Sabtu, Mei 25, 2024

Wahana Delman Domba, Sudah Jadi Ikon Puluhan Tahun di Alun-alun Ciamis

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Deldom atau delman domba merupakan sebuah wahana di Taman Raflesia Ciamis. Keberadaannya sudah cukup lama dan sudah menjadi salah satu ikon Alun-alun Ciamis.

Delman merupakan kereta yang menggunakan roda dua. Biasanya yang menariknya adalah kuda atau sapi. Namun Deldom ini yang menariknya adalah domba atau kambing. Ukurannya pun lebih kecil yang hanya muat 3 sampai 4 penumpang anak-anak saja.

Pada bulan Ramadan tahun 2022 ini, masyarakat bisa kembali dengan bebas berkunjung ke Taman Raflesia Ciamis untuk ngabuburit. Mengingat pandemi Covid-19 sudah landai.

Warga bisa menikmati lagi berbagai wahana yang ada, salah satunya adalah delman domba. Deldom ini menjadi favorit anak-anak untuk sekadar mengitari Taman Raflesia Ciamis satu putaran. Dengan bentuknya yang mungil dan lucu, menjadi daya tarik tersendiri bagi anak-anak.

Untuk sekali putaran naik Deldom, pengunjung hanya cukup membayar Rp 10 ribu per orang. Saat ini Deldom di Taman Raflesia ada sekitar 4 buah. Sedangkan sisanya permainan yang modern seperti mobil becak cinta.

“Ya anak saya suka sekali naik Deldom ini, walaupun sudah beberapa kali naik tetep saja kalau ke Alun-alun harus nyoba Deldom,” ujar Minar, salah seorang warga Linggasari Ciamis, Sabtu (16/4/2022).

Menurutnya, keberadaan wahana Delman Domba ini harus tetap dipertahankan di kawasan Taman Raflesia Ciamis ini. Mengingat, Deldom bisa menjadi salah satu wahana edukasi bagi anak. Keberadaan delman sudah sulit dijumpai di era modern ini.

“Ya harus tetap ada, jangan sampai hilang. Deldom ini bisa menjadi ciri khas dari Taman Raflesia Alun-alun Ciamis ini. Daerah lain belum tentu ada yang seperti ini,” ungkapnya.

Seorang pemilik Deldom, Yanto, (53) mengatakan Deldom sudah menjadi penghuni Taman Raflesia sejak 1992 lalu. Yanto pun meneruskan ayahnya yang pertama kali menjalankan Deldom ini.

“Kekuatan Deldom bisa sampai 200 kg. Deldom sudah ada sejak 1992, sampai sekarang berarti sekitar 29 tahun. Semoga pandemi ini memang sudah berakhir,” katanya. (Ayu/CN/Djavatoday)

Viral Ratusan Pencari Kerja Melamar Kerja ke Warung Seblak hingga Antre di Ciamis

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Viral di media sosial video yang memperlihatkan ratusan pencari kerja antre melamar pekerjaan di sebuah warung seblak di Kabupaten Ciamis. Video tersebut...

Melihat Kegiatan Budaya Ngarumat Lembur di Desa Cisontrol Ciamis

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Ratusan warga Desa Cisontrol, Kecamatan Rancah, Kabupaten Ciamis, mengikuti kegiatan budaya Ngarumat Lembur. Kegiatan tersebut digelar pada Rabu (22/5/2024). Ngarumat Lembur tersebut...

Polres Ciamis Punya Lapangan Tembak, Latih Kemampuan Anggota Menembak

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Polres Ciamis kini memiliki lapangan tembak bernama Satya Haprabu 8904. Lapangan tembak tersebut dibangun untuk melatih kemampuan menembak para anggota. Kapolda Jawa...

Pipa Transmisi Gunung Cupu Masih Diperbaiki, Perumda Tirta Galuh Ciamis Bagi Dua Layanan Air Bersih

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Pipa Transmisi milik Perumda Tirta Galuh di Gunung Cupu, Kecamatan Sindangkasih, Kabupaten Ciamis, masih dalam perbaikan. Akibatnya pelayanan distribusi air bersih...
Kartu Anggota Perpus
Kartu Anggota Perpus
Daftar Perpus 1
Daftar Perpus 2

Terpopuler

Lainnya