Desa Wanasigra, Kecamatan Sindangkasih, Ciamis, Jawa Barat, kuti Tradisi Merlawu di Situs Gandoang, Jumat (6/11/2020).

Tradisi yang berlangsung sejak turun temurun ini dilaksanakan setahun sekali pada bulan Rabiul awal atau Mulud.  Meski dalam kondisi pandemi Covid-19, warga tetap antusias mengikutinya. Panitia pun telah mempedomani protokol kesehatan, dengan menyediakan pengecek suhu dan cuci tangan.

Di Situs Gandung ini terdapat makam leluhur Desa Wanasigra. Beliau bernama Syekh Padamatan yang telah berjasa dalam pembangunan desa pada masa lalu. Tradisi ini sebagai rasa syukur dan ucapan terimakasih yang dibarengkan dengan peringatan maulid nabi.

Tradisi Merlawu ini terbagi dua kegiatan, pada hari Kamis dilaksanakan pergantian pagar makam Syekh Padamatan dengan yang baru sebagai bentuk perawatan atau Ngarangki. Kemudian dilanjutkan dengan membersihkan benda pusaka peninggalan zaman dulu atau Siraman. Malam harinya pawai berkeliling untuk menginformasikan tradisi akan berlangsung hari Jumat.

Acara puncak Tradisi tersebut adalah berkumpul di makam Syekh Padamatan kemudian melaksanakan tawasulan dan doa bersama. Saat masuk area makan, warga tidak boleh memakai alas kaki sebagai bentuk penghormatan. Setelah selesai berdoa dilanjutkan makan bersama.

“Tradisi Merlawu ini sudah lama kita laksanakan turun-temurun. Dan akan terus dilaksanakan ke depannya. Meskipun dalam masa pandemi ini, kami tetap mempedomani protokol kesehatan,” ujar Kepala Desa Wanasigra Yudi Wahyudi.

Yudi mengatakan tradisi ini sebagai bentuk rasa syukur atas nikmat yang telah diberikan. Sekaligus mendoakan Syekh Padamatan sebagai bentuk rasa terimakasih.

“Alhamdulillah masyarakat dari yang muda sampai tua mengikuti acara ini. Karena memang dilaksanakan setiap setahun sekali jadi ajang silaturahmi dan berkumpulnya warga. Kami juga berdoa agar pandemi ini berakhir segera,” pungkasnya. (CN/Djavatoday)

Meski Baru Dibentuk, Pemda Volley Ball Ciamis Jadi Runner Up di Rajawali Cup

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Meskipun baru dibentuk, Pemda Volley Ball Ciamis masuk babak Grand Final pada turnamen bola voli Rajawali Cup 2024. Kegiatan tersebut berlangsung di...

Macan Turun Gunung ke Permukiman Teror Warga Ciamis

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Macan tutul penghuni Gunung Sawal, Kabupaten Ciamis, turun ke permukiman. Warga Desa Cikupa, Kecamatan Lumbung dan Desa Talagasari, Kecamatan Kawali, pun...

Klinik Pratama STIKes Muhammadiyah Ciamis Raih Predikat Paripurna

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Klinik Pratama Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (STIKes) Muhammadiyah Ciamis berhasil meraih akreditasi predikat Paripurna. Sebelumnya, Klinik Pratama STIKes Muhammadiyah Ciamis dinilai oleh...

Kecelakaan Truk Tronton dan Motor di Ciamis, Satu Orang Tewas

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Mobil truk tronton terlibat kecelakaan dengan sepeda motor di Tanjakan Alinayin, di Kecamatan Baregbeg, Kabupaten Ciamis. Kecelakaan tersebut menyebabkan, pengendara sepeda motor...
Kartu Anggota Perpus
Kartu Anggota Perpus
Daftar Perpus 1
Daftar Perpus 2

Terpopuler

Lainnya