Jumat, Februari 23, 2024
namakamu.com
namakamu.com
namakamu banner id
namakamu banner id

Warga Ciamis Serbu Kantor Dinas Koperasi Ajukan Bantuan UMKM

namakamu.com
namakamu.com
namakamu banner id
namakamu banner id

Ciamis (Djavatoday.com),- Warga Ciamis pelaku usaha mikro kecil menengah (UMKM) menyerbu Kantor Dinas Koperasi UKM dan Perdagangan Ciamis. Mereka bermaksud untuk mengajukan bantuan UMKM dari Pemerintah Pusat.

Sebelumnya pendaftaran telah ditutup, namun karena dari kuota 12 juta UMKM, yang terpenuhi baru 9,1 juta. Artinya masih ada kuota 2,9 juta, sehingga pemerintah pusat kembali menerima pendaftaran ajuan bantuan dari presiden tersebut sampai akhir November 2020.

Sekretaris DKUKMP Ciamis Dadan Widadi menjelaskan untuk di Ciamis baru dibuka kembali sejak tiga hari lalu. Warga yang datang untuk mengajukan bantuan UMKM ini sudah lebih dari 300 orang. Tak hanya itu, banyak warga yang datang dari desa dengan membawa sejumlah formulir titipan atau kolektif.

“Dalam masa pandemi Covid-19 ini tentunya dalam penerimaan pengajuan ini kami menerapkan protokol kesehatan 3M. Dari mulai pintu masuk, setiap orang wajib pakai masker, lalu cek suhu, cujci tangan dan jarak antrean dibatasi. Yang tidak pakai masker tidak akan kami layani,” ujar Dadan di kantornya Jalan Ahmad Yani, Jumat (16/10/2020).

Pihak dinas pun sebelumnya telah mengimbau masyarakat yang akan mengajukan sebaiknya secara kolektif. Tapi dalam pelaksanaannya masih saja ada yang datang sendiri.  Pada tahap sebelumnya, dinas telah menerima pendaftaran pengajuan sebanyak 73 ribu UMKM.

Dalam mengajukan bantuan UMKM beberapa persyaratan harus dipenuhi, sama seperti sebelumnya. Mulai dari WNI, NIK KTP, memiliki usaha mikro, bukan dari pejabat BUMD atau ASN. Selain itu tidak sedang memiliki kredit perbankan dan KUR.

“Dengan perpanjangan ini semoga para UMKM yang belum dapat sebelumnya sekarang bisa mendapatkannya. Tapi setelah mendapat bantuan, diharapkan digunakan sebaik-baiknya untuk menambah modal usaha,” ucapnya.

Pelaku UMKM, Evi Ervianti, warga Baregbeg, yang memiliki usaha produksi dan jualan makanan ringan sangat berharap mendapat bantuan tersebut. Ia mengaku kesulitan ekonomi saat pandemi Covid-19 ini.

“Sudah daftar barusan, semoga dapat bantuan untuk menambah modal usaha makanan ringan,” pungkasnya. (CN/Djavatoday)

Ini Layanan di Perpustakaan Ciamis, Ada Ruang Baca Bertema Angkasa hingga Audio Visual

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Ciamis terus berupaya meningkatkan layanan kepada masyarakat. Terutama dalam meningkatkan minat baca bagi anak usia dini. Lalu...

Persit Kartika Candra Kirana Cabang XXIV Gelar Donor Darah

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Dalam memperingati HUT Persatuan Istri Tentara (Persit) Kartika Chandra Kirana ke-78 Tahun 2024, Persit Kartika Chandra Kirana Cabang XXIV menggelar kegiatan...

13 Warga Baregbeg Ciamis Terjangkit DBD, 1 Orang Meninggal Dunia

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Kasus Demam Berdarah Dengue (DBD) kini mengalami peningkatan di Kabupaten Ciamis. Salah satunya di Kecamatan Baregbeg, sudah ada 13 warga yang...

Waspada! Penipu Mengaku Petugas Tera Timbangan Berkeliaran di Ciamis

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Dinas Koperasi, UKM dan Perdagangan (DKUKMP) Ciamis mengingatkan masyarakat untuk waspada terhadap penipuan yang mengatasnamakan petugas tera timbangan dari DKUKMP Ciamis. Penipu...

Terpopuler

Lainnya