Sabtu, Mei 25, 2024

Unik! Pria Ciamis Ini Sulap Pipa Bekas Jadi Miniatur Vespa

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Pria asal Rancapetir, Kelurahan Ciamis, Kabupaten Ciamis, bernama Abdul Majid (42) memiliki tangan kreatif. Abdul Majid menyulap pipa bekas atau limbah paralon menjadi sebuah produk yang bernilai ekonomis tinggi yakni membuat miniatur sepeda motor vespa.

Abdul Majid yang biasa disapa Kang Jhons ternyata telah menggeluti bisnis kreatif ini sejak dulu. Bahkan ia telah sukses bisnis miniatur alat musik drum. Kali ini, sasaran Abdul Majid adalah para pecinta otomotif terutama vespa.

“Berawal dari saran dan masukan tema untuk menyasar pecinta otomotif. Saya menilai miniatur vespa paling cocok, saat ini memang sedang digandrungi,” ujar Abdul Majid, Selasa (14/11/2023).

Dalam memasarkannya, Kang Jhons menyasar sejumlah event-event otomotif. Baik yang digelar di Ciamis maupun di luar daerah.

“Ya pemasarannya memanfaatkan momentum kegiatan otomotif. Komunitas-komunitas jual beli Vespa. Untuk kenang-kenangan atau cinderamata,” jelasnya.

Pria yang sempat terkena PHK dari pekerjaannya ini mulai membuat miniatur vespa pada akhir September 2023 lalu. Jhons membuatnya secara otodidak dan masih disempurnakan agar menyerupai produk aslinya.

Meski ada beberapa kesulitan dalam proses pembuatannya, namun berkat kreativitas Kang Jhons tetap berusaha agar miniatur vespanya bisa semirip mungkin.

“Kami coba bikin beberapa tipe vespa, tapi ada juga konsumen yang pesan secara kostum, dari warna, tipe dan aksesoris lainnya,” ucapnya.

Meski memanfaatkan barang bekas seperti pipa paralon, seng, kulit pembungkus kabel dan lainnya namun ada juga yang harus beli seperti cat dan lainnya. Harga 1 unit miniatur vespa dibandrol dari Rp 150 ribu hingga Rp 250 ribu tergantung model dan kostum dari pemesan.

“Alhamdulillah pemesan sudah lumayan banyak meski baru merintis,” pungkasnya. (Ayu/CN/Djavatoday)

Viral Ratusan Pencari Kerja Melamar Kerja ke Warung Seblak hingga Antre di Ciamis

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Viral di media sosial video yang memperlihatkan ratusan pencari kerja antre melamar pekerjaan di sebuah warung seblak di Kabupaten Ciamis. Video tersebut...

Melihat Kegiatan Budaya Ngarumat Lembur di Desa Cisontrol Ciamis

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Ratusan warga Desa Cisontrol, Kecamatan Rancah, Kabupaten Ciamis, mengikuti kegiatan budaya Ngarumat Lembur. Kegiatan tersebut digelar pada Rabu (22/5/2024). Ngarumat Lembur tersebut...

Polres Ciamis Punya Lapangan Tembak, Latih Kemampuan Anggota Menembak

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Polres Ciamis kini memiliki lapangan tembak bernama Satya Haprabu 8904. Lapangan tembak tersebut dibangun untuk melatih kemampuan menembak para anggota. Kapolda Jawa...

Pipa Transmisi Gunung Cupu Masih Diperbaiki, Perumda Tirta Galuh Ciamis Bagi Dua Layanan Air Bersih

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Pipa Transmisi milik Perumda Tirta Galuh di Gunung Cupu, Kecamatan Sindangkasih, Kabupaten Ciamis, masih dalam perbaikan. Akibatnya pelayanan distribusi air bersih...
Kartu Anggota Perpus
Kartu Anggota Perpus
Daftar Perpus 1
Daftar Perpus 2

Terpopuler

Lainnya