Senin, Mei 27, 2024

Warga Ciamis Serbu Kantor Dinas Koperasi Ajukan Bantuan UMKM

Ciamis (Djavatoday.com),- Warga Ciamis pelaku usaha mikro kecil menengah (UMKM) menyerbu Kantor Dinas Koperasi UKM dan Perdagangan Ciamis. Mereka bermaksud untuk mengajukan bantuan UMKM dari Pemerintah Pusat.

Sebelumnya pendaftaran telah ditutup, namun karena dari kuota 12 juta UMKM, yang terpenuhi baru 9,1 juta. Artinya masih ada kuota 2,9 juta, sehingga pemerintah pusat kembali menerima pendaftaran ajuan bantuan dari presiden tersebut sampai akhir November 2020.

Sekretaris DKUKMP Ciamis Dadan Widadi menjelaskan untuk di Ciamis baru dibuka kembali sejak tiga hari lalu. Warga yang datang untuk mengajukan bantuan UMKM ini sudah lebih dari 300 orang. Tak hanya itu, banyak warga yang datang dari desa dengan membawa sejumlah formulir titipan atau kolektif.

“Dalam masa pandemi Covid-19 ini tentunya dalam penerimaan pengajuan ini kami menerapkan protokol kesehatan 3M. Dari mulai pintu masuk, setiap orang wajib pakai masker, lalu cek suhu, cujci tangan dan jarak antrean dibatasi. Yang tidak pakai masker tidak akan kami layani,” ujar Dadan di kantornya Jalan Ahmad Yani, Jumat (16/10/2020).

Pihak dinas pun sebelumnya telah mengimbau masyarakat yang akan mengajukan sebaiknya secara kolektif. Tapi dalam pelaksanaannya masih saja ada yang datang sendiri.  Pada tahap sebelumnya, dinas telah menerima pendaftaran pengajuan sebanyak 73 ribu UMKM.

Dalam mengajukan bantuan UMKM beberapa persyaratan harus dipenuhi, sama seperti sebelumnya. Mulai dari WNI, NIK KTP, memiliki usaha mikro, bukan dari pejabat BUMD atau ASN. Selain itu tidak sedang memiliki kredit perbankan dan KUR.

“Dengan perpanjangan ini semoga para UMKM yang belum dapat sebelumnya sekarang bisa mendapatkannya. Tapi setelah mendapat bantuan, diharapkan digunakan sebaik-baiknya untuk menambah modal usaha,” ucapnya.

Pelaku UMKM, Evi Ervianti, warga Baregbeg, yang memiliki usaha produksi dan jualan makanan ringan sangat berharap mendapat bantuan tersebut. Ia mengaku kesulitan ekonomi saat pandemi Covid-19 ini.

“Sudah daftar barusan, semoga dapat bantuan untuk menambah modal usaha makanan ringan,” pungkasnya. (CN/Djavatoday)

PSGC Ciamis Kandas di Babak 16 Besar Liga 3 Nasional Usai Ditekuk Persikabpas

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- PSGC Ciamis gagal melaju ke babak 8 besar Liga 3 Nasional. Pada pertandingan terakhir grup 2 babak 16 besar, PSGC Ciamis...

Viral Ratusan Pencari Kerja Melamar Kerja ke Warung Seblak hingga Antre di Ciamis

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Viral di media sosial video yang memperlihatkan ratusan pencari kerja antre melamar pekerjaan di sebuah warung seblak di Kabupaten Ciamis. Video tersebut...

Melihat Kegiatan Budaya Ngarumat Lembur di Desa Cisontrol Ciamis

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Ratusan warga Desa Cisontrol, Kecamatan Rancah, Kabupaten Ciamis, mengikuti kegiatan budaya Ngarumat Lembur. Kegiatan tersebut digelar pada Rabu (22/5/2024). Ngarumat Lembur tersebut...

Polres Ciamis Punya Lapangan Tembak, Latih Kemampuan Anggota Menembak

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Polres Ciamis kini memiliki lapangan tembak bernama Satya Haprabu 8904. Lapangan tembak tersebut dibangun untuk melatih kemampuan menembak para anggota. Kapolda Jawa...
Kartu Anggota Perpus
Kartu Anggota Perpus
Daftar Perpus 1
Daftar Perpus 2

Terpopuler

Lainnya