Selasa, Oktober 26, 2021

Tips Memulai Investasi untuk Masa Depan, Cocok Bagi Pemula

Tips memulai investasi dewasa ini menjadi kebutuhan yang banyak dicari. Hal tersebut seiring dengan berubahnya mindset berbagai kalangan yang mulai bisa merencanakan keuangan untuk masa depan. Banyak orang yang mulai sadar akan pentingnya berinvestasi selain menabung yang sudah kalah trend.

investasi adalah penanaman aset atau dana oleh perusahaan atau perorangan untuk jangka waktu tertentu. Tujuannya demi memperoleh timbal balik yang lebih besar di masa depan. Trend berinvestasi memang tengah hangat akhir-akhir ini. Investasi bukan hanya untuk mereka yang berbisnis saja, di luar bisnis pun kita tetap bisa berinvestasi.

Baca juga:

Mungkin sebagian dari Anda ada  yang masih merasa asing dengan bagaimana investasi itu bisa menghasilkan keuntungan. Terutama Anda yang masih pemula. Untuk itu, jika Anda berkeinginan untuk berinvestasi, tetapi masih pemula, Anda wajib mengetahui tips memulai investasi ini. 

Tips Memulai Investasi yang Cocok Bagi Pemula

Berinvestasi bukanlah sesuatu hal yang mudah dilakukan. Dibutuhkan ilmu, pondasi keuangan, dan pengalaman yang baik agar kita tidak mengalami kerugian di masa depan. Simak tips memulai investasi berikut sebagai ilmu bagi Anda yang masih pemula dalam dunia investasi ini.

Memiliki Penghasilan

Sebagai langkah awal dalam berinvestasi, pastikanlah bahwa Anda memiliki penghasilan. Dengan penghasilan ini, Anda bisa menginvestasikannya. Uang atau aset dari hasil penghasilan Anda adalah uang ‘dingin’. Jangan pernah mencoba berinvestasi dengan uang ‘panas’ agar tidak terjadi masalah di kemudian hari.

Baca juga: Alternatif Bisnis yang Berpotensi Laris Manis saat Bulan Ramadhan

Contoh dari uang panas ini misalnya uang untuk sekolah, uang untuk membayar utang, uang untuk biaya hidup, dan lainnya.

Buat List Tujuan

Agar investasi Anda semakin terencana, buatlah daftar keinginan yang ingin Anda raih dalam investasi ini. Buatlah keinginan baik untuk jangka pendek maupun untuk jangka panjang. Ini akan membantu Anda untuk lebih disiplin, semangat, dan serius dalam berinvestasi agar daftar keinginan itu terpenuhi. 

Pilih Instrumen Investasi

Tips memulai investasi yang ketiga adalah pilihan instrumen investasi yang paling tepat untuk setiap tujuan Anda tadi. Instrumen investasi merupakan tempat atau media bagi seseorang atau pelaku usaha untuk melindungi aset yang dimiliki. Instrumen investasi dapat membantu seseorang mencapai tujuan finansialnya. Anda dapat menentukan pilihan paling tepat antara beberapa instrumen investasi, seperti emas, saham, reksadana, deposito, dan lainnya.

ARTIKEL TERKAIT

BERITA TERBARU